Jika Sudah Lakukan Hal Ini, Kamu Siap Untuk Solo Backpacking

Echi • December 27, 2016

solo backpacking

Foto oleh Echi

1. Minimal sudah baca 10 blog atau artikel perjalanan tentang destinasi tujuan

Merencanakan perjalanan memerlukan banyak riset. Nggak cukup satu atau dua kali baca blog atau artikel. Paling enggak Kamu harus baca 10 artikel atau blog perjalanan yang berkaitan dengan destinasi tujuanmu. Semakin banyak baca malah semakin menambah wawasan. Perhatikan tahun penerbitannya untuk memastikan ke-valid-an informasinya.

2. Gabung ke dalam komunitas backpacker di facebook untuk perbanyak jaringan dan tingkatkan wawasan

Kalau Kamu berencana untuk traveling di dalam negeri, forum backpacker Indonesia atau backpacker nusantara di Facebook bisa jadi pilihan. Sedangkan untuk tujuan mancanegara, Kamu bisa gabung di komunitas backpacker internasional atau backpacker dunia. Kenapa? Karena setiap harinya selalu ada informasi terbaru.

Tidak hanya saling bertukar informasi, Kamu bisa temukan teman perjalanan lho. Enakanya lagi terkadang ada anggota yang membagikan itinerary perjalanan. Kamu bisa nyontek rencana perjalanan itu.

3. Cari teman dari komunitas backpacker internasional Couchsurfing atau bewelcome

Couchsurfing dan bewelcome merupakan komunitas backpacker dengan anggota dari berbagai belahan negara di dunia. Melalu komunitas ini Kamu bisa peroleh penginapan gratis bahkan kesempatan untuk jalan-jalan dengan warga lokal. Saya memanfaatkan komunitas ini untuk bertemu bahkan berteman warga lokal di destinasi tujuan.

Gimana caranya? Pertama hubungi anggota yang berdomisili di destinasi tujuanmu. Sampaikan maksud dan tujuan. Jika diperlukan, mintalah sosial media atau nomor telepon untuk memudahkan komunikasi.

4. Biasakan melakukan semua hal sendiri

Mulai dari nonton film sendirian, makan di cafe sendirian, ngemall sendiri, dan naik kendaraan umum sendirian. Kamu harus bisa berdamai dengan dirimu sendiri dimanapun dan kapanpun. Karena solo backpacking menuntut Kamu untuk pandai berdamai dengan kesendirian.

5. Olahraga, minimal jogging seminggu sekali

Traveling itu memang menyenangkan. Tapi, traveling juga bikin capek. Olahraga yang teratur dan makan makanan yang sehat akan membuatmu lebih bugar dan tidak sakit saat melakoni perjalanan jauh sendirian. Karena sakit saat perjalanan seorang diri sangat menyiksa.

6. Minta izin kepada orang tua jauh-jauh hari

Hal ini sangat penting dilakukan. Karena tanpa restu orang tua, perjalanan mungkin akan memperoleh banyak kendala. Mintalah restu agar semua rencanamu dimudahkan. Mau tau caranya minta izin? Coba check artikel ini.

7. Nabung dan berhemat karena solo backpacking membutuhkan banyak biaya tidak terduga

Kalau menurut saya, uang adalah faktor yang sangat penting saat solo backpacking. Ketika kehabisan uang di tengah jalan sedangkan Kamu sendirian, apa yang akan Kamu lakukan? Lebih baik simpanlah uang lebih di tabungan dan bawalah kartu kredit untuk berjaga-jaga.

8. Mencatat nomor-nomor penting di destinasi tujuan

Dari hasil browsing di internet, catatlah nomor-nomor penting sebelum Kamu berangkat solo backpacking. Misalnya, nomor kantor polisi terdekat, nomor rumah sakit, atau nomor rental kendaraan bermotor.

9. Perbanyak membaca cerita perjalanan yang memotivasi untuk solo backpacking supaya Kamu kuat mental

Saya suka sekali membaca bukunya mbak Trinty the Naked Traveler dan blog whateverbackpackerMembaca artikel dan cerita perjalanan mereka semakin mendorong saya untuk melangkah melihat dunia luar seorang diri. Seru dan menantang, dan memang seperti itulah kenyataannya.

***

Saya pikir, solo backpacking akan sangat menakutkan. Penipuan, pencopetan, atau bahkan pelecehan seksual terhadap wanita beberapa kali sempat menghantui pikiran saya. Namun, tekad bulat untuk mewujudkan impian telah membawa saya pada pengalaman solo backpacking yang seru.


Sudah punya bahan tulisan tapi bingung mulai dari mana? Simak tips ini



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait