Sidebar

Pulau-pulau Terbaik Untuk Camping di Kepulauan Seribu

Jenuh dengan rutinitas harian? Coba ajak orang-orang dekatmu untuk camping di kepulauan seribu. Pulau-pulau ini bisa menjadi referensi.

SHARE :

Ditulis Oleh: Khairunnisa Siregar

Berlokasi tidak jauh dari Ibukota, Kepulauan Seribu merupakan daerah wisata yang menarik untuk dijelajahi. Bagi warga Jakarta, traveling ke kawasan ini adalah pilihan tepat untuk menghabiskan akhir pekan dan refreshing sejenak dari rutinitas. Selain dekat, kamu juga tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menuju kawasan Kepulauan Seribu. Kamu bisa menyeberang dari Pelabuhan Kamal dengan kapal kayu atau Dermaga Marina Ancol dengan boat –tentu dengan harga yang lebih mahal.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di kawasan Kepulauan Seribu, seperti berenang di pantai, snorkeling, memancing, atau bahkan diving. Beberapa pulau di Kepulauan Seribu berpenghuni dan memiliki akomodasi yang cukup memadai sehingga kamu tidak perlu khawatir.

Dan, jika kamu ingin mencoba sesuatu yang berbeda, kamu bisa coba camping di Kepulauan Seribu. Berikut pulau-pulau yang bisa kamu coba;

 

Pulau Semak Daun

Foto oleh Khairunnisa Siregar

Pulau Semak Daun cukup bersahabat untuk pejalan yang ingin camping meski pulau ini merupakan pulau tidak berpenghuni. Sejak tahun lalu (2014), Pulau Semak Daun terkenal di kalangan pejalan sebagai pulau yang cocok dijadikan tempat camping. Pulau ini tidak terlalu besar tapi di sini terdapat satu warung dan kamar mandi umum yang menunjang kegiatan camping. Untuk mencapai pulau ini, sebelumnya kamu harus transit di Pulau Pramuka dan menyewa kapal kecil. Cukup dengan Rp 15.000/orang, kamu sudah bisa mendirikan tenda di pulau ini. Air di pulai ini payau. Jika kamu mencari air tawar, kamu bisa beli di warung, tersedia air tawar seharga Rp 5.000/jerigen.

 

Pulau Pari

Foto oleh Khairunnisa Siregar

Pulau Pari adalah pulau yang cukup dekat dari Jakarta dan memiliki banyak penduduk. Tak heran jika Pulau Pari memiliki banyak homestay yang dapat kita sewa. Namun jika kamu tidak ingin menetap di homestay, kamu bisa mendirikan tenda di Pantai Pasir Perawan. Biaya yang dikenakan sebesar Rp 10.000/orang. Jika kamu ingin snorkeling, kamu bisa menyewa kapal dengan biaya sekitar Rp 400.000-Rp 450.000.

Di Pantai Pasir Perawan tidak ada toilet umum seperti Semak Daun, tetapi kamu bisa mandi di masjid yang ada di pulau tersebut.

 

Pulau Perak

Foto oleh Khairunnisa Siregar

Pulau Perak termasuk pulau tidak berpenghuni yang ada di kawasan Kepulauan Seribu. Pejalan yang mendirikan tenda di pulau ini belum sebanyak di dua pulau yang telah disebutkan di atas.

Pulau ini lebih kecil dari Pulau Semak Daun dan belum memiliki kamar mandi umum. Hanya ada sumur dengan penutup seadanya yang bisa kamu gunakan untuk mengambil air untuk mandi dan bersih-bersih.

Untuk menuju ke Pulau Perak kamu bisa transit di Pulau Harapan dan menyewa kapal kecil karena pulai ini seperti halnya Pulau Semak Daun yang tidak memiliki akses langsung dari Pelabuhan Kamal. Cukup membayar Rp 100.000/malam ke penjaga pulau, kamu sudah bisa mendirikan tenda di sini.

 

Pulau Karya

Foto oleh Khairunnisa Siregar

Mungkin tidak banyak yang tahu jika Pulau Karya bisa dijadikan tempat camping. Pulau Karya sendiri berada persis di seberang Pulau Pramuka, cukup 10 menit menyebrang dengan ojek kapal yang bertarif Rp 4000/orang. Kamu bisa mendirikan tenda di sisi timur pulau ini karena di sisi barat terdapat TPU. Di pulau ini terdapat kantor polisi sehingga keamanan cukup terjamin.

Pulau Karya memiliki toilet dan warung yang cukup menunjang kegiatan camping. Memang belum banyak yang camping di sini,tapi justru itu yang akan menimbulkan sensasi tersendiri, kamu akan merasa camping di sebuah pulau pribadi!

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Bahaya Makan Seafood dari Laut Tercemar di Teluk Jakarta, Hati-hati!

5 Hotel Mewah di Jakarta yang Melayani Delivery Makanan Selama PSBB

Hutan Mangrove PIK, Menginap di Titik Terakhir Hutan Ibukota yang Asri

Hotel Grand Cempaka, Penginapan Tenaga Medis Pasien Virus Corona

5 Villa Terbaik di Bogor untuk Staycation Tak Jauh dari Ibukota

Hotel Indonesia Kempinski, Penginapan Bintang Lima Pertama Indonesia

FALLBACK
The END