Festival Kesenian Candi Sojiwan 2017

Candi Sojiwan merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Klaten. Setiap tahunnya, candi ini menggelar event budaya, yakni Festival Candi Sojiwan.

SHARE :

Ditulis Oleh: Syaiful Millah

Festival Kesenian Candi Sojiwan, Klaten telah usai pada minggu kemarin (17/6). Kegiatan yang berlangsung dua hari sejak hari Sabtu ini diakhiri dengan pertunjukan seni yang diikuti oleh ratusan seniman dan kelompok seni masyarakt dari berbagai Kabupaten yang ada di Jawa Tengah dan DIY.

Festival Candi Sojiwan ini telah dilaksanakan untuk ketiga kalinya. Menurut ketua panitia penyelenggara, kegiatan ini diadakan dengan beberapa tujuan diantaranya untuk mempromosikan wisata Candi Sojiwan dan menggali serta menumbuh kembangkan nilai kesenian yang ada di daerah Klaten dan sekitarnya.

Hari pertama, agenda yang dilakukan adalah karnaval budaya yang diikuti oleh ratusan orang dari berbagai lapisan masyarakat desa yang melibatkan murid TK, Sekolah Dasar dan Rukun Warga. Mereka beramai-ramai berjalan kaki mengelilingi Desa Kebondalam, tempat dimana Candi Sojiwan berada.

Hari selanjutnya yakni puncak acara, diawali dengan senam massal yang diikuti oleh masyarakat sekitar kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan karawitan dan tarian-tarian tradisional. Para pelaku seni menunjukkan atraksinya di Pendopo Desa Kebondalem disaksikan oleh para pejabat desa, Camat Prambanan dan budayawan Universitas Gajah Mada. Para peserta seni ternyata berasal dari berbagai daerah di Jateng dan DIY, seperti Banjarnegara, Klaten, Ungaran, Karanganyar, Wonosobo, Sleman dll dengan menampilkan berbagai tarian-tarian tradisional.

SHARE :



REKOMENDASI




ARTIKEL KEREN PALING BARU