Inilah 9 Negara dengan Pulau Terbanyak. Nomor 1 Ternyata Bukan Indonesia

Keren banget! Indonesia masuk dalam negara dengan jumlah pulau terbanyak!

Wike Sulistiarmi • March 15, 2017

Bumi terdiri dari ribuan pulau yang tersebar di berbagai negara dengan karakter dan kontur beraneka ragam. Jumlah negara di dunia yang kurang dari 200 negara membuat beberapa negara di dunia memiliki ratusan hingga ribuan pulau sendiri. Termasuk Indonesia yang memiliki belasan ribu pulau.

Meskipun kita tahu bahwa jumlah pulau di Indonesia ini super banyak, ternyata Indonesia bukan negara dengan pulau paling banyak di dunia lho! Lalu, negara manakah yang memiliki predikat sebagai negara berpulau terbanyak dunia? Berikut daftar 9 negara yang miliki paling banyak pulau di dunia.

9. Kepulauan Solomon

negara pulau terbanyak

Negara tetangga ternyata punya pulau yang jumlahnya banyak juga, ya. Sumber foto

Pernah dengar Kepulauan Solomon? Kamu pasti nggak asing dengan negara ini, karena negara ini merupakan negara kepulauan yang berada di sebelah timur Papua Nugini.

Negara ini terdiri dari 992 pulau yang keseluruhannya membentuk wilayah seluar 28.450 km². Meskipun memiliki 992 pulau, namun hanya 300-an pulau saja yang berpenghuni.

8. Maladewa

negara dengan pulau terbanyak

Ini dia spot yang sering dibilang surganya dunia. Sumber foto

Negara dengan jumlah pulau terbanyak selanjutnya adalah Maladewa. Maladewa sendiri merupakan negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol (suatu pulau koral yang mengelilingi laguna) di wilayah Samudera Hindia. Negara ini memiliki hampir 1.200 pulau. Banyak banget, kan? Tapi tenang aja, jumlah ini nggak melebihi Indonesia, kok!

7. Britania Raya

negara dengan jumlah pulau terbanyak

Britania Raya nomor tujuh, lho! Sumber foto

Negara yang menempati urutan ke tujuh sebagai negara dengan jumlah pulau terbanyak adalah negara Britania Raja atau banyak orang bilang UK (United Kingdom). Negara ini terdiri beberapa negara bagian yaitu Inggris, Skotlandia, Irlandia Utara, dan Wales.

Total pulau di Britania Raya mencapai 6.200 pulau, baik yang besar dan yang kecil. Meskipun begitu, jumlah ini tak lebih banyak dari Indonesia.

6. Jepang

alaan mengapa jepang layak jadi tujuan wisata

Foto dari sini

Jepang merupakan negara dengan jumlah pulau yang cukup banyak, yaitu mencapai 6.852 pulau. Negara kepulauan ini memiliki pulau besar bernama Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu.

Kira-kira 97% wilayah Jepang berada di keempat pulau ini, meskipun begitu, 430 pulau di Jepang sudah dihuni manusia.

5. Filipina

negara dengan pulau terbanyak

Ini salah satu destinasi wisata di Filipina yang terkenal di luar negeri. Sumber foto

Filipina merupakan negara kepulauan yang berhasil menempati urutan ke lima sebagai negara dengan jumlah pulau terbanyak. Berdasarkan data Wikipedia, Filipina ternyata memiliki 7.641 pulau yang memiliki air laut yang tenang.

4. Australia

negara dengan jumlah pulau terbanyak

Nomor empat sih Aaustralia! Sumber foto

Australia pasti bukanlah negara yang asing bagi kita. Negara tetangga Indonesia ini ternyata menjadi negara yang menempati perangkat 4 sebagai negara dengan jumlah pulau terbanyak, yaitu sekitar 8 ribu pulau. Banyak banget, kan? Tapi, jumlah ini nggak bisa mengungguli Indonesia lho ternyata!

3. Indonesia

pemandangan drone spot di indonesia

Raja Ampat nih! Sumber foto

Meski jumlah pulau di Indonesia saat ini sebanyak 17.500 pulau, namun baru 13644 pulau di Indonesia yang resmi terdaftar di PBB. Nah, dengan jumlah pulau yang sebanyak ini, Indonesia menempati urutan ketiga sebagai negara dengan pulau terbanyak dunia.

Uniknya, dari semua pulau yang ada, tenyata hanya menempati 9 ribu pulau saja yang ditempati penduduk Indonesia. Sisanya sih masih belum ada yang menghuni.

2. Kanada

negara dengan jumlah pulau terbanyak

Nomor dua Kanada, nih! Sumber foto

Jika membicarakan luas wilayah di dunia, Kanada adalah negara terbesar kedua yang ada di bumi (setelah Rusia). Dengan luas wilayah yang meliputi 41% benua Amerika Utara dan daerah Arktik.

Melansir Insider Monkey, ada sekitar 30 ribu pulau di lepas pantai timur Teluk Georgia. Wisatawan bisa berkeluyuran ke berbagai pulau dengan akses mudah di sana.

1. Finlandia

negara dengan pulau terbanyak

Keren banget Finlandia. Sumber foto

Finlandia merupakan salah satu negara yang terletak di paling utara bumi. Danau dan pulau di sini sangatlah banyak bahkan Wikipedia mencatat bahwa ada sekitar 187 ribu pulau di sini. Sedangkan jumlah danaunya mencapai 179 ribu. Yang lebih kerennya lagi, wilayah Finlandia juga didominasi oleh hutan pinus (menempati 68% dari luas tanah di Finlandia).

Jumlah pulau di Finlandia 10 kali lipat dari Indonesia. Nggak salah jika Finlandia mendapat kehormatan sebagai negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia.

***

Wah! Indonesia ternyata menempati urutan ke-3 sebagai negara dengan jumlah pulau terbanyak. Meskipun sedikit mengecewakan, tapi prestasi ini tetap tetap membanggakan dan harus dibanggakan. Share artikel ini ke teman-teman Kamu agar mereka tahu.

Jangan lupa baca juga artikel menarik lainnya di Phinemo: