Traveling Bukan Alasan Tampil Lusuh! Berikut 5 Kosmetik yang Harus Dibawa

Bagi wanita, menjadi traveler bukan berarti harus tampil lusuh. Menjaga penampilan tetap wajib hukumnya. Ini dia kosmetik-kosmetik simpel yang harus ada di tasmu

Sophie Maya • March 3, 2016


kosmetik saat traveling

Foto diambil dari WorldofWanderlust

Ketika traveling, kamu tentunya dituntut hanya membawa barang-barang yang penting dan meninggalkan sisanya di rumah. Hal itu agar gerak tubuhmu jadi lebih fleksibel karena bawaanmu lebih ringan.

Namun ada kalanya kamu membutuhkan perawatan standar terhadap kulit dan wajah, agar terhindar dari paparan sinar matahari atau udara berdebu akibat aktivitas traveling. Inginnya membawa sepaket perlengkapan kosmetik yang biasanya menunjang keperluan sehari-hari, tapi hal itu tentu tak mungkin dilakukan. Selain menambah beban, tentu akan memakan tempat yang banyak dalam koper. Lantas bagaimana? Bawa seperlunya.

Memang, apa saja sih yang perlu dibawa?

Untuk mengatasi rasa kebingunganmu tersebut, di bawah ini ada beberapa pilihan kosmetik simpel yang wajib selalu ada di ranselmu:

1. Sabun wajah

Menjaga wajah agar tetap segar selalu menjadi prioritas utama. Sebab tak jarang wajah yang kotor dan kusam karena terkena debu turut mempengaruhi mood. Bawalah sabun cuci muka sesuai dengan jenis kulitmu. Sebab sabun untuk wajah berminyak tentu berbeda dengan wajah kering. Ada baiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk menentukan sabun cuci muka yang cocok untuk wajahmu. Jika kemasan sabun cuci muka cukup besar, kamu dapat menuangkan cairannya ke wadah yang lebih kecil agar menghemat tempat. Traveling tak lantas menjadikan kulit wajahmu kotor dan berjerawat bukan?

 

2. Tabir Surya

Sinar matahari yang terkadang menusuk hingga ke pori-pori kulit acap kali membuat kulitmu menghitam dan timbul bercak-bercak yang tak sedap dipandang mata. Lebih jauhnya bisa membuatmu terkena penyakit serius.

Demi mengatasinya, kamu bisa mengoleskan tabir surya ke tubuh. Sebaiknya pilih yang memiliki SPF 15 atau lebih karena kadar tersebut berpengaruh pada seberapa efektifnya tabir surya tersebut melindungi kulitmu. Misalnya, jika kulitmu akan terbakar dalam 10 menit, maka tabir surya SPF 15 mampu melindungi kulit selama 150 menit sebelum terbakar dan akhirnya jadi hitam.

Namun buatmu yang memiliki kulit sangat putih atau menderita lupus atau memiliki keturunan kanker, disarankan memakai SPF di atas 30.

 

3. BB Cream

Walau tak membawa bedak, namun jangan pernah lupa memakai BB Cream. Sering kali BB Cream menjadi semacam alas bedak yang juga berfungsi melembutkan kulit wajah dan mencegah agar tak terkena sengatan matahari. Teksturnya lebih lembut dan ringan di wajah. Pilihlah BB Cream yang sesuai dengan usia serta kebutuhanmu. Setelah menggunakannya, wajahmu pun akan senantiasa cerah dan segar walau tujuan perjalanan masih jauh di depan mata.

 

4. Pelembab Bibir

Kelelahan dan kekurangan minum sering membuat bibir pecah-pecah ditambah udara yang tak bersahabat. Menggunakan pelembab bibir akan membuat bibir lebih lembut dan lembab. Disarankan pilih pelembab bibir yang memiliki kandungan emmolient karena berfungsi untuk mencegah banyak kehilangan air dari lapisan kulit terluar bibir, sehingga bibir akan tetap lembab, lentur, serta terasa lembut.

 

5. Cermin

Cukup bawa cermin kecil yang bisa diselipkan di dalam kantung. Jika di tengah perjalanan ingin mengetahui kondisi wajahmu, tinggal ambil cermin dan berkacalah. Dengan begitu, kamu bisa mengambil tindakan cepat kalau-kalau wajahmu terlihat kusam atau terkena kotoran. Atau saat kamu mengoleskan BB Cream maupun pelembab bibir, keberadaan cermin tentu akan sangat dibutuhkan.

***

Demikian 5 kosmetik simpel yang wajib kamu taruh di dalam ransel atau kopermu. Menjadi seorang traveler bukan berarti tampil lusuh. Jadi, pastikan jangan sampai tertinggal ya!


Sering bingung mencari ide menulis? Simak bagaimana cara Windy Ariestanty mencari ide kreatif


Tinggalkan Komentar