Ini Dia HP – HP Tahan Air, Tahan Banting dan Daya Baterai Tahan Lama. Sangat Cocok Untuk Pegiat Alam

Smartphone terbaik jika bagi Anda pegiat kegiatan alam

Echi • March 18, 2016

Berkegiatan di alam terbuka yang sangat dekat dengan cuaca dan keadaan ekstrim harus menjadi perhatian serius. Para pelaku kegiatan di alam bebas sebaiknya melengkapi diri dengan gadget yang tangguh. Gadget normal yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari tentu kurang cocok jika dipakai saat beraktivitas di alam bebas.

Smartphone adalah salah satu gadget terpenting bagi kehidupan sehari-hari. Gadget ini juga menjadi salah satu barang penting saat mendaki gunung. Para pendaki menggunakan smartphone untuk banyak hal. Misalnya, menentukan arah dan membaca peta topografi.

Namun, apa jadinya jika smartphone yang dipakai di gunung tidak cukup tangguh? Jatuh dari ketinggian, tercelup di dalam air akan merusak sistem smartphone tersebut. Smartphone yang tidak cukup tangguh, tentu akan menimbulkan masalah bagi mereka kedepannya.

Berikut beberapa smartphone tahan banting yang sangat cocok untuk para pendaki:

 

1. Samsung Galaxy Xcover 3

HP-tahan-air1

Foto diambil darisini.

Ponsel dengan harga menengah diantara harga smartphone android ini cukup responsif dan cocok untuk para petualang. Ponsel ini bisa bertahan di dalam air dengan kedalaman 1 meter selama 30 menit. Selain itu, ponsel ini juga anti debu dan pasir dan tahan benturan. Ketangguhan ponsel ini bisa dibuktikan dengan sertifikat IP67. Ponsel yang di klaim oleh Samsung telah memiliki sertifikasi standard militer. Ponsel ini dihargai sebesar 300 USD.

 

2. CAT S50

HP tahan air

Sama halnya dengan Samsung Galaxy Xover 3, CAT S50 juga memiliki sertifikat IP67. Sebenarnya, ponsel ini didesain khusus untuk militer, namun juga dapat digunakan warga sipil.

Layar ponsel ini bisa disentuh dalam keadaan basah, karena CAT S50 dilengkapi dengan wet-finger tracking.

Smartphone ini sudah dilengkapi internet berkecepatan 4G LTE, kamera 8MP, dan baterai 2630 mAh.

 

3. Sonim XP6

HP tahan air

Smartphone Sonim XP6 hanya satu dari beberapa smartphone bersertifikat IP69 yang tahan air dan tahan terhadap pasir ataupun debu.

Ponsel ini memiliki dua keypad, touch screen dan tombol navigasi fisik.

Kehebatan lain dari ponsel ini adalah Anda bisa menggunakan layar sentuh dengan lancar meski tangan Anda mengenakan sarung tangan tebal sekalipun. Selain itu, smartphone Sonim XP6 dengan baterai 4800 mAh mempunyai speaker bersuara sangat nyaring.

 

4. JCB Toughphone Pro-Smart TP909

HP tahan air 3

Namanya mungkin masih asing di kalangan para pecinta smartphone Android. Namun jika ditanya bagaimana daya tahannya, tak perlu diragukan lagi.

Memang spesifikasinya kurang mumpuni hanya dengan OS 2.3 Gingerbread dan RAM 512MB. Tapi, ponsel ini sudah sangat tangguh untuk para pendaki dan petualang di alam bebas.

 

5. Sonim XP1300

HP tahan air 4

Ponsel pintar lainnya yang cukup tangguh untukdiajak  berkegiatan di alam bebas adalah Sonim XP1300. Ponsel ini tahan di cuaca ekstrim.

Selain itu, Sonim XP1300 juga tahan air, tahan benturan, dan anti debu. Dilengkapi dengan layar Gorilla Glass, Radio, lampu senter.

Ketahanan baterai ponsel ini cukup tangguh. Ponsel ini bisa tahan 18 jam jika digunakan untuk telepon, dan tahan selama 800 jam dalam keadaan standby.