9 Jalur Mudik Paling Rawan Kecelakaan yang Harus Kamu Waspadai

WARNING GAES!!!

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

“Jalan tak selalu lurus, kadang menanjak, kadang menurun, bahkan kadang membelok.”

Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, ribuan orang Indonesia mempersiapkan diri untuk packing dan melakukan perjalanan ke berbagai daerah untuk mudik.

Agar cepat sampai di tempat tujuan, kadang banyak pemudik yang terburu-buru dan ngebut di jalanan. Padahal, nggak semua jalan aman untuk ngebut. Setidaknya ada 9 jalur yang harus Kamu waspadai agar perjalanan mudikmu aman sampai tujuan.

1. Bagi Kamu yang mau mudik melewati Kabupaten Batang, wajib berhati-hati dengan jalur Alas Roban

Jalur Alas Roban. Sumber foto

Jika Kamu berencana mudik ke daerah Jawa Tengah, Kamu pasti bakal melewati jalur Alas Roban. Jalur ini cukup ramai dengan hijaunya pemandangan hutan di kanan dan kiri jalan yang cukup indah untuk dinikmati.

Meski indah, namun Kamu harus berhati-hati dengan jalur ini karena di sini jalannya berkelok dan curam. Jalur ini sering bikin banyak orang mengalami kecelakaan karena ramai dan jalur yang menanjak dan curam. Kamu harus berhati-hati ketika melewati jalur ini biar nggak terjadi kecelakaan saat mudik.

2. Tol Cipularang, jalur yang lintasannya wajib diwaspadai

Jalur yang bikin merinding nih gaes! Sumber foto

Tol penghubung Purwakarta dan Bandung ini memang cukup populer.

Jalan tol Cipularang lintasannya banyak kelokan (beda dari lintasan tol lain), mulus dan siapapun bisa naik kendaraan dengan kecepatan super agar sampai di tujuan. Jika Kamu nggak hati-hati bisa saja Kamu celaka seperti pengendara lain. Usahakan fokus biar perjalananmu nggak jadi musibah. Oke?!

3. Tanjakan Emen, Subang

Tanjakan Emen. Sumber foto

Bagi Kamu yang berencana mudik atau melakukan perjalanan ke Subang. Kamu wajib banget waspada saat melewati Desa Cicenang karena di sana ada jalur yang cukup mematikan yaitu Tanjakan Emen.

Tanjakan ini cukup curam dan sering terjadi kecelakaan. Selain di daerah ini, Kamu juga waspada di  Pantura di Patokbeusi, Pusakanagara, Sukamandi dan Ciasem saat ke Subang.

Usahakan untuk menggunakan gigi dua saat naik tanjakan ini. Plus mending mobil lewat tol Cipali biar nggak kena macet di sini karena biasanya jalur ini sangat ramai.

4. Kelok terindah sekaligus berbahaya di Sumatera Barat

Kelok 44 Sumatera Barat. Sumber foto

Kalau Kamu berencana ke Kabupaten Agam untuk mudik atau sekedar jalan-jalan, hati-hatilah saat melewati kelok 44.

Dinamakan kelok 44 karena jalur ini memiliki 44 belokan. Tikungannya sendiri cukup tajam dan curam sehingga sering terjadi kecelakaan. Jalur di sini dibuat berkelok karena perbukitannya cukup tinggi.

Sepanjang jalur Kamu akan disajikan pemandangan indah danau, sawah indah, dan pancuran air bertingkat di deretan Bukit Barisan. Keindahan ini biasanya bikin banyak orang merasa terkecoh, sehingga bikin kecelakaan. Yang jelas, Kamu harus fokus biar nggak terjadi kecelakaan.

5. Jalan Tarahan, jalur rawan kecelakaan di Provinsi Lampung

Hati-hati ya gaes! Sumber foto

Lampung memiliki jalur yang cukup rawan kecelakaan yaitu jalan Tarahan. Jalur ini sering terjadi kecelakaan karena jalanan menurun dan curam. Selain itu banyak pengendara mengaku mengalami kecelakaan di sini karena cahaya terang yang menyilaukan dari jalur berlawanan. Mereka kaget sehingga banting stir sehingga jatuh ke arah jurang di sisi jalan.

Bagi Kamu yang berencana untuk ke Lampung dan melewati jalur ini mending hati-hati biar nggak kecelakaan dan sebisa mungkin jangan melewati jalur ini saat malam dan kondisi kelelahan.

6. Jalur Nagrek

Jalur Nagrek. Sumber foto

Kamu mau pulkam ke daerah Priangan Timur? Hati-hati ya kalau lewat Jalur Nagrek. Jalur ini sering banget diwarnai kecelakaan.

Hari ini saja sedang ada kecelakaan antara mobil box dan truk. Jalur ini cukup ekstrim dengan belokannya cukup tajam. Saat mendekati hari lebaran, biasanya dipadati oleh para pemudik yang akan ke Tasikmalaya, Garut atau Ciamis. Hampir bisa diterka bahwa jalanan ini bakalan macet saat mudik.  Kamu harus waspada saat menyetir melewati jalur ini.

7. Turunan Gombel Semarang

Kamu harus fit pas lewat sini! Sumber foto

Apabila Kamu berencana menuju Kota Semarang dari arah selatan (Ungaran, Salatiga, Magelang, dan Jogja) Kamu bakalan melewati turunan Gombel.

Turunan Gombel memiliki topografi yang berbukit dan tergolong curam. Biasanya jalanan ini akan ramai saat musim lebaran, Kamu wajib banget berhati-hati saat melewati jalur ini karena cukup bikin khilaf. Ditambah sekarang sedang ada proyek pembangunan jalan sehingga badan jalan makin sempit. Kamu harus dalam kondisi fit melewati daerah ini!

8. Jalur Pantura, jalanan penuh khilaf yang perlu diwaspadai

Jalur Pantura Brebes. Sumber foto

Kamu mau mudik menggunakan Jalan Nasional Rute 1 atau Jalur Pantura? Hati-hati lho ya!

Karena jalur pantura identik dengan kendaraan yang dikendarai dengan sangat kencang dan jalur yang lurus. Beberapa kecelakaan di jalur ini diakibatkan karena sopir mengantuk dan kadang tak sengaja menabrak kendaraan lain yang menyeberang.

Kamu harus lebih fokus biar perjalananmu menjadi perjalanan yang aman.

9. Tanjakan Kethekan, jalan berkelok Magelang-Ambarawa

Ini jalur Ambarawa-Magelang dari atas rel. Sumber foto

Kalau Kamu mau mudik dari arah Ambarawa- Magelang wajib berhati-hati, karena Kamu akan melewati tanjakan Kethekan.

Tanjakan ini memiliki beberapa kelok yang curam dan tajam. Beberapa kecelakaanpun sering terjadi di sini karena kelokan yang tajam dan jalan yang sempit. Beberapa kendaraan seringnya terjun ke jurang disisi jalan.

Jika Kamu nggak pengen kena musibah kecelakaan, mending lebih berhati-hati saat melewati tanjakan ini.

***

“Selamat Mudik! Jangan lupa istirahat saat lelah diperjalanan, jangan paksakan diri untuk melakukan perjalanan agar selamat sampai tujuan.”