Kamu Harus Tahu Aturan Check-in dan Boarding Pass Kereta Api

Echi • September 19, 2016

tiket kereta api

Foto berasal dari sini

PT KAI telah mengeluarkan kebijakan “check in” dan “boarding pass”. Meski peraturan sudah cukup lama diterapkan, namun kenyataannya masih banyak yang belum tahu aturan tersebut.

Beberapa hari lalu, saat saya hendak ke Jakarta menggunakan kereta, masih terlihat satu dua orang yang terlihat kebingungan termasuk saya. Untungnya petugas stasiun tersebar di berbagai titik untuk menjelaskan kepada para calon penumpang yang masih awam.

Pesan tiket di mana saja boleh, asalkan menyimpan kode bookingnya

Kamu bisa pesan tiket kereta di padiciti, utiket, tiket.com, indomart, tiket.kereta-api.co.id, dan banyak lagi. Kalau saya, lebih nyaman memesan tiket di web www.tiket.kereta-api.co.id. Pihak tiket.kereta-api.co.id menyediakan banyak pilihan pembayaran.

Nggak cuma dibayar via kartu kredit atau pun debit, namun juga bisa dibayarkan di indomart. Keuntungan lainnya, kita bisa memilih kursi kereta. Mau di dekat jendela ataupun di pinggir lorong boleh. Setelah memesan tiket, simpan baik-baik kode booking tiketnya. Jangan sampai hilang.


Baca juga:


Check in mandiri dilakukan mulai 12 jam sebelum keberangkatan

Kamu akan diminta memasukan kode booking untuk melakukan check in mandiri di mesin CIM (check in mandiri) yang tersedia di stasiun keberangkatan. Jika data valid, mesin CIM akan mencetak boarding pass yang berwarna orange (bukan biru).

Proses pencetakan boarding pass lebih cepat daripada cetak tiket mandiri

Bila cetak mandiri membutuhkan waktu 15-17 detik, maka mesin cetak boarding pass hanya butuh waktu 2-3 detik. Sangat cepat dan efektif bukan?

Yang perlu digarisbawahi, cetak boarding pass hanya bisa dilakukan di stasiun keberangkatan.

Penumpang bisa memasuki boarding gate 1 jam sebelum jam keberangkatan

Pemberlakuan check in dan boarding pass memang lebih efektif dan efisien. Penumpang hanya diperbolehkan masuk boarding gate 1 jam sebelum keberangkatan dengan menunjukan boarding pass dan kartu identitas pribadi.

Jika sudah terlanjur cetak tiket mandiri (tiket warna biru), kamu pun harus tetap mencetak boarding pass (berwarna orange)

Umumnya, calon penumpang yang belum paham sistem  check in dan boarding pass kereta api masih menggunakan tiket kereta mandiri yang berwarna biru. Nah, ini yang harus kamu tahu, meski sudah punya tiket mandiri, kamu tetap harus mencetak boarding pass.

***

Sistem check in dan boarding pass yang hanya bisa dilakukan di stasiun keberangkatan dapat menghindarkan peredaran tiket palsu. Penerapan sistem ini pun bisa meningkatkan ketertiban, keamanan, dan kenyamanan penumpang.


Bingung membuat judul untuk tulisan di blogmu? Tonton ini



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait