9 Surga Tersembunyi Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur

Ini dia, beberapa surga tersembunyi Pulau Sumba yang masih belum banyak orang tahu.

Wike Sulistiarmi • August 3, 2016

Nusa Tenggara Timur kini mulai memperlihatkan wajah kepada dunia setelah Pulau Komodo dikomersialkan dalam ajang Seven Wonders dunia. Meskipun belum terpilih sebagai tujuh keajaiban dunia, nyatanya menjadi nominasi di ajang dunia memberikan pengaruh besar pada pariwisata Pulau Komodo.

Namun, dari seluruh gugusan kepulauan NTT, tak semua pulau terekspos dengan baik. Masih banyak surga tersembunyi NTT yang masih belum banyak wisatawan yang tahu, contohnya pulau Sumba. Berikut ini 6 surga tersembunyi Pulau Sumba yang jarang orang tahu,

1. Bukit Warinding, Bukit ala film-film India

 

A photo posted by Cynthia Vicario (@cynthiavicario) on

Bukit anggun dengan formasi vegetasi yang sangat luas ini terletak di Desa Pambota Jara, Kecamatan Pandawai. Hanya butuh waktu sekitar 30 menit dari Sumba Timur untuk sampai ke bukit ini.

2. Menemukan Desa Adat Rende, perkampungan dengan kebudayaan Sumba yang kental

sumba

Begini nih indahnya Desa Adat Rende yang terkenal dengan atap rumahnya yang tinggi menjulang. Foto berasal dari travellie.com

Saat ini, menemukan rumah adat yang masih terjaga dengan baik pastilah tidak mudah. Di Sumba Timur, kamu akan menemukan aksen yang masih natural dari rumah warganya.

Amazing banget kalau kamu menyaksikannya secara langsung.

3. Danau Weekuri, gradasi alam yang sunyi

 

A photo posted by JASON ARIEL (@jasonariel_) on

Kesunyian yang selama ini kamu cari dalam perjalananmu bisa kamu temukan di danau ini. Tempat ini juga cukup jarang ada jejak bekas keberasaan para turis. Tak seorangpun pengganggu datang untuk mengusikmu ketika berada di danau Weekuri.

Letaknya di Sumba Barat Daya, hanya akan membuatmu merasakan perjalanan sekitar  satu setengah jam dari Ibu Kota Kabupaten Sumba Barat.

4. Kain Tenun yang melegenda

 

A photo posted by Steve Wirawan (@steve.wirawan) on

Kain tenun yang terkenal di Sumba adalah kain tenun ikat. Bagi masyarakat Sumba, selain berfungsi sebagai pakaian adat saat upacara kematian, maupun pernikahan. Selain itu,  kain tenun ikat ini juga bisa menandakan sebuah tingkat sosial. Warga akan tahu status seseorang saat melihat kain ikat yang dikenakannya.

Kampung Kaburu, Kecamatan Kambera, Sumba Timur adalah para pengrajin kain tenun ikat yang masih beroprasi. Para warga biasanya membuat empat sampai lima kain ikat dalam setahun. Sehingga, jika kamu tertarik dan ingin membeli kain ini, kamu harus rela merogoh kocek cukup dalam.

5. Ribuan Sabana yang tak terjamah

Ketika memasuki pulau Sumba, kamu akan banyak menyaksikan hamparan daratan penuh rumput yang luas tanpa batas. Kamu nggak perlu repot-repot cari spot bagus, karena semua spot di Sumba memang benar-benar bagus.

Nggak percaya, ya? Yaudah kamu tengok sendiri aja, ya..

6. Tanggedu, Air terjun dengan batuan yang unik

Air terjun ini benar-benar misterius. Kamu bakal menemukan keindahan di berbagai sudut di Tanggedu. 

Note: Foto Air Terjun Tanggedu @misterdolanholiday ini berasal dari instagram @ranselusang 

7. Pemandangan sawah yang khas

 

A photo posted by Andre Duarte (@andrediasduarte) on

Pemandangan sawah memang sudah biasa, namun kamu akan menemukan kekhasan pemandangan sawah di Sumba.

8. Pantai Walakiri dengan pohon di film Harry Potter

 

A photo posted by Alexander Thian (@amrazing) on

Berbeda dengan pemandangan di pantai manapun, dan tak perlu berdesakdesakan untuk menikmatinya. Yap, pantai Walakiri adalah pilihan yang tepat.

9. Bersantai di Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu berjarak 30 km dari Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, NTT. Pantai ini dikelola oleh resort bertaraf internasional bernama Resort Nihiwatu. Kamu akan menemukan surga Pulau Sumba ketika memmutuskan untuk menginap di Pantai Nihiwatu.

Baca juga: