facebook pixel

Bhikku Tibet Kritisi Turis di Candi Borobudur

Bhikku Tibet mengkritik turis Borobudur yang hanya wisata fotografi. Menurutnya, wisatawan seharusnya bisa mempelajari niali-nilai Borobudur. Salah satunya,


Turis di Candi Borobudur memperoleh kritikan tajam dari seorang Bhikkhu asal Tibet. Menurut Bhikhu Geshe Tenzin Zopa, wisatawan yang mengunjungi Candi Borobudur sebaiknya tak hanya datang untuk berfoto selfie. Mereka bisa belajar nilai-nilai spiritual pencerahan yang ada pada Candi Borobudur.

wisatawan borobudur

Foto diambil dari sini

Kritikan ini muncul ketika Bhikkhu Geshe Tenzin berkesempatan untuk berkunjung di Candi Borobudur pada Kamis, 19 Mei 2016. Pada kesempatan itu dia melihat fenomena turis Borobudur banyak yang hanya datang untuk wisata fotografi. Bahkan, sejumlah pengunjung yang ia temui tak tahu benar tentang Candi Borobudur. Mereka hanya tahu jika Candi Borobudur itu Indah.

Bhikkhu Tenzin Zopa bukan hanya sekadar menyimpulkan. Dia bertanya kepada sejumlah turis tentang apa yang mereka ketahui dari Candi Borobudur. Ironisnya, semua wisatawan yang ia tanyai hanya menjawab bahwa Borobudur itu Indah. Mereka tak menjelaskan tentang keindahan apa yang dimiliki Candi Buddha terbesar di Indonesia itu.

Menanggapi fenomena itu, dia berkomentar bahwa indah saja tak cukup untuk menggambarkan Borobudur. Karena Candi Borobudur mengandung banyak ajaran nilai-nilai spiritual pencerahan dan penghormatan terhadap nilai-nilai kemajemukan.

Para turis yang berasal dari berbagai agama bisa mempelajari nilai-nilai tersebut. Paling tidak, mereka bisa merasakan ketentraman dan kebahagiaan. Karena pada dasarnya, esensi wisata di tempat suci seperti Candi Borobudur itu tak hanya untuk berfoto selfie melainkan untuk mengurangi emosi negatif dalam diri manusia.

***

Saya sangat setuju dengan apa yang disampaikan Bhikhu Geshe Tenzin Zopa. Jika Anda mengunjungi Candi Borobudur, Anda akan melihat sebagian besar dari turis yang ke sana hanya berwisata fotografi. Mereka datang melihat-lihat keindahan Borobudur lalu mencari spot terbaik untuk berfoto. Sedikit dari mereka yang benar-benar mempelajari Candi Borobudur. Bila Anda ke sana, sempatkanlah untuk belajar apa yang tekandung di Candi Buddha terbesar di Indonesia itu. Anda bisa menyewa guide lokal untuk menjelaskan Anda tentang Borobudur.

Baca Juga:

banner experience