Sidebar

Mengintip Tebing dengan Tujuh Titik Air Terjun di Coban Sumber Pitu Malang

Mengintip Tebing dengan Tujuh Titik Air Terjun di Coban Sumber Pitu Malang

Malang punya seribu air terjun yang bisa Anda kunjungi. Tapi siapa tak mau datang ke Air Terjun Sumber Titik di Pujon yang unik ini?

SHARE :

Ditulis Oleh: Astrid S

Malang dikaruniai oleh wisata alam yang melimpah. Selain pegunungan, Anda juga bisa merasakan segarnya air terjun yang tersebar di berbagai tempat di kota terbesar kedua Jawa Timur ini.  Biasanya orang setempat menyebut air terjun dengan kata “coban”. Salah satu air terjun yang bisa Anda coba adalah Air Terjun Sumber Pitu di Desa Pujon Kulon, Pujon. Uniknya, tempat ini punya tujuh titik air terjun dalam satu tebing.

Baca Juga: Cafe Apung Senggreng, Wisata Baru Malang yang Mulai Hits dan Digandrungi

Sebenarnya, terdapat dua tempat dengan nama Air Terjun Sumber Pitu di Malang. Yang akan kita bahas ini adalah Air Terjun Sumber Pitu yang terletak di Pujon, bagian Barat dari Kabupaten Malang. Dan satunya lagi terletak di wilayah Duwet Krajan, ujung timur Kabupaten Malang. Jarak tempuh dari Air Terjun Sumber Pitu di Pujon ke Duwet Krajan bisa dibilang cukup jauh, yaitu 2 jam. Jadi jangan salah tempat pada saat berlibur nanti ya!

Untuk bisa sampai ke Air Terjun Sumber Pitu dari kota Malang, Anda perlu berkendara ke arah Batu. Kemudian jalan terus ke arah Pujon atau Jombang-Kediri. Setelah melewati tugu atau patung sapi, beloklah ke kanan lalu ke kiri dan Anda akan bertemu dengan pertigaan Ringin Punden. Setelah itu, ikuti jalan saja hingga bertemu dengan papan arah ke Sumber Pitu. Akhirnya beloklah ke kiri dan Anda akan melihat pintu registrasi untuk masuk ke kawasan Sumber Pitu.

Perjalanan panjang untuk melihat permata yang tersembunyi

Daerah Pujon tidak hanya punya Sumber Pitu, tetapi juga punya Air Terjun Sumber Siji dan Sumber Papat. (Ulinulin)

Namun, perjalanan Anda belum berakhir. Sebelum bisa sampai ke Air Terjun Sumber Pitu, Anda harus melewati 2 pos pemberhentian. Di Pos 1, Anda hanya perlu membayar Rp 10.000,00 untuk tiket masuk. Sebelum berangkat, ada baiknya Anda mengisi perut terlebih dahulu karena terdapat banyak warung dan juga toilet yang disediakan. Tak hanya itu, di Pos 1, Anda juga bisa menemukan camping ground jika ingin berkemping sambil menikmati indahnya alam Malang.

Perjalanan dari Pos 1 ke Pos 2 pun dimulai dari sini. Anda bisa menggunakan mobil atau motor untuk menuju Pos 2. Namun, karena jalan masih belum diaspal, Anda sebaiknya berhati-hati karena perjalanan yang Anda tempuh akan terjal dan berkelok.

Jika Anda tidak ingin membawa kendaraan sendiri, jangan khawatir. Masyarakat setempat juga menyediakan ojek untuk sampai ke Pos 2 dengan harga Rp 30.000,00 untuk pergi dan berangkat. Perjalanan dari Pos 1 ke Pos membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit jika mengendari motor atau mobil dan 30 menit jika Anda mendaki.

Walaupun trek yang dilalui cukup menantang, keindahan menuju Air Terjun Sumber Pitu tetap harus Anda rasakan. (Anom Harya)

Pos 2 dijadikan tempat peristirahatan sebelum perjalanan sebenarnya dimulai. Di sini, Anda bisa mencoba secangkir kopi hangat atau mencoba makanan cepat saji sebelum melanjutkan perjalanan. Hal ini dikarenakan dari Pos 2 ke kawasan Sumber Pitu, Anda tidak boleh menggunakan kendaraan motor sehingga Anda harus mendaki. Kendaraan motor Anda wajib diparkirkan di Pos 2 sembari mempersiapkan pendakian yang akan memakan waktu cukup panjang.

Setelah meninggalkan Pos 2, Anda akan mendaki selama kurang lebih 1 jam sebelum mencapai air terjun yang telah menanti Anda. Walaupun perjalanan cukup menguras tenaga, masyarakat setempat telah menyediakan beberapa fasilitas seperti bangku kayu di beberapa titik. Hal ini dilakukan agar Anda bisa beristirahat sejenak dengan nyaman. Tak hanya itu, pemandangan kawasan milik Perhutani ini juga menyegarkan mata Anda dan menghapus lelah sedikit demi sedikit.

Mensyukuri nikmat Tuhan di Air Terjun Sumber Pitu Malang

Salah satu spot foto yang wajib Anda coba ketika datang ke Air Terjun Sumber Pitu. (Ulinulin)

Setelah menempuh perjalanan yang panjang dan melelahkan, Anda akan disambut oleh air terjun yang menyegarkan. Tapi jangan hilangkan semangat Anda dulu, karena air terjun itu bukan Sumber Pitu. Coban itu bernama Sumber Siji dan Anda perlu menempuh 100 meter lagi sebelum melihat permata Malang yang tersembunyi. Tapi Anda bisa mengistirahatkan diri sambil membasuh diri di sini.

Baca Juga: Pantai Parang Dowo, Pantai Instagenik Malang yang Punya Jacuzzi Alam

Akhinya Anda akan bertemu dengan tebing bertitik 7 yang menjadi tujuan utama Anda. Derasnya air yang turun diiringi dengan hijaunya pemandangan akan menghapus segala lelah yang Anda rasakan. Saking derasnya air Coban Sumber Pitu.

Habiskan hari Anda dengan berenang, bersantai, maupun mensyukuri nikmat Tuhan yang tiada tara. Tak lupa, jangan lupa berfoto untuk pamer dengan teman-teman tentang perjalanan Anda yang menantang namun sangat terkenang. Jika Anda masih kuat untuk mendaki, Anda bisa pergi ke Air Terjun Sumber Papat yang terletak 50 meter dari Air Terjun Situ ke arah atas.

Jika Anda berminat untuk datang ke air terjun ini, Anda harus bisa memperkirakan waktu keberangkatan. Hal ini dikarenakan jarak tempuh dari dan ke coban menghabiskan waktu lebih dari jam 3 dan tidak adanya penerangan sepanjang jalan dari Pos 1 ke Pos 2.

Maka dari itu, Anda disarankan sudah berada di kawasan Air Terjun Sumber Pitu di pagi hari agar Anda bisa menghabiskan waktu lebih lama menikmati dinginnya air terjun di bagian atas.

SHARE :




Rekomendasi