10 Kota di Indonesia yang Aman Buat Solo Traveler Cewek Seperti Kamu!

Inilah 10 Kota aman untuk solo traveler cewek seperti Kamu! Kamu bisa dimanjakan kalau datang ke kota nomor 9! Silahkan cek!

Mia Kamila • April 20, 2017


Jaga sikap saat traveling itu penting agar Kamu tetap aman!

Ladies! Sebelum Kamu melakukan solo traveling, sebaiknya Kamu cek  kota mana yang aman buat Kamu. Inilah 10 kota di Indonesia yang bisa Kamu singgahi, sendirian! 

1. Yogyakarta memang tempat istimewa buat para solo traveler termasuk para Ladies!

kota aman

Kamu bisa pegang ular di depan benteng Van de Burgh | Dok. pribadi penulis

Kamu pasti tahu keistimewaannya Yogyakarta yang selalu menjadi incaran para pejalan. Nggak cuma domestik sih, para turis asing pung suka dengan Kota satu ini. Kota yang ramah dengan turis ini bisa jadi tempat dolan buat para ladies yang ingin solo traveling. 

Kamu juga bisa ekplore kesenian di sana, budayanya pun masih kental. Kota ini serasa menggali kerinduan pada masa lalu. 

2. Solo spirit of java, bisa membuat dirimu menjadi tambah semangat, meski sendirian

Kamu bisa mampir ke Keraton Solo | Foto by jatengtwit

Nggak jauh beda dengan Jogja, Solo pun bisa menjadi target destinasi bagi pejalan seperti Kamu! Jalan sendirian di Solo, aman kok! Kamu bisa masuk ke keraton Solo dan menikmati kudapan khas di pinggiran jalan. Jangan lupa sempatkan makan cabuk rambak biar jalan-jalanmu terasa lengkap.

3. Bandung paris van java, kota yang bikin Kamu “lapar mata” buat foto-foto di taman-taman cantik yang ada di sana

Foto di taman pasupati. Sumber Foto

Bandung salah satu kota yang aman kok buat solo traveling cewek. Banyak spot-spot fotogenik yang bisa Kamu eksplore. Kamu juga bisa mampir ke taman yang ada di setiap sudut kota Bandung. Salah satunya Kamu bisa mampir di taman Jomblo. 

4. Lombok, pulau kecil nan indah yang selalu masuk dalam bucketlist 

Kamu bisa belajar nenun di Lombok | Foto by Muhammad Rizani Kusnan

Lombok selalu menjadi daya tarik! Seolah nggak ada habisnya ngomongin pulau satu ini. Setelah dinobatkan menjadi tempat wisata halal, Lombok aman dikunjungi sendirian. Warganya yang ramah seolah membuat Kamu merasa di kotamu sendiri.

Bahkan sopir taksi pun dengan senang hati mau memberikan rute dengan view pantai yang bisa Kamu nikmati. Kadang mereka pun dengan senang hati bercerita tantang Lombok kepada turis tanpa meminta uang tambahan. 

5. Bali yang tiada matinya menawarkan segala kemewahan yang memanjakan

kota aman

Tuh kan asik solo traveling di Bali | Dok. pribadi penulis

Pernah dengar hukum adat di Bali, kalau ada yang mecuri akan dipotong tangannya? Itulah sebabnya kenapa di Bali aman buat turis, bahkan aman buat Kamu para ladies yang ingin jalan sendirian. Tapi kalau Kamu bosan jalan sendirian Kamu bisa cari kenalan dengan bule di Bali.

6. Batu, Malang, kota kecil yang memanjakan traveler dengan destinasi wisata yang selalu menarik hati 

Ini solo traveling ke museum angkut | Dok. pribadi penulis

Batu selalu menawarkan paket wisata di setiap jengkalnya. Jaraknya pun bisa dijangkau dengan kaki. Transportasinya pun lengkap bila Kamu malas untuk berjalan kaki. Tapi, jika Kamu sudah masuk ke salah satu spot wisata di Batu, Kamu pasti nggak bisa move on dari situ. 

7. Rembang, Lasem kota yang menjadi candu para pejalan

Kelenteng cu an kiong lasem bisa jadi alternatif | Dok. pribadi penulis

Kamu pernah dengar peredaran candu di Lasem? Atau Kamu pernah dengar cerita tentang Ceng Ho? Kalau Kamu suka sejarah, Kamu bisa terlusuri cerita penyebaran candu (opium) di Lasem. Lasem pun cocok buat Kamu solo traveler cewek! Kamu bisa menginap di hostel yang dengan ornamen bangunan tiongkok. Meski jalannya di lalui kendaraan besar dan ramai, Kamu bisa gunakan tukang ojek yang ramah untuk mengantarmu jalan-jalan keliling Tiongkok Kecil. 

8. Palembang, kota pempek yang menggoda perut

Gemerlap jembatan ampera | sumber foto

Kamu mau cobain pempek dari kota asalnya? Boleh kok! Palembang kota yang aman juga buat solo traveler cewek. Setiap destinasi wisata di sana memiliki akses yang mudah. Kalau Kamu takut naik ojek, Kamu juga bisa gunakan ojek online kesayangan Kamu. 

9. Flores, pulau kecil yang akan memanjakan wisatawan

Sebuah pulau kecil yang sudah melek wisata ini memang akan memanjakan Kamu. Nggak usah takut dengan warga sekitar, mereka baik kok! Kamu bisa sewa ojek buat keliling Flores. Kesepakatan harga di awal akan menjadi harga akhir juga. Uniknya, setiap penginapan di Flores sudah menyediakan kamar sendiri untuk para driver. Kamu bisa hemat biaya karena itu free. Driver pun nggak akan menuntut lebih ke Kamu kok! Tenang saja! 

10. Bangka, kota yang sangat ramah dengan para pejalan, bahkan Kamu bisa kenalan dengan warga lokal lho!

Batu belimbing bisa Kamu kunjungi saat ke Bangka | Dok. pribadi penulis

Kamu nggak perlu khawatir bila datang pertama kali di Bangka. Kamu akan disabut dengan keramahan warga lokal yang senang dengan para pendatang. Apalagi Kamu cewek! Mereka pasti akan sangat senang membatu Kamu kalau Kamu membutuhkannya. Saking senengnya, sampai-sampai mereka mengundang wisatawan untuk makan siang di rumahnya. Asik ya!

***

Itulah 10 kota yang aman buat Kamu para solo traveler cewek. Tapi, aman dan tidaknya itu kembali pada Kamu bagaimana membawa diri saat traveling. 

Mau tahu tentang fakta solo traveling lainnya? 


Tinggalkan Komentar

Komentar