Sudah Nonton Video Ski Red Bull di Iran? Ternyata, Kamu Juga Bisa Melakukannya di Tempat-tempat Ini!

Jika main ski terlalu sulit, coba main sandboarding saja!

Echi • December 22, 2016


Sudah tonton video atlet RED BULL yang menuruni lereng gunung pasir di Iran? Keren kan? Tidak sembarang orang bisa lakukan olahraga ekstrem tersebut. Hanya atlet profesional yang bisa menuruni lereng-lereng gunung pasir yang curam.

Saat merekam video tersebut, gurun yang terdapat di Qeshm Island, Iran berada pada suhu 35 derajat Celsius. Gunung berpasir yang curam, suhu udara yang panas, cukup membuat Fabian Lentsch dan kedua rekannya merasa rasa takut.

Meski tekstur lereng pasir yang cenderung keras dan kering, namun mereka mengaku bermain ski di Qeshm Island merupakan hal menantang dan menakjubkan. Kamu juga bisa lho berseluncur di atas pasir seperti mereka.

Sebagai pemula, daripada bermain ski, kenapa tidak menjajal sandboarding? Pilihlah gurun pasir yang tidak begitu ekstrem. Asia Tenggara memiliki beberapa pilihan sand dunes atau gumuk pasir yang keren. Misalnya,

White and Red Sand Dunes di Mui Ne Vietnam

Kalau ada kesempatan buat jalan-jalan ke Vietnam, White and Red Sand Dunes di Mui Ne ini harus masuk dalam daftar destinasi kunjungan selain Halong Bay, Hanoi. Siapa sangka Vietnam punya sand dunes atau gumuk pasir yang keren banget. Lihatlah gambar berikut ini,

sandboarding-indonesia2

Red Sand Dunes di Mui Ne Vietnam – Sumber foto

Foto di atas adalah penampakan red sand dunes di Mui Ne. Jika Red Bull bermain ski, Kamu mungkin bisa menjajal permainan sandboarding. Lihat deh, wisatawan begitu menikmati bermain sandboarding atau mungkin lebih pas kalau disebut main “prosotan”. Seru banget!

sandboarding-indonesia

White Sand Dunes di Mui Ne Vietnam – Sumber foto

Selain Red San Dunes, ada juga White Sand Dunes. Yang membedakan hanya warna pasirnya saja. Kamu tertarik ingin mencoba berselancar di atas pasir tapi Vietnam terlalu jauh? Indonesia juga punya! Beneran, coba deh main-main ke Jogjakarta!

Jogjakarta punya Gumuk Pasir Parangkusumo buat seru-seruan main sandboarding

sandboarding-indonesia

Nadine Candrawinata juga main sandboarding di sini lho. Sumber foto

Gumuk Pasir Parangkusumo nggak kalah keren dengan White and Red Sand Dunes Mui Ne Vietnam. Bersiaplah meluncur dari atas gundukan-gundukan pasir setinggi 5 – 7 meter. Pemandangan gurun pasir yang luas membentang terlihat sangat cantik dengan ukiran-ukiran alami yang tertoreh di atasnya.

Kalau jatuh gimana? Yang namanya jatuh pasti ada rasa sakitnya, termasuk jatuh cinta. Sakitnya juga nggak akan lama kok. Biarkan tubuhmu terjatuh dan kotor berlumur pasir. Karena justru di situlah serunya bermain sandboarding!

Bosan dengan Gumuk Pasir Parangkusumo? Main ke Gunung Bromo saja

Mungkin Kamu sudah terlalu sering main di Gumuk Pasir Parangkusumo atau sebaliknya Jogjakarta terlalu jauh buat Kamu yang tinggal di daerah Jawa Timur, nah coba deh main sandboarding di Gunung Bromo.

Selama ini Gunung Bromo populer dengan padang sabana dan pasir berbisiknya. Kamu bisa manfaatkan gundukan pasir di Gunung Bromo untuk bermain sandboarding. Siapkan papan selancar. Nggak harus beli yang mahal, Kamu bisa pakai papan selancar yang digunakan di Red and White Sand Dunes Mui Ne, Vietnam.

***

Tadinya, kepikiran buat main sandboarding di pasir Gunung Merapi. Sepertinya bakal seru bermain prosotan Merapi pakai papan selancar. Tapi, setelah baca aturan-aturan pendakian di tahun 2017 yang wajib dipatuhi pendaki, saya urungkan rencana tersebut.


Tinggalkan Komentar

Komentar