7 Tren Travel yang Diprediksi Booming pada Tahun 2017

Tahun 2017 bakal jadi begini nih!

Wike Sulistiarmi • December 9, 2016

Industri pariwisata telah mengalami banyak perubahan selama tahun-tahun belakangan ini. Orang-orang dari seluruh dunia mulai bepergian dengan berbagai berbagai alasan. Mulai dari urusan kantor, kebutuhan liburan, ingin coba-coba, mendaki gunung, hingga wisata keluarga. Sangat menarik melihat bagaimana perkembangan industri pariwisata di tahun 2016 ini.

Dengan kebiasaan para traveler di tahun ini rasanya akan banyak gebrakan di tahun 2017. Berikut ini 7 tren yang diprediksi akan booming di tahun 2017.

1. Perjalanan instan akan menjadi pilihan pertama para traveler

tren travel

Nggak perlu repot lagi, aplikasi akan menjadi sahabat terbaik para traveler. Sumber foto

Berkat perkembangan teknologi, traveler tumbuh menjadi orang yang tidak sabaran dan ingin hasil yang instan. Aplikasi smartphone akan menjadi pilihan utama para traveler untuk merencanakan perjalanan. Apalagi saat ini sinyal 4G sudah merambah hampir seluruh kawasan Indonesia. Koneksi internet dan aplikasi pendukung traveling adalah kunci utama ‘kebahagiaan’ para traveler di tahun 2017.

2. Para Bleisure (business with leisure) akan bermunculan

tren travel

Traveling for work? Wah asik banget! Sumber foto

Saat ini sudah cukup banyak orang yang  melakukan perjalanan bisnis sambil liburan. Di tahun 2017, hal ini akan menjadi hal yang sangat biasa. Bahkan menurut media India, 30% orang rela menerima pekerjaan dengan bayaran tak seberapa asal dilakukan sambil liburan.

Bisnis di sini, tak hanya pekerjaan kantoran. Adapula yang memang meraup pendapatan dari traveling. Bukan, bukan agen perjalanan. Profesi menjadi influencer akan mewabah di kalangan millenial. Menjadi influencer pun, sebuah bisnis, bukan? Munculnya istilah “YouTube lebih dari TV” seperti pertanda, bahwa banyak orang makin tertarik untuk menjadi seorang YouTuber yang konon berpenghasilan ‘WOW’!

3. Surga tersembunyi adalah destinasi wisata yang paling dicari para traveler

tren travel

Traveling adalah cara untuk menghilang dari rutinitas. Sumber foto

Semua orang ingin melihat tempat-tempat yang tak pernah mereka lihat dalam hidupnya. Tempat/surga tersembunyi adalah incaran para traveler di tahun 2017. Solo traveling akan menjadi candu para wisatawan. Jadi, di tahun 2017 nanti diprediksi akan ada banyak destinasi wisata baru yang bakal ditemukan.

4. Travel wellness akan semakin diminati oleh traveler di berbagai negara

tren travel

Foto dari cuplikan video Yoga Traveling Amy

Kemajuan teknologi membuat gaya hidup orang-orang di seluruh dunia menjadi tidak sehat. Di tahun 2017, akan ada banyak orang melakukan travel wellness untuk menghindari kesibukan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Tahun 2017 akan menjadi tahun di mana banyak wisatawan lebih memilih ke tempat yang memiliki fasilitas kebugaran tubuh, seperti spa, yoga, atau meditasi untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih fresh.

5. Eco wisata akan semakin dicari para turis

resort raja ampat tren travel

Foto dari sini

Di tahun 2017 mendatang, global warming akan semakin diakui karena dampak pemanasan global yang saat ini mulai terlihat. Fenomena yang cukup nyata ini akan membuat para industri pariwisata semakin cerdas untuk menanggulanginya, resort-resort akan dibangun menjadi bangunan ramah lingkungan. Wisatawan pun akan banyak melihat eco wisata tersebar ke berbagai penjuru dunia.

6. Pengalaman adalah tujuan utama, bukan untuk belanja atau cuma pamer belaka

tren travel

Penulis phinemo ketika melakukan perjalanan solo traveling ke Kamboja. Foto oleh Echi ketika naik Tuk-tuk

Nuansa pamer dan belanja bukanlah hal yang terlalu diminati banyak traveler di tahun 2017. Pengalaman adalah hal utama, seperti pengalaman diving di Wakatobi dan bertemu ikan-ikan atau pengalaman melihat aurora di Islandia.

7. Interaksi sosial akan semakin dijunjung tinggi

tren travel

Foto oleh Echi, penulis phinemo ketika bertemu warga lokal di Thailand

Foto-foto dan mengambil video pemandangan memang tetap menjadi hal utama, tapi interaksi sosial akan menjadi tren travel di tahun 2017.

Kisah inspiratif bertemu dengan warga lokal, pelayan restoran, bertemu tukang ojek adalah hal yang lebih berkesan dari sebuah perjalanan. Bertemu orang baru dan mengobrol ngalor-ngidul akan menjadi tren travel di tahun 2017 mendatang.

***


Tinggalkan Komentar

Komentar