facebook pixel

Bulan Agustus Ini, Hujan Meteor Delta Aquarids Akan Hiasi Langit Indonesia

Catat tanggalnya, jangan sampai melewatkan fenomena langit ini!


Fenomena langka dan indah berupa hujan meteor bulan Agustus ini akan menghiasi langit Indonesia. Kamu para pencinta langit malam, pasti sudah tidak sabar dengan fenomena ini.

hujan meteor Delta Aquarids

Foto dari sini

Saat ini, kita sedang berada di masa hujan meteor yang dinamai dengan Delta Aquarids. Masa hujan meteor ini sebenarnya sudah dimulai sejak 12 Juli 2016 kemarin dan diperkirakan akan berada pada puncaknya pada tanggal 28 dan 29 Juli mendatang.

Sebenarnya, hujan meteor ini hanya bisa dinikmati di bumi bagian selatan, tapi nggak usah khawatir karena diperkirakan sebagian besar masyarakat Indonesia tetap bisa menyaksikan pemandangan hujan meteor ini karena lokasi Indonesia yang berada di garis Khatulistiwa.

hujan meteor Delta Aquarids

Warna kuning: Bumi Bagian Selatan, Foto dari Wikipedia

Pada puncaknya nanti, akan ada 20 meteor yang jatuh di setiap jam nya. Lalu, di tanggal 23 Agustus mendatang akan ada hujan meteor Delta Aquarids susulan.

Waktu terbaik melihat hujan meteor Delta Aquarids

Untuk menyaksikan hujan meteor Delta Aquarids, kamu harus memilih tempat yang bebas dari benda-benda bercahaya agar bisa melihat dengan jelas. Pilihlah waktu malam menjelang pagi sekitar pukul 2 atau 3 dini hari untuk melihatnya secara langsung.

Dan juga sebagai bonus, karena bulan Juli-Agustus merupakan masanya Perseid (hujan meteor yang sering dikaitkan dengan komet Swift-Tuttle, dinamakan Perseid karena titik radian hujan meteor ini seolah-olah berasal dari arah rasi bintang Perseus) nantinya kamu juga akan menemukan hujan meteor Perseid juga.

Membedakan meteor-meteor Delta Aquarids dan Perseid

hujan meteor Delta Aquarids

Foto dari sini

Untuk membedakan kedatangan Delta Aquarids  dan Perseid, kamu hanya perlu melihat asal jatuhnya.

Kamu yang berada di bumi bagian selatan, akan melihat Delta Aquarids akan muncul dari selatan, sedangkan Perseids akan datang dari konstelasi Perseus yang tampak dari timur laut atau utara.

Sedangkan kamu yang berada di belahan bumi utara, akan melihat meteor Delta Aquarids muncul di atas, sedangkan meteor Perseids akan muncul dari langit utara.

Baca juga:

banner experience