Bangga, Bandara Dubai Gunakan Bahasa Jawa Untuk Pengumuman Informasi

Bangga banget! Ternyata bandara Dubai gunakan bahasa Jawa untuk pengumuman informasi penerbangan mereka!

Ditulis Oleh Wike Sulistiarmi

Pengumuman informasi di sebuah bandara biasanya hanya menyediakan versi bahasa Inggris dan bahasa asli negaranya. Kalau di Indonesia ya cuma pakai bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Namun hal ini tak berlaku di bandara Dubai. Bandara internasional ini malah gunakan bahasa Jawa untuk memberikan informasi kepada para calon penumpangnya. Wah, kenapa ya?

Pengumuman informasi di Bandara Dubai ini langsung viral di dunia maya

Pengumuman informasi di Bandara Dubai ini terekam oleh seorang Airport Planner asal Indonesia bernama Wahyu Pratomo. Ia membagikan video itu di akun Youtubenya dan kini menempati urutan ke-6 di trending Youtube. Berikut ini videonya:

 

Pengumuman informasi ini disiarkan oleh seorang wanita, ia menggunakan bahasa Jawa Kromo halus.

“Nyuwun Sewu, Bapak-bapak soho Ibuk-ibuk, Penerbangan Emirate EK358 dateng Jakarta meniko bade sediyo,”

Pengumuman ini memiliki arti kurang lebih begini: “Permisi Bapak-bapak dan Ibu-ibu, penerbangan Emirates EK358 ke Jakarta saat ini akan..”

Wahyu Pratomo yang mendengar informasi dari pusat informasi ini langsung senyum-senyum sendiri. Ekspresi wajah Wahyu seperti tak percaya bahwa Bandara Dubai ini ternyata memperdengarkan layanan informasi berbahasa Jawa.

Kaget benar mendengarnya, saya pun sampai ketawa-ketawa sendiri bareng orang Indonesia lain, karena saya saja belum pernah dengar di Indonesia,” ujar Wahyu, warga Bandung yang sedang melakukan penerbangan Amsterdam-Jakarta yang sedang transit tiga jam di Dubai.

Usut punya usut, ternyata pengumuman di Bandara Internasional Dubai ini memang menggunakan 26 bahasa dunia, salah satunya adalah Bahasa Jawa.

Walter Riggans selaku Divisional Vice President dari Emirates menjelaskan bahwa beragam bahasa sebagai pusat informasi ini digunakan untuk memudahkan penumpang yang tidak mengerti bahasa Inggris dan Arab saat proses naik pesawat di Bandara Internasional Dubai.

“Kami memasukkan 26 bahasa dalam sistem untuk dipakai di setiap pintu keberangkatan, sehingga supervisor yang bertugas bisa memilih bahasa sesuai penumpang yang akan terbang,” kata Walter Riggans

Banyak netizen menghujat Indonesia kurang perhatian dengan bahasa daerah, nggak kayak Dubai

Setelah video pengumuman bandara diunggah oleh Wahyu, sontak ribuan netizen langsung berkomentar, ada yang merasa bangga, tapi banyak juga yang menghujat negeri sendiri, Indonesia. Katanya sih kurang memperhatikan bahasa daerah. Berikut ini adalah komentar para netizen:

“Hahahaha… di Indonesia malah nggak ada yang kayak gini,” Komentar Su fyan

“Waduh.. di tempatku nggak ada pengumuan kayak gini.. bagus banget dan halus banget bahasanya,” Komentar Suyadi Sukoco

Padahal, Bandara Adisutjipto ternyata juga sudah gunakan Bahasa Jawa sebagai layanan informasi

pengumuman bandara dubai gunakan bahasa jawa

Bandara Adisutjipto. Sumber foto

Bahasa Jawa bukan hanya digunakan oleh Bandara Internasional Dubai, tapi juga digunakan oleh Bandara Adisutjipto, Yogyakarta. Layanan informasi ini sudah diberlakukan mulai Senin (17/7) kemarin.

“Bahasa dan dialek yang biasa digunakan oleh masyarakat di Pulau Jawa kini dapat langsung dirasakan di Bandara. Penumpang yang datang dan pergi melalui Bandara Adisutjipto akan merasakan nuansa khazanah budaya Jogja dengan hadirnya informasi announcement yang menggunakan Bahasa Jawa,” kata Agus Pandu Purnama, General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta pada Senin (17/7).

Bahasa Jawa ini sendiri diresmikan menjadi announcement di Bandara Adisutjipto untuk menghadirkan nuansa Yogyakarta yang kental dengan budaya Jawa.

Rekomendasi

Next Post