Banyak cara untuk mengabadikan momen perjalanan, mulai dari tulisan, foto, hingga video blog (Vlog). Namun, jarang sekali yang mengabadikannya dengan video time-lapse atau istilah kerennya ‘timelapse photography’.

Timelapse Photography; teknik pengambilan foto atau gambar dengan menggunakan interval waktu tertentu untuk mengambil beberapa frame foto dalam satu momentum dan satu sudut pandang.

*Coba baca artikel ini: Mengetahui lebih lanjut mengenai timelapse photography dan triknya.

Mengapa kamu harus mencoba mengabadikan cerita perjalananmu dengan timelapse photography? Alasan yang pertama karena video timelapse mudah sekali diimplementasikan. Bahkan saat ini sudah banyak aplikasi timelapse di smartphone, seperti Microsoft Hyperlapse Mobile, Lapse It • Time Lapse Camera, Time Lapse, Time Lapse Video Recorder dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain mudah, video time-lapse pun menghasilkan video perjalanan yang keren karena memberikan pemandangan yang lebih berwarna dan nggak itu-itu aja. Dalam keadaan yang minim penerangan pun tetap hasilkan video yang oke banget.

Nggak percaya? Inilah kumpulan video time-lapse di 9 destinasi keren Indonesia yang mungkin bakal bikin Kamu tertarik ingin membuatnya juga.

1. Begini video timelapse beberapa destinasi wisata di Sumatera Barat

Jika Kamu berencana untuk ke beberapa tempat tujuan wisata, Kamu bisa mengabadikan memilih highlight yang menurutmu oke. Seperti proses matahari terbenam atau pergerakan awan yang disertai dengan bangunan identitas tempat tersebut. Seperti rumah adat atau bangunan khasnya.

2. Suka traveling keliling kota? Coba contoh video timelapse Kota Tua Jakarta ini, deh!

Ini adalah contoh video timelapse sederhana yang sebenarnya bisa diabadikan dengan kamera smartphone biasa. Kamu hanya perlu menyiapkan tripod kecil seperti gorilla tripod dengan harga terjangkau.

3. Pencinta gunung? Coba abadikan proses terbit dan tenggelamnya matahari serta bintang-bintang layaknya video ini

Video time-lapse ini sebenarnya menggabungkan teknik hyper-lapse didalamnya. Ciri khas video perjalanan dengan teknik hyperlapse adalah dengan ditandainya pergerakan kamera namun tetap fokus pada titik obyek tertentu.

4. Pencinta pantai? Coba intip timelapse pantai Wedi Ombo Yogyakarta ini

Hal yang sangat saya sukai saat mengabadikan video timelapse adalah ketika berada di pantai. Menurut saya, pergerakan awan pantai sangatlah indah. Berikut ini adalah sebuah video timelapse sederhana yang pernah saya abadikan dengan smartphone saya.

 

5. Begini jika Labuan Bajo diabadikan dalam video timelapse

Waktunya ke Indonesia bagian timur. Inilah kemegahan Labuan Bajo dalam 57 detik.

6. Bagi pencinta pemandangan langit, Kamu juga bisa mencoba video timelapse milky way Labuan Bajo ini

Beralih ke dunia malam Labuan Bajo. Kamu juga bisa mengabadikan Milky Way Labuan Bajo menggunakan timelapse, lho!

7. Kamu bisa menggabungkan beberapa tempat yang Kamu kunjungi dalam satu video timelapse

Jalan-jalan tentu nggak cuma ke satu tempat. Jika kamu sempat, cobalah untuk meluangkan waktu 20-30 menit untuk membuat video timelapse. Gabungkan video-video itu dengan video editor untuk membuatnya lebih bagus.

8. Kamu juga bisa mengabadikan kehidupan laut dengan video timelapse

Bagi Kamu yang suka dengan diving atau main-main di pinggir laut, kamu juga bisa mengabadikannya dengan video timelapse. Ini contoh video yang pernah diabadikan oleh seorang diver ketika menyelam di laut Indonesia.

9. Kamu pernah ke Danau Kaolin Belitung? Kalau belum, kamu bisa membuat video timelapse di sana

Bukan hanya elok jika di foto, danau yang terletak di Belitung ini cocok sekali untuk kamu abadikan dengan vidoe timelapse.

***

Memang adakalanya membuat foto selfie saat traveling, namun nggak ada salahnya untuk mencoba teknik timelapse photography saat traveling. Gimana, berani coba?

Baca juga teknik fotografi lainnya di bawah ini: