facebook pixel

Bicara tentang Kabupaten Magelang, berarti bicara tentang unsur nature dan budaya yang istimewa. Keistimewaan nature Kabupaten Magelang sendiri diperoleh karena letak Magelang berada di cekungan sejumlah rangkaian pegunungan, mulai dari Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, hingga Pegunungan Menoreh serta Sungai Elo dan Progo.

Sedangkan keistimewaan budaya Kabupaten Magelang berasal dari berbagai pengaruh, mulai dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan beberapa kerajaan di masa lampau yang identik dengan bangunan candi, seperti Candi Borobudur dan Mendut yang tak pernah sepi wisatawan.

Karena unsur budaya dan nature Kabupaten Magelang yang begitu istimewa, tiap tahunnya  banyak wisatawan yang sengaja datang untuk menyaksikan keunikan Magelang, mulai dari datang ke Candi Borobudur, mencoba keseruan rafting di Sungai Elo dan Progo, hingga mencari penginapan yang dekat dengan alam. Apalagi, didukung dengan letak Kabupaten Magelang yang mudah dijangkau dari Bandara Ahmad Yani Semarang  dan Bandara Adisutjipto yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 – 2 jam.

Kabupaten Magelang tak hanya tentang Candi Borobudur saja, tapi juga ada 10 tempat lain yang cantik dari nature dan masih kental budaya daerahnya. Ini daftarnya:

1. Pergi ke Desa Wisata Candirejo, menyatu bersama masyarakat lokal Magelang menikmati kehidupan desa

destinasi wisata sekitar magelang

Menyenangkan berada di pedesaan. Sumber foto

Banyak orang merasa ‘kangen suasana desa’ dan ingin merasakan kehidupan desa. Di Desa Wisata Candirejo Kamu bisa merasakannya.

Di sini, Kamu akan langsung merasakan kehidupan desa yang sederhana dengan hamparan sawah yang subur. Selain itu, kamu juga bisa melihat berbagai atraksi budaya dan pembuatan kerajinan tangan yang menjadi kebiasaan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

2. Berkunjung ke gereja berarsitektur unik, Gereja Ayam!

destinasi wisata sekitar magelang

Sumber foto

Gereja identik dengan bangunan megah khas Eropa. Namun, Gereja Ayam di Magelang ini cukup berbeda dengan gereja kebanyakan. Bangunan gereja ini desain bangunannya mirip dengan ayam.

Asal usul bentuk gereja unik ini benar-benar asik untuk ditelisik. Banyak wisatawan yang mengunjungi gereja ini jadi untuk mengetahui asal usulnya. Tak jarang, wisatawan juga mengabadikan momen langka mengunjungi gereja terunik di dunia.

3. Menikmati fasilitas pemandian air panas alami Candi Umbul yang sudah ada sejak zaman Wangsa Syailendra

wisata disekitar magelang

Sumber foto

Bukan hanya menyajikan cerita panjang di zaman wangsa Syailendra, Destinasi wisata Candi Umbul juga memiliki keunikan lainnya, yaitu fasilitas pemandian air panas alami yang sudah ada sejak zaman wangsa Syailendra.

Bayangkan saja, betapa unik daerah ini, bahkan Umbul yang sudah ada sejak zaman dahulu masih bisa digunakan hingga sekarang.

4. Datang ke Rumah Kamera melihat keunikan dekorasi tata ruang yang tidak biasa

wisata sekitar magelang

Sumber foto

Rumah kamera merupakan salah satu destinasi unik yang bisa kamu nikmati saat berada di Magelang. Masuk ke dalam area rumah kamera, kamu akan dibawa menuju beberapa sudut unik yang telah didekorasi khusus oleh sang pemilik yang sudah lama bekerja sebagai seniman.

Berjalan menyusuri rumah kamera akan membuatmu merasakan kehangatan sang pemilik rumah dan puluhan lukisan yang tersusun rapi di dalam rumah.

