16 Film Perjalanan yang Tidak Membosankan Biarpun Ditonton Berkali-kali

Ghozali Qodratullah • June 14, 2016

Film bagi sebagian orang mampu memotivasi terhadap suatu hal, termasuk film traveling yang bertemakan perjalanan ke suatu tempat entah untuk mencari sesuatu hal yang jelas atau memang mencari ketidakjelasan yang menjadi tujuan. Film perjalanan dibuat berdasarkan novel atau memang atas imajinasi pembuat film tersebut, namun bila kita lihat akhir-akhir kini sering bermunculan film perjalanan yang muncul dari kisah nyata dengan alur cerita yang telah disesuaikan tanpa merubah inti dan tujuan perjalanan tersebut.

Film perjalanan tentu saja selalu memuat petualangan, walaupun bukan tentang petualangan hidup dan mati. Petualangan akan pencarian hal yang tidak ada di tempat yang biasa kita tinggali, akan memaknai beragam pesan hidup yang harus kita syukuri. Tak jarang pula ada adegan yang penuh aksi hingga isak sendu di akhir cerita.

Ada 16 film bertemakan perjalanan yang bisa kamu jadikan pembelajaran:

1. The Motorcylce Diaries (2004)

Film ini diangkat dari kisah nyata dua orang mahasiswa kedokteran yang memulai 5 bulan perjalanan menggunakan sepeda motor mengelilingi Amerika Selatan. Mereka menjadi sukarelawan untuk mengobati para penderita kusta di sepanjang sungai amazon. Film ini akan menginspirasi kamu bahwa hidup adalah sebuah anugerah yang harus tetap diperjuangkan dan disyukuri,

 

2. Secret Life Of Walter Mitty (2013)

Menceritakan Walter, seorang yang introvert, aneh dan foto editor pada majalah LIFE. Kehidupan nyatanya sangat membosankan, namun ia memiliki imajinasi yang baik. Sampai ketika pekerjaannya terancam, ia memutuskan untuk berpetualang seumur hidupnya. Melakukan perjalanan keliling dunia dari Islandia hingga Afganistan untuk mencari tantangan yang beresiko di setiap perjalananya. Pemandangan yang dijasikan dalam film ini akan membuat kita ingin mengujunginya, soundtrack yang dipakai pada film ini juga sangat pas dengan masing-masing kejadian. Film ini tepat bagi kamu yang rindu akan sesuatu yang lebih dari sekedar “hidup”.

 

3. A Map For Saturday (2007)

Sebuah dokumentasi perjalanan yang mengangkat seseorang yang keluar dari zona nyaman saat bekerja pada HBO. Ia berkeliling dunia selama satu tahun dan membaca ransel kesayangannya. Film ini menunjukkan cara yang berbeda untuk bepergian, serta memberikan sebuah gambaran jelas tentang perjalanan yang memakan waktu sangat lama. Kamu akan sangat merasakan pengalaman melakukan perjalanan pada level pribadi. Jika kamu belum pernah melakukan hal seperti ini, maka film ini akan menujukkan apa saja yang pengalaman yang bisa diperoleh. Hal yang menarik adalah semua orang bisa bepergian dengan murah bila mereka benar-benar menginginkannya.

 

4. 180 degress south (2010)

Film dokumenter tentang perjalanan sekelompok orang yang melakukan perjalan ke Patagonia. Mereka mengemas papan selancar serta peralatan mendaki mereka untuk kemudian berlayar menyusuri pantai Amerika Selatan. Mereka belajar tentang perlawanan terhadap industrialisasi dan kerusakan alam di dunia. Film ini menggambarkan apa yang dilakukan sekelompok orang tersebut untuk menghentikan hal tersebut. Pemandangan dalam film ini patut diacungi jempol, soundtrack yang juga meluapkan rasa emosi penonton. Jika kamu ingin menyaksikan film perjalanan dengan pesan yang kuat, maka film ini cocok untuk kamu.

 

5. The Way (2010)

Mengisahkan seorang ayah yang berjalan untuk mengenang anaknya yang baru meninggal dunia. Kisah yang sangat indah dan sangat menginspirasi para penonton. Karakter yang muncul dalam film ini sangatlah kuat, sehingga bisa membawa kamu seakan memilki sudut pandang yang sama ketika menonton film ini.

 

6. How Much Further (Que Tan Lejos) (2006)

Film ini berlokasi di Ekuador, menceritakan Esperanza dan Triesteza yang mencoba untuk pergi ke kota Cuenca. Kedua gadis memiliki asal yang berbeda, namun keduanya saling bertutur latar belakang. Muncul seseorang yang mencoba untuk mengevaluasi tujuan dari perjalanan yang sedang mereka lakukan tersebut. Film ini memberikan sebuah gambaran kehidupan yang sangat dekat tentang ekuador, juga didukung oleh pemandangan yang indah.

 

7. In July (2000)

Film yang menceritakan perjalanan melintasi Eropa Timur, yang memberikan beragam kejadian saat traveling. Mulai dari dirampok, berenang mencuri mobil, dipenjara, berkelahi, kabur, menyuap penjaga perbatasan hingga sampai pada tujuan akhirnya. Seperti pada kebanyakan perjalanan, selalu muncul pribadi yang baru bagi setiap orang yang telah melakukan traveling.

