Berwisata ke Wat Rong Khun Thailand Kini Dipungut Biaya

Sejak 1997 berwisata ke Wat Rong Khun memang gratis. Tapi, mulai 1 Oktober akan dikenakan biaya masuk. Berapa harganya ya?

Wike Sulistiarmi • October 4, 2016

Kuil di Thailand, Wat Rong Khun yang dikenal sebagai tempat ibadah  dan berwisata gratis, kini ada biaya tiket masuknya. Kuil yang memiliki julukan White Temple atau kuil putih ini memang sering menjadi tujuan wisata para turis lokal dan mancanegara.

Wat Rong Khun

Foto berasal dari boredpanda.com

Alasan mengapa ada pemungutan biaya masuk ke Wat Rong Khun

Kuil yang didesain megah oleh Chalermchai Kositpipat dan telah dibuka sejak tahun 1997 ini memang tidak pernah memungut biaya masuk kepada para pengunjung. Kemegahan dan biaya masuk yang gratis ini menjadi alasan mengapa Wat Rong Khun sangat diminati oleh para turis.

Dilansir dari Bangkok Post, biaya masuk ini akan hitung mulai 1 Oktober 2016. Harga tiket masuk 50 bath atau Rp 18 ribu per orang. Setelah membayar biaya masuk, pengunjung akan mendapatkan tas dan brosur yang berisi informasi mengenai Wat Rong Khun.

Biaya masuk sebesar Rp 18 ribu hanya untuk turis mencanegara

Biaya masuk ini berlaku hanya untuk para turis mancanegara. Bagi pengunjung lokal, berwisata ke Kuil Putih masih tidak dikenakan biaya, alias gratis.

Biaya yang dikenakan kepada para turis ini digunakan oleh pengelola untuk pemeliharaan kuil. Meskipun selama ini Chalermchai Kositpipat mendapatkan biaya pemeliharaan Wat Rong Khun dengan kerja sama manajemen yang telah ada. Para manajemen mengusulkan untuk membuat sistem keuangan mandiri dengan memungut biaya kepada para pengunjung.

Usul inipun disetujui dan mulai dilakukan pemungutan biaya mulai 1 Oktober ini.

***

Eksistensi White Tempel ini memang sangat bagus di mata para turis, bahkan dalam setahun mampu menarik para turis hingga mencapai satu juta pengunjung.

Di sekitar White Tampel, para pengelola memang menjual suvenir dan foto kuil untuk mendapatkan biaya pemeliharaan, namun tak banyak turis yang membelinya. Namun, dengan adanya sistem baru ini, para pengelola tidak perlu khawatir jika suvenir tidak laku, karena masuk ke White Temple kini sudah tidak gratis lagi.


Tinggalkan Komentar

Komentar