Sidebar

Blue Bay, Surga Tersembunyi di Balik Kampung Nelayan Muncar, Banyuwangi

Blue Bay, surga tersembunyi di balik Kampung Nelayan Muncar, bisa jadi alternatif destinasi saat berada di Banyuwangi.

SHARE :

Ditulis Oleh: Achmad Taufik

Foto oleh Achmad Taufik

Banyuwangi memang patut diacungi jempol untuk masalah destinasi wisatanya terlebih destinasi wisata bahari yang mulai dikembangkan secara maksimal oleh pemerintah setempat. Pantaslah Banyuwangi mendapatkan predikat erkembangan pariwisata terbaik dunia dari Badan Pariwisata PBB.

Kali ini,  destinasi yang akan aku bahas adalah Blue Bay atau Teluk Banyu Biru,  destinasi wisata baru yang dikelola oleh Kelompok Nelayan Muncar.

 

1. Menuju Blue Bay menggunakan perahu nelayan

Tiket untuk mengakses tempat ini memang  tidak bisa dibilang murah, namun sepadan dengan keindahan alam yang ditawarkan Blue bay.

Keindahan itu berada di balik perkampungan nelayan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, atau lokasi tepatnya di balik Tanjung Sembulungan.

Butuh perjuangan keras untuk menuju Blue Bay, butuh waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke kawasan Senggrong —biasa masyarakat nelayan menyebutnya-. Maklum, kami menggunakan perahu teman saya di Muncar dengan satu mesin diesel. Meski perahu yang kami tumpangi bisa di bilang lambat, namun lumayanlah bisa mengirit ongkos perjalanan. Waktu itu aku bersama 9 orang teman perjalanan hanya merogoh kocek untuk mengganti biaya solar Rp.100.000,- sangat murah untuk satu destinasi yang bisa dibilang primadona bagi para perjalanan.

Benar kata salah seorang teman saya, “Carilah Relasi di berbagai kota” , saat kamu banyak teman di luar kota maka semakin mudah kamu menjelajahi tiap sudut kota tersebut.

 

2. Perjalanan penuh ‘bonus’

Perjalanan menuju Blue Bay ini penuh dengan bonus panorama cantk. Kita harus mengelilingi Tanjung Sembulungan untuk menuju Blue Bay. Di sini kita akan disuguhi cantiknya biru air laut dengan latar tebing tebing cadas yang menjulang tinggi. Di sisi bagian barat, kamu akan melihat langsung goa kelelawar yang ada di Tanjung Sembulungan.

 

3. Mampir sejenak di Pasir Panjang

Sebelum kita tiba di kawasan Blue Bay, tak ada salahnya jika kita mampir di Pasir Panjang terlebih dahulu, begitu para nelayan Muncar menyebutnya.

Pasir Panjang merupakan salah satu pantai yang tak seberapa lebar, namun pasir putihnya akan sangat menggodamu untuk bergulingan bebas. Yang berbeda di sini, meski di pantai, tapi tak perlu takut kepanasan karena pepohonan di tepi pantainya membuat suasana sejuk.

Dari sini kita juga bisa melihat lebatnya pepohonan yang besar dan menjulang tinggi, maklum kawasan ini merupakan wilayah Taman Nasional Alas Purwo. Di Pasir Panjang cocok sekali untuk tempat istirahat sambil menyantap bekal.

 

4. Pecinta keindahan bawah laut? Wajib snorkeling di Blue Bay!

Setelah puas di Pasir Panjang, sang nahkoda mengarahkan kami menuj Sanggrong atau Blue Bay. Butuh waktu sekitar 1 jam dari Pasir Panjang menuju ke Blue Bay.

Blue Bay adalah kawasan pantai yang di dalamnya banyak terdapat terumbu karang yang luar biasa cantik. Kamu pecinta bawah laut? Wajib mencoba snorkeling di sini!

Dan di sini aku punya satu kesempatan indah: berfoto bersama Patrick Si Bintang Laut! Entah dia terhempas sampai ke bibir pantai atau karena ulah tangan jahil, yang jelas ini kewajiban kami untuk mengembalikan ke tempat asalnya di dasar laut.

***

Bukan masalah mahalnya biaya yang harus kita keluarkan untuk mengunjungi wisata bahari yang satu ini, tetap,  percayalah kalian pasti tak akan rugi untuk mengunjungi Blue bay. Keindahan bawah lautnya, keunikan satwanya (kalau kamu beruntung kamu dapat melihat elang) dan keindahan hutan Taman Nasional Alas Purwo, semuanya akan jadi alasan utamamu berkunjung ke Blue Bay.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Hanoman Hotel di Batu, Hotel Eksotis dengan Alam Fantastis

Mengapa Suku Tengger Selalu Memakai Sarung? Ini Alasannya

Pantai Tiga Warna Malang, Surga Snorkeling di Pantai Selatan Jawa

Kenapa Orang Jawa Dibenci Masyarakat Luar Pulau Jawa? Ini Alasannya

Pantai Kedung Tumpang, Pesisir Indah Tulungagung dengan Kolam Alami

Kampung Lumbung Hotel, Akomodasi Unik Ramah Backpacker di Malang

FALLBACK
The END