Beginilah Wujud Jembatan Tertinggi di Dunia

8 dari 10 jembatan tertinggi di dunia berasal dari China

Echi • January 3, 2017

China akhirnya berhasil mewujudkan ambisinya untuk membangun jembatan tertinggi dunia. Sukses ini pun menorehkan fakta bahwa 8 dari 10 jembatan tertinggi dunia dibangun di China. Baipanjiang Bridge, jembatan setinggi 1837 kaki atau setara 565 meter ini telah selesai dibangun pada Sabtu, 31 Desember 2016 lalu.

Baru saja dibuka, Baipanjiang Bridge mampu menarik perhatian netizen dunia. Berikut fakta-fakta di balik pembangunan jembatan Baipanjiang.

Fakta pertama, pemerintah China butuh waktu 3 tahun membangun jembatan ini

jembatan-tertinggi2

Melansir dari dailymail.co.uk, jembatan ini dibangun oleh para ahli jembatan dari China selama 3 tahun. Pada Sabtu, 31 Desember 2016 lalu, jembatan ini telah berhasil diselesaikan.

Secara keseluruhan, jembatan ini memakan biaya sebesar 120 juta Euro atau setara 1,7 triliun rupiah

jembatan-tertinggi1

Ambisi menyelesaikan proyek jembatan tertinggi dunia ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan kegigihan para pekerja dan tangan dingin para ahli, jembatan tertinggi dunia ini selesai juga.

Jembatan Beipanjiang (The Beipanjiang Bridge) menghubungkan dua provinsi terjauh di China, Provinsi Yunnan dan Guizhou

jembatan-tertinggi12

Dibangunnya Beipanjiang Bridge ini tentu semakin memudahkan mobilitas warga Yunnan dan Guizhou.

The Beipanjiang Bridge dibangun di antara dua gunung setinggi 1627 kaki

jembatan-tertinggi8

Tidak hanya tinggi. Jembatan ini tawarkan keindahan pemandangan gunung khas China. Siapapun yang melewatinya akan dibuat takjub.

Sekarang, jembatan ini pun menjadi bagian dari jalan raya perbatasan China dan Myanmar

jembatan-tertinggi7

Jembatan ini menghubungkan jalan raya di Hangzhou, provinsi bagian selatan China dengan Ruili, daerah perbatasan China-Myanmar.

Nama Beipanjiang Bridge diambil dari nama Sungai Beipan yang melintas di bawah jembatan

jembatan-tertinggi9

Foto sungai yang melintas di jembatan ini adalah Sungai Beipan. Jembatan Beipanjiang berdiri kokoh dengan lebar 720 meter.

Pemandangan di sekitar jembatan sangat memukau

jembatan-tertinggi10

Karena berdiri di antara gunung dan pegunungan hijau, jembatan ini tawarkan pengalaman berkendara yang tidak biasa. Lihatlah, bukit-bukit hijau di foto itu, indah bukan?

Proyek jembatan tertinggi di dunia ini pun akhirnya memenuhi ambisi pemerintah dengan 8 jembatan tertinggi dunia berlokasi di China

jembatan-tertinggi13

Melansir dari Highestbridges, 8 dari 10 jembatan tertinggi di dunia berasal dari China. Sedangkan 2 lainnya berasal dari Papua New Guinea (Hegigio Gorge Pipeline Bridge) dan Meksiko (Baluarte Bridge).

Kalau takut ketinggian, sebaiknya jangan melihat ke bawah jembatan

jembatan-tertinggi3

Beginilah keadaan bawah jembatan jika di lihat dari atas.

***

China selalu sukses menarik perhatian netizen dengan karya-karyanya yang memukau. Sebelum The Beipanjiang Bridge, netizen dihebohkan dengan jembatan terpanjang di dunia. Lagi-lagi berasal dari China.


Tinggalkan Komentar

Komentar