Sidebar

6 Hal yang dapat Anda Lakukan di Kawasan Wisata Gunung Pancar Bogor

Jika Anda ingin rehat sejenak dari kehidupan hiruk pikuk bisingnya perkotaan, Gunung Pancar dapat menjadi salah satu alternatif wisata bagi Anda.

SHARE :

Ditulis Oleh: Paundria

Letaknya yang diapit oleh pegunungan, membuat Bogor memiliki hawa yang sejuk dan menyegarkan. Beragam destinasi wisata alam pun banyak ditemukan di kota hujan ini. Salah satu kawasan wisata yang cukup terkenal di kalangan masyarakat yakni Gunung Pancar.

Jika Anda ingin rehat sejenak dari kehidupan hiruk pikuk bisingnya perkotaan, Gunung Pancar dapat menjadi salah satu alternatif wisata bagi Anda. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan di objek wisata ini.

Baca juga: The Ranch Lembang dan Cisarua, Pilihan Wisata Alam dan Edukasi di Puncak Bogor

Berburu foto instagenik di hutan pinus

Rasanya sayang sekali jika kita melewatkan panorama alam yang ada di Gunung Pancar. Di kawasan Hutan Pinus di Gunung Pancar, Anda dapat berburu foto – foto instagenik yang siap percantik feeds sosial media Anda.

Konsep alam dan natural ala Huta Pinus dapat anda jadikan tema untuk mengisi laman sosial media anda. Untuk dapat berfoto di kawasan ini, Anda perlu membayar sekitar Rp20.000. Tak terlalu mahal jika dibandingkan dengan panorama yang akan anda dapatkan.

Lakukan kegiatan olahraga agar tubuh tetap bugar

Salah satu grup pecinta olahraga melakukan aktivitas olahraga di Gunung Pancar. Credit : Blog komunitaspecintaolahragasepedaMBJCibarusahBekasi

Kabar gembira bagi para pencinta aktifitas olahraga. Di kawasan ini, Anda dapat melakukan olahraga dengan paket lengkap. Bagi yang gemar bersepeda, jalur di sekitar Gunung Pancar dapat menjadi alternatif bagi Anda yang gemar bersepeda gunung.

Tak hanya itu, jogging di kawasan ini dapat menjadi tantangan sekaligus kesenangan tersendiri. Pasalnya, jalur jogging yang ada memang tak semulus trek jogging di pusat olahraga maupun stadion. Namun, dengan udara yang begitu segar, jalur jogging di kawasan ini dapat menjadi pilihan.

Tak ketinggalan, jika Anda ingin berkuda, di kawasan ini juga tawarkan kuda yang dapat membawa Anda berkeliling hutan pinus sambil mengagumi panorama yang ada. Tak hanya itu, di kawasan wisata Gunung Pancar, juga terdapat lapangan tenis. Lengkap bukan? Ah, betapa menyenangkan berolahraga dengan udara segar dan latar panorama yang mengagumkan.

Pemandian air hangat di tengah dinginnya pegunungan

Pemandian air panas Gunung Pancar. Credit : pegipegi.com

Di tengah pepohonan pinus yang menjulang tinggi, di kawasan wisata Gunung Pancar juga terdapat pemandian air panas yang siap meredakan lelah Anda. Sepuluh menit anda berendam di pemandian air panas, rasa pegal, dan lelah pun berangsur hilang. Otot yang kaku pun kembali rileks.

Terdapat beberapa kolam yang disediakan untuk berendam, di antaranya yakni 2 kolam rendam bersama, kolam khusus anak-anak, kamar mandi air panas yang hanya boleh digunakan untuk satu orang, serta kolam untuk permainan air. Bagi para wanita berhijab, anda tak perlu khawatir, karena kolam bersama dipisahkan oleh sekat dan dipisahkan antara laki-laki dan perempuan.

