7 Festival Unik Dunia yang Perlu Kamu Datangi Sekali Seumur Hidup

Tinggal pilih nih! Mau ke Thailand, India, atau Amerika?

Wike Sulistiarmi • November 24, 2016

Setiap traveler memiliki kebiasaan traveling yang berbeda-beda, termasuk tempat tujuan dan gaya perjalanan. Kalau saya sih lebih suka traveling di Indonesia saja (soalnya tabungan masih sedikit), mungkin beberapa orang memiliki kesamaan dengan gaya traveling saya, tapi ada juga traveler yang suka traveling ke luar negeri.

Bagi kamu yang sudah atau akan ke luar negeri, sebaiknya jangan melewatkan 7 festival dunia yang unik dan recommended banget untuk kamu datangi.

Festival lempar tomat di Spanyol

festival dunia

Kamu bisa melempar tomat ke siapapun sampai puas. Sumber foto

Festival yang diberi nama La Tomatina ini diselenggarakan setiap bulan Agustus di kota Buñol, Spanyol. Pada tahun 2015, sekitar  120 ton tomat dipasok oleh pemerintah setempat untuk memeriahkan festival lempar tomat ini. Keseruan festival ini bahkan membuat para turis rela datang ke kota Buñol hanya untuk mengikuti festival ini.

Jika kamu ingin mengikuti festival ini, kamu bisa membuka website La Tomatina Festival di sini untuk booking trip dengan harga mulai dari 109 euro.

Festival Holi di India dan Bangladesh mengajak turis untuk bersenang-senang dengan tepung warna-warni

festival dunia

Kamu akan diajak menari dan menyanyi di antara warna-warni. Sumber foto

India dan Bangladesh merupakan negara yang masyarakatnya mayoritas beragama Hindu. Festival Holi merupakan perayaan yang sering dirayakan oleh penganut Hindu di awal musim semi.

Dalam festival ini, kamu akan diajak untuk menari, menyanyi, melemparkan tepung berwarna-warni, dan bersenang-senang. Festival ini biasanya ramai dilakukan di kota Mumbai atau Delhi. Jika ingin tahu lebih banyak mengenai festival ini, kamu bisa membuka website official pariwisata India di sini.

Songkran Festival di Thailand mengajak turis bermain air di jalanan

festival dunia

Mandi air nih! Sumber foto

Festival Songkran merupakan festival untuk memperingati tahun baru di Thailand. Biasanya festival ini jatuh di bulan April dimana Thailang memiliki suhu yang sangat panas. Hingga akhirnya oarang-orang merayakan tahun baru dengan menyemprotkan air ke orang-orang.

Kebiasaan ini sudah 15 tahun terjalani, hingga menjadi sebuah festival yang sering dinantkan oleh orang-orang.

Terbang di Festival balon udara di Amerika

Naik balon udara! Sumber foto

Naik balon udara! Sumber foto

Festival balon udara di Amerika sering disebut Albuquerque International Balloon Fiesta  merupakan festial yang dilakukan di New Mexico, Amerika Serikat pada awal bulan Oktober.

Kamu akan merasakan langsung naik balon udara dan melihat Amerika dari ketinggian. Hem.. mau coba?

Memadati Meksiko dengan kostum tengkorak

festival dunia

Mirip hantu, ya!? Sumber foto

Satu lagi festival yang sangat unik di dunia, yaitu festival Dia de Los Muertos atau biasa disebut dengan Day of the Dead. Di festival ini, peserta akan mengenakan kostum tengkorak dan berdandan ala orang mati.

Pada awal bulan November, orang-orang Meksiko memperingati kematian keluargannya dengan festival Day of The Dead.

White Nights Festival Di Rusia

festival dunia

Kembang api menghiasi langit Rusia. Sumber foto

Malam penuh kembang api adalah hal yang identik dengan festival white night di Rusia. Selain dimeriahkan dengan kembang api, di festival ini, kamu akan melihat berbagai atraksi, mulai dari tarian, ballet, pertunjukan musik, dan opera.

Pokoknya super meriah, deh!  Nggak salah jika kamu ke Rusia tahun ini dan mengikuti festival ini.

Keseruan Running of The Bulls di Italia

festival dunia

Banteng menerjang para peserta festiaval. Sumber foto

Italia memiliki festival unik di negaranya, yaitu berlari dari para kawanan Banteng di dalam kota. Agak lucu ya, memang. Tapi, ini adalah kebiasaan orang Italia di setiap tahunnya.

Jika kamu takut dikejar banteng, kamu bisa menonton di pinggir-pinggir tralis untuk menghindari serangan banteng ini. Keseruan festival ini akan terasa ketika banteng mulai dilepaskan dari kandang dan mengejar para peserta festival yang mengenakan kaos putih dengan sleyer warna merah.