Alasan Mengapa Maluku Tenggara Layak Disebut 'Bali Baru'

Karena Maluku Tenggara punya pesona alam yang luar biasa eloknya dan dibalut dengan budaya lokal yang masih begitu kental.

SHARE :

Ditulis Oleh: Echi

1. Banyak yang bilang, Banda Neira adalah serpihan surga di timur Indonesia

Foto berasal dari sini

Kata guru agama saya, surga itu cantik banget. Di sana semua terlihat indah, tenang, dan menyejukan. Mungkin, gambaran surga itu seperti Banda Neira.

2. Keindahan alam bawah laut Banda Neira sudah tidak diragukan lagi

Foto berasal dari sini

Lihat saja foto di atas, terumbu karang sangat terlihat jelas. Air laut yang biru, jernih, dan sangat bersih. Maluku memang sudah dikenal dengan kejernihan air lautnya.

3. Tidak cuma wisata alam, Banda Neira menyimpan budaya lokal yang sangat kental

Foto berasal dari sini

Hingga kini, masyarakat Maluku Tenggara masih melakukan upacara adat Fangnea Kidabela. Upacara ini mengandung makna persatuan kesatuan masyarakat, khususnya warga Maluku Tenggara Barat.


Baca juga:


4. Benteng Belgica peninggalan VOC mempercantik keindahan Banda Neira

 

Indonesia timur rasa Eropa. Foto berasal dari sini

Bangunan bergaya arsitektur Eropa ini menjadi nilai plus bagi Banda Neira. Benteng yang digunakan Portugis menangkis perlawanan rakyat Banda ini menambah khasanah budaya Banda Neira. Tidak hanya kaya akan budaya timur, tapi ada juga budaya Eropa. Nikmati keelokan Banda Neira dengan berjalan kaki. Pasti lebih syahdu.

5. Maluku Tenggara juga punya Kepulauan Kei, pulau favorit turis yang berpasir putih nan lembut

Foto berasal dari sini

Kepulauan Kei teridiri dari dua pulau yaitu Pulau Kei Besar dan Kei Kecil. Jika kamu mencari pantai-pantai cantik seperti Bora-bora Boracay, Philipina, Kepuluan Kei adalah tempatnya.

Selain itu, Masyarakat Kepulauan Kei juga masih menjunjung tinggi hukum adat Larwul Ngabal yang berisi larangan membunuh, asusila, dan mengganggu hak orang lain.

6. Kalau ingin melihat burung pelikan, Pantai Ngurtafur lah tempatnya

Foto berasal dari dantoadityo.com

Puluhan burung pelikan Australia sedang asik mencari ikan di pinggir pantai Ngurtafur. Cantik banget! Bahkan, pemandangan seperti itu mungkin cuma bisa ditemukan di Indonesia Timur. Maluku Tenggara menyajikan keindahan itu.

7. Bahkan, maskapai penerbangan Garuda Indonesia melayani rute penerbangan dari Ambon ke Kepulauan Kei

Foto berasal dari dantoadityo.com

Pesawat yang digunakan  adalah ATR Garuda Explore. Akses transportasi menuju ke sana menjadi semakin mudah.

***

Keindahan alam Maluku Tenggara yang memeseno dan luar biasa eloknya, terbalut dengan budaya lokal yang masih begitu kental, sepertinya layak dijadikan alasan untuk menjadikan Maluku Tenggara Bali Baru.

SHARE :



REKOMENDASI




ARTIKEL KEREN PALING BARU