Untuk kamar mandi panas, terdapat kolam dengan ukuran 1×2 meter yang diisi dengan air panas. Anda dapat menikmati fasilitas ini selama 15-20 menit hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 15.000. Pemandian ini buka mulai pukul 07.00 pagi. Disarankan, bagi Anda yang ingin berendam untuk melepas perhiasan emas anda. Karena kandungan mineral dan belerang yang ada mampu mengubah warna asli emas.

Terapi, aktivitas luar ruangan, hingga glamping

Glamping di Gunung Pancar, salah satu alternatif kegiatan yang bisa anda lakukan. Credit : gunungpancar.com

Di sekitar kawasan pemandian air hangat Tirta Sanita, Anda dapat menemukan berbagai macam terapi yang akan membuat tubuh Anda semakin bugar. Beberapa di antaranya yakni terapi ikan, terapi bekam, terapi lintah, kolam untuk permainan air, juga paket-paket aktivitas luar ruangan (outbond) untuk dewasa ataupun anak-anak.

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana Gunung Pancar, namun tak ingin capek hiking hingga puncak, anda dapat mencoba fasilitas glamping yang ada di kawasan Gunung Pancar. Dibanderol mulai dari Rp350.000 per orang, anda akan mendapatkan pengalaman berkemah anti ribet. Disini, juga terdapat fasilitas trekking bersama dengan pemandu.

Wisata budaya di Kaki Gunung Pancar

Tak ada salahnya untuk menyelami budaya masyarakat sambil mengagumi panorama yang ada. Pada kawasan wisata Gunung Pancar, terdapat wisata budaya yang dapat anda coba.

Selain itu, di kawasan Gunung Pancar ini anda dapat berziarah ke makam keramat yang ada. Di puncaknya, anda dapat melihat makam-makam keramat yang telah ada sejak zaman dahulu.

Tokoh legenda Jawa pun juga dimakamkan di wilayah ini. Sebut saja Raden Lawulung, Ki Mas Bungsu, Raden Surya Kencana, hingga Sunan Kalijaga. Jika anda beruntung, pada saat-sat tertentu, terdapat pertunjukan seni dan upacara keagamaan di daerah ini.

Baca juga: Curug Cikuluwung Bogor, Green Canyon Mini yang Tersembunyi

Cocok untuk resepsi pernikahan tema Rustic

Seiring dengan perkembangan waktu, konsep pernikahan yang kasual dan tak terlalu resmi menjadi semakin populer. Tema garden wedding ataupun konsep pernikahan rustic outdoor salah satunya. Beberapa orang mengartikan rustic wedding sebagai konsep pernikahan dengan gaya pedesaan yang elok, berkaitan dengan alam dan sederhana. Konsepnya yang menawarkan suasana asri dan alami meninggalkan sensasi dan kenangan tersendiri.

Salah satu lokasi outdoor wedding yang populer yakni di wilayah hutan pinus. Masyarakat mulai beramai ramai mengadopsi konsep pernikahan ala Bella Swan dan Edward Cullen di film Twilight.

Bagi Anda yang mencari suasana pesta pernikahan yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, Gunung Pancar dapat menjadi salah satu pilihan. Rindangnya pepohonan pinus dan segarnya udara sekitar menawarkan suasana romantis yang tak kalah menyenangkan dengan pernikahan dalam gedung.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

5 Glamping di Tengah Hutan Dekat Jakarta, Tujuan Staycation Akhir Tahun

Pendopo Ciherang Sentul, Menginap & Kongkow di Kaki Gunung Pancar

Kenapa Gunung Merapi Sering Mengalami Erupsi? Terjadi Setiap Tahun

Awan Melingkar di Atas Gunung Merapi Saat Akan Erupsi, Pertanda Apa?

Kebun Bunga Amarilis di Gunungkidul Mekar Lagi, Jangan Dirusak!

5 Hotel Mewah di Sentul, Bogor dengan Panorama Alam Menakjubkan

FALLBACK
The END