Bagaimana Cara Pilot Cari Jalan di Udara? Ini Jawabannya

Foto/CNN.com

Bukan hanya mobil dan motor, pesawatpun memiliki jalurnya sendiri agar bisa sampai ke tujuan. Lalu bagaimana cara pilot cari jalan di udara? Padahal kita tahu di udara kita tidak bisa melihat jalan, lampu merah, dan markanya.

Menurut Vincent Raditya, seorang pilot maskapai Batik Air yang sudah memulai karirnya sejak 2010  menjelaskan dalam akun YouTube nya, bahwa pesawat mencari jalan di udara dengan menggunakan alat navigasi pesawat, saat ini navigasi dilengkapi dengan GPS sehingga lebih akurat.

BAGAIMANA Pilot cari jalan di udara

Captain Vincent Raditya. Foto dari akun YouTube Captain Vincent Raditya

“Saya tidak akan bicara dengan bahasa yang complicated, intinya adalah pesawat memiliki sebuah alat di mana dia bisa tahu mengira-ngira kurang lebih posisi Saya sedang di mana.” ujarnya dalam video YouTube nya yang berjudul ‘Cara Pesawat Tau / Cari Jalan Di Udara’.

Dengan navigasi ini makanya pilot bisa menentukan harus belok ke mana dan turun ke mana.

Baca juga: Kecanggihan R80, Pesawat Buatan Habibie yang Laris Manis

Sistem navigasi ini sendiri menjadi peralatan wajib di semua pesawat terbang agar tidak tersesat saat terbang. Panel-panel instrumen navigasi pada kokpit pesawat memberikan berbagai informasi untuk sistem navigasi mulai dari informasi tentang arah dan ketinggian pesawat. Agar penerbangan tetap aman, biasanya dilakukan pengecekan seteliti dan seketat mungkin. Meskipun begitu, adapula pesawat yang dilengkapi dengan sistem Autopilot yang beroperasi secara otomatis seperti Boeing 777.

Pilot dibantu oleh pemandu lalu lintas udara

BAGAIMANA Pilot cari jalan di udara

Ruang pemandu lalu lintas udara. Foto/Grid.id

Sang pilot bukan bekerja sendiri, ia juga dibantu oleh kopilot serta para petugas di darat untuk mengetahui dan memantu lalu lintas udara. Untuk itu pasti selau ada petugas di darat yang terus mengikuti fase penerbangan yang beroperasi mengikuti aturan instrumen penerbangan. Petugas ini pula yang memandu pesawat agar tidak bertabrakan dengan pesawat lain.

“Spesialis pemandu lalu lintas udara berperan penting atas keselamatan lalu lintas udara. Prioritas utama adalah mengupayakan jarak antarpesawat.” ujar Samuel, seorang penamdu lalu lintas udara di Kalifornia.

Baca juga: Pilot Lupa Pasang Sabuk Pengaman, Pria Ini Bergelantungan di Langit Saat Naik Gantolle

Tujuan pengaturan ini agar pilot tetap fokus dengan tugas di kokpit. Untuk memastikan posisi biasanya sang pilot secara berkala berbicara melalui radio dengan petugas yang berada di beberapa lokasi tertentu di antara kedua bandara.

Untuk lebih jelasnya, Kamu bisa menonton video berikut ini:

Dapatkan ulasan menarik tentang Info Penerbangan dan tulisan Lain dari Wike

Paket Produk Penawaran

REKOMENDASI

POPULER MINGGU INI

Sorry. No data so far.