Sidebar

7 Resto Kuliner Betawi Paling Legendaris di Jakarta

7 Resto Kuliner Betawi Paling Legendaris di Jakarta

Ke Jakarta jangan lupa berwisata kuliner Betawi di 7 resto legendaris berikut ini. Dijamin tidak kecewa dengan rasanya! Kuliner ini wajib dicicipi langsung di tempatnya.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

kuliner BetawiBanyak orang ke Jakarta untuk berbisnis dan wisata kota. Taman Mini Indonesia Indah, Dufan, Museum Bahari, Kebun Binatang Ragunan, dan Monumen Nasional adalah salah satu pilihan tempat yang sering dikunjungi pendatang saat ke Jakarta. Agar perjalanan tidak monoton, cobalah untuk sesekali berwisata kuliner saat ke Jakarta.

Kami punya rekomendasi resto legendaris yang menyediakan kuliner Betawi dengan rasa lezat dan masih otentik. Mulai dari soto betawi, nasi uduk, kerak telor, gado-gado, semur jengkol, hingga asinan betawi bisa Anda nikmati di restoran berikut ini.

1. Gado-gado Bon Bin

Gado-gado, kuliner Betawi ini sudah ada sejak tahun 1960. Foto oleh amillagus

Gado-gado Bon Bin sejatinya berada di daerah Cikini, tepatnya di Komplek Taman Ismail Marzuki. Dinamai Gado-gado Bon Bin karena dulunya daerah ini adalah kebun binatang. Lenyapnya kebun binatang di Cikini ini pada akhirnya menyisakan rumah makan legendaris dengan sajikan kuliner Betawi yaitu gado-gado dan es cendol pink.

Tempat ini wajib didatangi jika ingin wisata kuliner. Foto oleh wsatcc

Rumah makan ini cukup jadul karena sudah buka sejak tahun 1960 tapi banyak juga artis yang datang ke sini untuk menikmati gado-gado legendaris Betawi ini. Restoran ini berada di Jalan Cikini 4 Nomor 5, coba sesekali wisata kuliner di sini saat ke Jakarta.

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Island Hopping Kepulauan Seribu Jakarta

2. Soto Betawi H Mamat

Soto Betawi di sini otentik dan porsinya besar. Foto oleh andridiary

Rumah makan ini sangat terkenal di BSD Serpong. Di sini kita bisa memesan soto betawi yang rasanya lezat, sop daging, hingga oseng-oseng daging dengan porsi yang besar. Dagingnya empuk dan kuahnya benar-benar gurih.

Harga soto betawi di sini cukup miring yaitu Rp 35.000. Foto oleh carolina.happy

Selain di Serpong, Soto Betawi H Mamat juga membuka cabang di Tangerang dan Jakarta Barat. Jika kebetulan ke Jakarta, jangan sampai lupa nikmati soto betawi di kedai ini.

Lokasinya berada di Jalan Raya Serpong, tepatnya dekat BCA atau seberang dealer Suzuki BSD.

3. Asinan Betawi H Mansyur

Asinan adalah salah satu kuliner Betawi yang wajib dicicipi saat di Jakarta. Cobalah kuliner ini saat ke Jakarta. Foto oleh misscarolinebong

Berdiri sejak tahun 1970, asinan ini memang paling legendaris di Jakarta. Asinan yang sering mendapatkan sebutan sebagai Asinan Kamboja ini selalu ramai karena rasa asinannya yang segar tapi tidak terlalu asam. Sayurnya melimpah dituang bumbu kacang yang legit dan kerupuk serta kacang yang renyah.

Antrean biasanya cukup panjang. Foto oleh windiia_ndii

Soal harga, di sini kita hanya perlu bayar Rp16 ribu hingga Rp18 ribu saja. Kita bisa memilih asinan sayur atau asinan buah sesuka kita. Lokasi Asinan Kamboja ini berada di Jalan Kamboja No 10 Jakarta Timur.

4. Laksa Betawi Assirot

Ini adalah kuliner Betawi lezat yang wajib dicicipi saat ke Jakarta. Foto oleh hungrymommy

Rumah makan ini sudah ada sejak tahun 1978. Laksa Assirot ini masih bertahan dengan cita rasa yang melegelenda alias otentik.

Warungnya agak tersembunyi tapi menu laksanya luar biasanya. Kita bisa mencicipi laksa dengan kuah santan, udang rebon, kucai, tauge dan kemangi. Jangan lupa beri lauk seperti tempe, tahu, kentang, daging, atau telur agar hidangan makin lezat. Jangan lupa cicipi juga menu ketupat sayur dengan semur jengkol khas kuliner Betawi agar makin sempurna.

Seporsi laksa dibanderol dengan harga mulai dari Rp 20 ribu. Alamatnya berada di Jalan Assirot No.1, Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Baca juga: 7 Tempat Berburu Kuliner Khas Banten

5. Nasi Uduk Gondangdia

Nasi uduknya dibungkus dengan daun pisang dengan bentuk runcing. Foto oleh

Nasi uduk adalah kuliner khas Betawi yang tak boleh ketinggalan untuk dicicipi saat ke Jakarta. Salah satu rumah makan legendis yang wajib dicicipi adalah Nasi Uduk Gondangdia.

Sambalnya menggoda. Foto oleh striandhana

Di sini kita bisa mencicipi nasi uduk yang dibungkus daun pisang dan telah dimasak dengan bumbu yang gurih dan taburan bawang goreng bersama dengan lauk pauk seperti ayam bakar, ayam goreng, bebek goreng, petai, dan lalapan. Rasa nasi uduk di sini masih otentik, jadi coba rasakan nasi uduk asli.

Lokasinya ada di Jalan Cikini 4,  Jakarta.

6. Sayur Asem Meruya

Ini adalah sayur asem paling legendaris di Jakarta, kuliner Betawi yang wajin dicicipi. Foto oleh yudha_nto

Ke Jakarta tidak lengkap jika belum mecicipi sayur asem Merayu yang sudah ada sejak tahun 1970 an. Sayur asem ini memiliki kuah beninig dengan caai merha yang dipoting atau dgerus kasar.

Tempatnya luas dan memiliki pilihan tempat duduk. Foto oleh ochietochiet

Untuk lauknya kita bisa memilih sendiri mulai dari ikan asin, ikan goreng, tempe, tahu, udang, atau osengan kacang. Harga yang dipatok mulai dari Rp 8 ribu hingga Rp 11 ribu. Jangan lupa juga coba bakwan udang dan orak-otak saat ke sini karena rasanya benar-benar lezat.

Lokasinya berada di Jalan Meruya Selatan, Meruya, Jakarta Barat

7. Restoran Trio

Meskipun menunya tidak betawi banget, tapi jika ke Jakarta wajib cicipi kuliner di sini. Foto oleh bastichendra

Restoran Trio merupakan rumah salah satu rumah makan tertua di Jakarta. Berdiri sejak tahun 1957 dan masih eksis hingga sekarang.

Tempatnya sederhana tapi nyaman sekali. Foto oleh tatyanaakman

Tampilan Restoran Trio ini sangat sederhana tapi di sini kita bisa memilih hingga 200 menu mulai dari sup asparagus dengan telur kepiting, ayam nan king, sapi cah kailan, sup sarang burung, hingga gurami angsiu dengan saus asin.

Restoran Trio berlokasi di Jalan RP Soeroso Nomor 29 A, Gondangdia, Menteng.

SHARE :


Rekomendasi

Tradisi Berburu Paus di Lamalera, Antara Budaya atau Kelestarian Alam
Montage Palmetto Bluff, Tempat Justin Bieber dan Hailey Baldwin Menikah
5 Tempat untuk Berenang dan Berfoto Bersama Hiu Paus di Indonesia
The St Regis Bali Resort, Hotel Megah Tempat Raja Salman Menginap
Danau Kaco di Gunung Kerinci, Cerita Tragis dan Misteri yang Melegenda
Musim Sakura di Jepang Tahun 2020 Dimulai Pada Bulan Maret
FALLBACK
The END