5. Menaiki Bukit Punthuk Setumbu dengan panorama momen matahari terbit yang menghipnotis

destinasi dekat magelang

Sumber foto

Destinasi wisata Punthuk Setumbu hadir dengan pemandangan yang tidak biasa. Pengalaman saya selama merasakan pagi di sana sangatlah luar biasa. Lekukan Candi Borobudur terlukis jelas lewat sinar matahari yang mulai muncul dari timur. Selain itu, jejeran gubuk tinggi bisa membantu para wisatawan untuk merasakan kenikmatan di pagi buta di Punthuk Setumbu.

6. Coba mampir ke Candi Selogriyo untuk merasakan suasana baru

destinasi magelang

Sumber foto

Sebenarnya, di Magelang banyak sekali deretan candi, mulai dari Candi Mendut, Candi Selogriyo, Candi Asu Sengi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dari sekian banyak candi ini, mengapa harus ke Candi Selogriyo? Alasan terbesar adalah karena di candi ini pengunjung akan merasakan suasana baru yaitu melihat pemandangan candi di antara tiga bukit nan cantik, yaitu Bukit Condong, Giyanti, dan Malang, dengan ketinggian 740 mdpl. Pemandangan ini akan menjadi perpaduan unik budaya dan nature yang epic.

7. Datang ke jantung kota dan masuk ke Klenteng Liong Hok Bio menyusuri sejarah perkembangan budaya di Magelang

destinasi magelang

Sumber foto

Hal yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di Magelang adalah datang ke Klenteng Liong Hok Bio. Klenteng ini menjadi bangunan paling mencolok di jantung kota Magelang.

Keberadaannya bukan tanpa sebab, namun menjadi bagian dari sejarah berkembangnya perekonomian dan budaya Magelang.

8. Masuk Kereta Uap Ambarawa dan merasakan pengalaman menaiki kereta paling bersejarah di Indonesia

destinasi magelang

Sumber foto

Kereta Uap Ambarawa berada tidak jauh dari Kabupaten Magelang. Rekomendasi yang tepat untuk para wisatawan yang ingin merasakan pengalaman menaiki kereta paling bersejarah di Indonesia.

Kamu tidak perlu membalikkan waktu untuk bisa merasakan pengalaman langka ini. Hanya tinggal datang ke Museum Kereta di Ambarawa dan membayar tiket kereta uap. Kamu akan melewati jalur keteta api dengan pemandangan yang indah dari Ambarawa-Bedono.

9. Menuju ke Candi Gedong Songo, menyusuri sejarah peninggalan Wangsa Syailendra

destinasi magelang

Sumber foto

Selain Kereta Uap Ambarawa, di sekitar Magelang juga terdapat sebuah candi unik dengan pemandangan cantik, yaitu Candi Gedong Songo yang bisa menjadi pilihan berwisata bersama orang tercinta.

Di sini, pengunjung bukan hanya berwisata sejarah dan melihat pemandangan yang cantik. Tetapi juga bisa menginap di area perkemahan dan mandi di pemandian air panas di kompleks candi. Asik sekali, bukan?

10. Merasakan pengalaman menginap di MesaStila Resort & Spa yang kental akan unsur nature dan budaya di tengah modernisasi

destinasi magelang

Keindahan di MesaStila. Foto oleh MesaStila

Setelah lelah mengunjungi tempat-tempat unik di Magelang, alangkah menyenangkannya jika bersantai dan menikmati pemandangan di sekitar MesaStila Resort & Spa. MesaStila dikenal baik dengan fasilitas yang kental dengan nature dan budaya, mulai dari kolam renang yang menghadap ke alam, hamparan kebun kopi yang masih diproses dengan cara tradisional, fasilitas hammam spa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Hanya dengan Rp 10 juta, pengunjung dan pasangan dapat merasakan dua hari menginap dengan daily breakfast, afternoon tea, daily scheduled in house activities, merasakan Hammam Spa (45 menit), hiking ke Candi Umbul, dan fasilitas antar jemput ke bandara (baik Semarang maupun Jogja). Informasi lebih lanjut kunjungi website MesaStilla.

 

Konten ini dipersembahkan oleh:

Mesastila

banner experience