 

8. L’auberge Espagnole (The Spanish Apartement) (2002)

Seseorang yang mendapatkan kesempatan pertukaran pejalar di Barcelona. Sebelumnya dia tidak memiliki pengalaman terhadap dunia luar, dan dia harus tinggal dengan siswa internasional di sebuah apartemen. Dia belajar untuk hidup bersama 6 orang teman sekamarnya yang berasal dari berbagai negara. Pertualangan yang dirasakannya akan membuka matanya tentang kemungkinan dalam hidup yang bisa terjadi. Film ini terlihat nyata tanpa meninggalkan unsur komedinya.

 

9. The Darjeeling Limited (2007)

Film ini menceritakan 3 orang kaya yang memiliki masalah terhadap hubungan antara satu sama lain. Tujuan mereka melakukan perjalanan ini adalah untuk memperbaiki hubungan mereka. Ada banyak sekali kejadian gila dan tindakan nekat yang mereka lakukan. Pada akhirnya mereka bisa memperbaiki hubungan mereka dan menjadi seorang pria. Film ini diambil dengan sinematografi yang menarik, tentunya akan membuat kamu ingin mengunjungi india.]

 

10. Lost in Translation (2003)

Dua orang traveler yang bertemu ketika berada di Tokyo, lalu menjalin sebuah persahabatan untuk mengatasi beragam rasa canggung ketika berada di kota yang asing bagi mereka. Akan ada banyak sekali hal menarik yang bisa Kamu dapatkan ketika menonton film ini, sebuah rasa tentang sebuah keadaan di mana kamu merasa asing terhadap hal yang tempat kamu berada sekarang.

 

11. Into the Wild (2007)

Kisah nyata yang dialami oleh Christopher McCandless. Dia bertemu beragam jenis orang sepanjang perjalanannya dengan masing-asing kisah mereka. Hidupnya diisi oleh petualangan dan pengalaman yang tidak terduga. Pengalaman yang indah dan buruk membuat kamu tahu siapa dirimu. Perjalanan dalam waktu yang lama membuat kamu mendapatkan pengalaman baru yang tak terkira jumlahnya.

 

12. The Wild (2014)

Film ini menceritakan seorang wanita yang melarkan diri dari kehidupan masa lalunya yang penuh dnegan pengabaian terhadap perhatian yang ia dapatkan. Melakukan perjalanan selama lebih dari 90 hari dengan berjalan kaki untuk mengusir rasa bersalah selama hidupnya. Berbekal tas carrier berukuran jumbo dan buku panduan, ia nekat untuk melakukan perjalanan ini sendirian, namun juga bertemu dengan beberapa orang yang masing-masing memberikan sebuah rasa takut dan rasa bahagia.

 

13. Seven Years in Tibet (1997)

Mengisahkan seorang pendaki Austria yang berniat untuk menapaki puncak Himalaya pada tahun 1939. Dia ditangkap dan dikirim ke sebuah penjara, lalu ia berhasil kabur bersama seseorang. Keduanya berasal dari dunia yang berbeda, namun mereka saling belajar satu sama lainnya. Film ini akan memberitahu bahwa sebuah perjalanan penuh petualangan akan merubah hidup kamu.

 

14. Encounters At The End Of The World (2008)

Sebuah film yang menakjubkan sekaligus lucu tentang manusia dan hewan yang tinggal di Antartika. Jika kamu menyaksikan Discovery Channel, biasanya tampilan gambar yang disajikan sangatlah berbeda dan terlihat bersih. Film ini cocok bagi kamu yang ingin mengetahui Antartika lebih lanjut.

 

15. Up (2009)

Film kartun ini sarat dengan beragam kisah petualangan yang dilakukan olah seorang Pria tua terjepit diantara pertumbuhan kota. Dibantu oleh seorang anak pramuka, mereka mengalami beragam petualangan yang akan membuat kamu tersedot dengan beragam impian dan imajinasi. Pemandangan yang dimunculkan walaupun animasi, tapi ada yang menyerupai di beberapa Taman Nasional negeri. Humor serta ketegangan dalam film ini membuat kamu bisa menontonya bersama beragam kalangan usia. Film kartun biasanya memuat akhir yang bahagia, namun pada film ini tidaklah seratus persen berakhir bahagia.

 

16. Blue Skies, Green Waters, Red Earth (2013)

Kasi dan Suni berkendara dari Kerala ke Nagaland untuk mencari kekasih dari Kasi. Dalam perjalananya mereka menjadi orang yang berbeda dari kehidupan mereka yang biasanya. Kamu akan terbawa dalam kegiatan petualangan mereka yang pernuh dengan drama, cinta dan persahabatan.

****

Mungkin cara paling cepat untuk merasakan sebuah pengalaman traveling adalah dengan menonton film perjalanan yang berkualitas. Menyaksikan dengan orang yang berkualitas pula akan membawamu pada diskusi dan rencana tentang perjalanan yang akan menanti kamu. Maka mulailah untuk menyusun skenario hidupmu sendiri, seolah kamu sedang bemain dalam film milikmu sendiri.

Adakah film perjalanan yang menurut kamu paling berkesan yang pernah kamu tonton?

Baca Juga :


Bosan foto-foto pemandangan doang waktu jalan-jalan? Kamu perlu coba fotografi jenis ini



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait