Aurora Borealis Memungkinkan Disaksikan di Langit Indonesia

Kita bisa menyaksikan Aurora Borealis di Indonesia lho!

Echi • December 8, 2016
aurora

Hasil karya Dan Acher. Sumber foto

Fenomena alam aurora borealis atau dikenal dengan sebutan ‘northern light’ merupakan fenomena alam yang sebaiknya Kamu masukan ke dalam daftar hal yang harus dilihat minimal satu kali seumur hidup. Saya yakin, sebagian besar pencinta perjalanan di Indonesia tentu ingin menyaksikan fenomena tersebut. Sayangnya, keberadaan-nya berada jauh di bumi belahan utara.

Tapi mungkin, jarak yang jauh tak akan menjadi kendala lagi karena ada kemungkinan kita bisa menyaksikan aurora borealis di Indonesia.

Saya tidak bercanda. Seorang seniman bernama Dan Acher yang berasal dari Swiss berhasil merekayasa pemandangan aurora borealis di langit belahan bumi manapun. Artinya, suatu saat nanti, kita yang tinggal di negara tropis ini tidak perlu pergi ke bumi bagian utara untuk melihat fenomena alam yang menakjubkan itu.

Begini garis besar cara membuat aurora borealis

aurora

Penemuan ini berawal saat Dan Acher melakukan eksperimen bersama Happy City Club. Dia memberi nama proyek ini dengan sebutan BOREALIS. Pemandangan aurora borealis tercipta setelah dia menembakkan sinar laser keawan-awan yang berarak menggunakan beberapa alat khusus. Nah, setelah itu munculah peristiwa optik yang menyerupai cahaya indah aurora borealis.

aurora

Orang-orang berkerumun menyaksikan aurora buatan. Sumber foto

Aurora Borealis ciptaan Acher pertama kali dimunculkan di Kota Lausanne. Ketika peristiwa cahaya buatan ini muncul, orang-orang yang berada di Kota Lausanne terpukau. Mereka berkerumun, mendongak ke atas, dan menikmati momen itu.

Efek visual dari BOREALIS mengingatkan pada Waterlicht, sebuah seni instalasi karya Daan Roosegaarde. Seniman asal Belanda itu berhasil menembakan laser yang menimbulkan kesan serupa aurora, memanfaatkan pantulan cahaya air di bendungan.

aurora borealis

Waterlicht karya Daan Roosegaarde

Kira-kira, kalau Dan Acher bersedia menampilkan aurora borealis di Indonesia, menurut Kamu lokasi yang tepat buat menyaksikan seni cahaya buatan ini di mana? Kalau menurut saya, sih, di 10 tempat ini;

  1. Pulau Padar
  2. Pantai Parang Kusumo
  3. Pulau Lengkuas
  4. Puncak Cartenz
  5. Gunung Bromo
  6. Puncak Rinjani
  7. Hutan Mati Papandayan
  8. Danau Kelimutu
  9. Danau Takengon
  10. Lembah Harau

Bagaimana menurutmu? Tuliskan pendapatmu, tempat di Indonesia yang cocok untuk memunculkan Aurora Borealis di kolom komentar, ya!


Tinggalkan Komentar

Komentar