7 Aktivitas yang Bisa dilakukan di Lereng Kelir, Jawa Tengah

Berani mencoba 7 keseruan ini di Lereng Kelir?

Wike Sulistiarmi • December 27, 2016

Libur akhir tahun rasanya tidak lengkap jika tidak dimanfaatkan untuk traveling. Meskipun akhir tahun identik dengan destinasi yang ramai dengan pengunjung, namun ada satu spot seru di Jawa Tengah bernama Lereng Kelir yang dipastikan tidak akan seramai destinasi wisata lainnya.

Lereng Kelir berada di Desa Brangkol, Kecamatan Jambu, Ambarawa. Wisata Lereng Kelir ini masih tergolong baru dan bisa dijamin di akhir tahun mendatang tidak begitu banyak wisatawan yang memadati Lereng ini.

Alasan mengapa saya merekomendasikan mengunjungi Lereng Kelir di libur akhir tahun adalah karena 7 aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di lereng ini.

Di Puncak Lereng Kelir terdapat dua spot khusus untuk berfoto dengan pemandangan yang istimewa

Foto by Official Fanspage Wisata lereng kelir

Foto by Official Fanspage Wisata lereng kelir

Di Lereng Kelir ada dua spot khusus yang dibuat untuk berfoto para wisatawan. Spot ini terbuat dari bambu yang dibuat menjorok di pinggir tebing. Meskipun wisatawan ditantang untuk berpose dipinggir tebing, namun banyak wisatawan yang melakukannya karena keindahannya.

Sebelum sampai ke puncak, kamu akan ditantang untuk melakukan hiking ± 2 jam

lereng kelir

Photo by Imastuti

Di hari libur Natal kemarin, saya kebetulan sengaja melakukan perjalanan ke Lereng Kelir. Saya baik pukul 5 sore dan sampai di punckanya pukul 7 malam. Perjalanan memang cukup lama karena jalur menuju ke puncak memang lumayan terjal. Apalagi saat itu saya membawa peralatan camping yang cukup berat untuk saya bawa hingga puncak.

Bagi kamu yang suka tantangan, ini adalah aktivitas yang cocok untuk kamu.

Di Lereng Kelir terdapat spot untuk camping yang cukup luas

lereng kelir

Photo by Imastuti

Puncak Lereng Kelir memiliki daerah yang cukup luas dan datar yang cocok untuk membangun tenda. Kebetulan ketika saya camping di sini terdapat cukup bayak wisatawan yang sedang camping. Jika dihitung-hitung ada sekitar 70-an orang yang melakukan camping. Meskipun terlihat banyak, namun tempat camping masih terlihat longgar.

Masak-masak di Lereng Kelir dengan menu sederhana

lereng kelir

Foto adalah dokumentasi penulis

Masak adalah hal yang saya sukai. Kegiatan ini bisa dilakukan di Lereng Kelir. Memasak menjadi kegiatan pelengkap bagi kamu yang sekalian ingin mencoba datang ke Lereng Kelir.

Berfoto di Hutan Pinus didekat Puncak Lereng Kelir

lereng kelir

Photo by Imastuti

Terletak di dekat Puncak Lereng Kelir, Hutan Pinus ini menambah suasana yang berbeda dari puncak-puncak Gunung di Indonesia.

Hutan pinus ini bisa menambah deretan spot berfoto yang cukup indah. Dari hutan pinus ini, kamu bisa melihat langsung pemansangan Gunung Ungaran dengan Jelas.

Melihat keindahan pagi dan siluet perbukitan dan Gunung di Jawa Tengah

lereng kelir

Photo by Imastuti

Lereng Kelir berada di tengah-tengah pegunungan di Jawa. Jadi, ketika matahari mulai terbit, para wisatawan akan disajikan pemandangan yang sangat istimewa, yaitu siluet pegunungan.

Kamu bisa bangun lebih pagi untuk melihat keindahan alam di Lereng Kelir seperti dalam gambar di atas.

Meskipun di malam hari Puncak Lereng Kelir sangat gelap, namun lampu-lampu terlihat sangat indah dari Puncak

lereng kelir

Photo by Imastuti

Di malam hari, Lereng Kelir akan dimandikan dengan cahaya lampu. Wisatawan tidak akan mati bosan ketika berada di Lereng Kelir. Pemandangan malampun tetap indah.

***

Harga tiket masuk ke Lereng Kelir dibanderol Rp 5 ribu di hari  biasa dan Rp 7 ribu di weekend. Ini belum termasuk parkir. Harga yang murah untuk mendapatkan sederet keseruan yang bisa dilakukan di satu tempat.


Tinggalkan Komentar

Komentar