7 Alasan Mengapa Traveler Harus Menggunakan Asuransi Perjalanan

Sophie Maya • March 9, 2016

pentingnya-asuransi-perjalanan

CC Flickr 2.0 Got Credit

Kamu hobi traveling namun belum memiliki asuransi perjalan? Wah, sayang sekali kalau begitu!

Meski masih dianggap sepele orang sebagian besar traveler  Indonesia, namun sebenarnya asuransi perjalanan amat diperlukan ketika bepergian terutama ke luar negeri. Sebab asuransi perjalanan memiliki banyak sekali keuntungan yang dapat menjamin keselamatan serta kenyamanan traveling.

Jika masih ragu, coba perhatikan beberapa hal berikut ini, mengapa traveler sepertimu lebih baik menggunakan asuransi perjalanan:

1. Mendadak, Penerbangan Ditunda

Karena pesawat ditunda penerbangannya atau malah justru dibatalkan. Bukan saja bisa membuat kesal, tapi juga timbul kerugian waktu bahkan sampai materi. Namun jika kamu memakai asuransi perjalanan, kamu tak perlu khawatir. Sebab asuransi perjalanan akan memberi pertanggungan jika kamu terjebak dalam kondisi seperti itu.

Jika ada keterlambatan yang di luar kendali kamu seperti pemogokan, cuaca buruk, dan kerusakan mekanis, penutupan bandara, dan lain-lain maka asuransi perjalanan akan memberi perlindungan agar kamu tak mengalami kerugian. Masa keterlambatan asuransi perjalanan beragam, ada yang 6 jam ada pula yang 12 jam.

2. Kehilangan Barang

Kamu tentu masih ingat kejadian yang sempat heboh di dunia maya beberapa waktu lalu saat petugas sebuah maskapai penerbangan mencuri barang-barang bagasi milik penumpang?

Kejadian tersebut tentu membuat rasa takut jikalau barang bawaan kita hilang. Namun dengan asuransi perjalanan, tak perlu cemas. Sebab jika barangmu rusak, hilang, atau mengalami keterlambatan akan mendapatkan perlindungan bahkan penggantian jika benar-benar perlu. Tidak hanya barang yang di bagasi, namun juga barang yang dipakai.

3. Sakit Selalu Datang Tanpa Diundang

Kamu sedang asyik-asyiknya traveling, tapi tahu-tahu sakit atau mengalami kecelakaan. Hal itu tentu tak ada dalam perencanaanmu.

Jika kamu tak membawa uang lebih, kamu tentu akan kebingungan. Namun dengan menggunakan asuransi perjalanan, masalah perawatan serta obat-obatan selama di rumah sakit akan ditanggung. Bahkan sudah termasuk biaya evakuasi dan bantuan layanan darurat selama 24 jam.

4. Keringanan yang Didapat Keluarga

Hal-hal terburuk yang bisa terjadi saat traveling sangatlah banyak dan tak bisa ditentukan kapan datangnya.

Ketika hal paling buruk menimpamu, seperti kematian, maka asuransi perjalanan akan merekomendasikan beberapa penawaran; yaitu biaya pemulangan jenazah, biaya kremasi, atau penguburan di lokasi tempat kematian terjadi.

Wakil Direktur Utama Asuransi Umum Pan Pasific, Junaidi, mengatakan bahwa asuransi perjalanan dapat meringankan pihak keluarga peserta asuransi karena biaya-biaya resiko yang ditanggung seluruhnya bisa dialihkan ke pihak asuransi.

Tentunya kamu tak menjadi beban orang-orang yang kamu sayangi, bukan?

5. Dokumen Perjalanan Hilang

Sematang apapun perencanaan, namun ada kalanya kita ketiban sial. Seperti misal, paspor tahu-tahu hilang! Padahal itu adalah hal yang paling penting, tanpa itu kamu tak bisa ke mana-mana.

Tetapi tenang saja, sebab asuransi perjalanan akan membayarkan biaya penerbitan kembali paspor, tiket atau dokumen perjalanan lainnya yang hilang karena pencurian atau bencana alam ketika kamu berada di luar negeri, selama jangka waktu pertanggungan.

6. Perlindungan Rumah Atau Tempat Tinggal

Tidak hanya melindungi diri dan barang bawaan, asuransi perjalanan juga bisa memastikan perlindungan terhadap rumah atau tempat tinggalmu selama kamu pergi.

Hal ini sangat bermanfaat jika kamu tengah traveling satu keluarga, sehingga rumah dibiarkan kosong. Harta benda berikut rumah pun bisa dilindungi oleh pihak asuransi demi mencegah  terjadinya pencurian ketika kamu sekeluarga tak berada di rumah.

7. Traveling ke Negara Visa Schengen

Jika kamu ingin traveling ke negara-negara sekitar Uni Eropa, kamu harus mengajukan Visa Schengen. Visa ini digunakan agar kamu bisa melakukan penjelajahan dari satu negara ke negara lain dengan bebas, selama negara itu masuk dalam daftar perjanjian Visa Schengen. Berlakunya selama 90 hari per enam bulan. Negara-negara itu nantinya akan dianggap sebagai satu negara saja. Traveling pun lebih praktis karena tak perlu repot membuat jalur visa jika ingin pindah negara. Sampai saat ini ada 26 negara yang tergabung dalam Visa Schengen, 22 di antara dari Uni Eropa seperti Austria, Belgia, Denmark, Portugal, Polandia, dan lain-lain.

Namun syarat untuk membuat Visa Schengen adalah, kamu harus memiliki asuransi perjalanan di samping dokumen-dokumen lainnya. Jika tidak, maka permintaanmu mengajukan visa akan ditolak.

***

Demikian keuntungan-keuntungan jika seorang traveler sepertimu punya asuransi perjalanan. Namun perlu diingat bahwa asuransi perjalanan tak menanggung kerugian karena terorisme, bunuh diri, penyakit AIDS, penggunaan alkohol dan narkoba, maupun kerusuhan karena konflik politik atau revolusi.

Jadi sebelum traveling, kenali dulu negara yang ingin dituju dan juga jangan bertingkah aneh-aneh saat traveling ya! Semoga dengan asuransi perjalanan kegiatan traveling-mu jadi aman, nyaman, dan bebas!


Sering bingung mencari ide menulis? Simak bagaimana cara Windy Ariestanty mencari ide kreatif



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait