9 Pekerjaan yang Cocok Untuk Para Pendaki Gunung

Jangan minder menjadi seorang pendaki gunung. Masa depanmu akan cerah dengan 9 rekomendasi pekerjaan untuk para pendaki.

Wike Sulistiarmi • July 11, 2016

Pendaki gunung sering dianggap sebagai orang yang buang-buang waktu dan sulit menemukan pekerjaan dalam hidupnya. Tapi, asal kamu tahu, semua omongan orang ini tak  ada benarnya. Banyak pekerjaan yang sebenarnya bisa kamu dapatkan selama menjadi pendaki gunung.

Mau tahu pekerjaan apa saja yang cocok untuk para pendaki gunung? Berikut ini 9 pekerjaan yang bisa kamu pilih!

1. Pendaki gunung itu suka masak-masak saat camping. Bayangin aja, di masa depan kamu bisa jadi Chef atau koki!

pendaki gunung

Foto dari sini

Jangan minder jika masakanmu saat mendaki masih kurang sedap. Perkaya bakatmu dengan mengambil kelas memasak. Jangan biarkan bakat terpendammu terhempas oleh omongan orang. Keep trying! Chef itu bisa cewek, bisa juga cowok! Yang penting percaya diri!

2. Pendaki gunung sering banget selfie dan foto-foto. Kamu bakalan cocok jadi seorang Fotografer dengan gaji yang lumayan banget!

pendaki gunung

Foto dari sini

Fotografer memang pekerjaan yang memiliki modal banyak untuk bisa diwujudkan. Dari kamera yang lumayan mahal, hingga berbagai jenis lensa yang harus dimiliki. Tentu modal yang mahal ini akan menjadi pekerjaan yang menyenangkan jika kamu sudah hobi sejak menjadi seorang pendaki gunung.

Ayo, mulai menabung! Ini pekerjaan di masa depan yang cocok banget buat kamu! Selain kamu bisa menyalurkan hobi mendakimu, kamu bisa memotret banyak pemandanganyang bisa kamu jual menjadi uang saat turun dengan kameramu.

3. Seorang pendaki selalu memiliki banyak cerita dalam setiap perjalanannya, kamu bisa mulai menulis di websitemu.

pendaki gunung

Foto dari sini

Kamu tentu memiliki banyak pengalaman selama menjadi pendaki gunung. Kamu akan mendapatkan banyak uang jika berani memulai untuk menulis di mediamu sendiri. Kamu akan mendapatkan tawaran iklan jika banyak viewer di websitemu.

Jika tidak ingin repot membuat website sendiri, kamu juga bisa menjadi contributor phinemo.com dengan menulis dan mengirimkan cerita berhargamu ke tim redaksi phinemo. Kamu akan mendapatkan fee lumayan selama menjadi contributor phinemo.

4. Sering mendaki akan membuatmu mahir mengingat jalur pendakian. Kamu bisa memulai karir sebagai pemandu atau guide selama pendakian

pemandu pendaki gunung

Foto dari sini

Jangan sia-siakan bakatmu menjadi seorang pendaki gunung. Pengetahuanmu tentang jalur pendakian bisa membuka lapangan pekerjaan untuk dirimu sendiri. Kamu akan memiliki banyak uang dengan mengantarkan bule-bule dari luar negeri jika kamu mau.

Jika kamu kumpulkan uang hasil memandumu, saya yakin gaji itu lebih banyak dari para PNS.

5. Para pendaki sering banget beli barang-barang outdoor, kenapa kamu nggak coba memulai karir jadi reseller penjualan barang-barang outdoor? Untungnya lumayan banyak, lho!

tas pendaki gunung

Foto dari sini

Banyak banget teman-teman mendaki saya mencoba usaha reseller barang-barang outdor. Banyak yang sukses dan sedikit yang gulung tikar. Untung yang didapatkan sangat lumayan. Permintaan juga semakin banyak di pasaran karena sekarang ini, banyak sekali anak muda yang sedang menekuni dunia traveling.

6. Pernah berpikir untuk menjadi videografer? Kamu akan mendapatkan banyak uang jika kamu berhasil membuat konsep videomu di youtube dan dilihat banyak orang!

pendaki gunung

Foto dari sini

Intinya, jangan cuma hanya membuat video asal-asalan saat mendaki gunung. Pilih jenis kamera yang kamu pakai untuk take-video. Kamu akan jadi jutawan jika berhasil membuat video yang bagus dan menarik untuk di tonton oleh pengguna youtube lainnya.

7. Kebanyakan pendaki gunung adalah orang yang mencintai lingkungan. Kamu bisa mencoba mengikuti program WWOOF (World Wide Organization of Organic Farms) untuk membantu petani di luar negeri

pendaki gunung

Foto dari sini

Ketika kamu mengikuti program ini, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman. Selain bisa melihat bagaimana orang luar negeri bertani, kamu juga akan mendapatkan penginapan gratis, makan gratis, bahkan jalan-jalan gratis ke luar negeri.

8. Pendaki gunung itu pintar navigasi, kamu bisa belajar banyak untuk jadi kapten kapal laut atau seorang anggota SAR

pendaki gunung

Foto dari sini

Meskipun kamu sering berlalu lalang di daratan, dengan kemampuan navigasimu, kamu bisa menjadi seorang kapten kapal. Jika tak terwujut, kamu juga bisa menjadi tim SRU di SAR.

9. Keahlianmu masuk hutan bisa saja menjadi bekalmu di masa depan untuk menjadi seorang tentara. Wah, keren nih!

pendaki gunung

Foto dari sini

Kamu bakalan keren layaknya Song Joong-ki, nih!

***

Kamu tertarik untuk bekerja sebagai apa, nih setelah membaca artikel ini? Yang terpenting adalah jangan gampang patah semangat saat kamu memilih untuk memulai karir kamu, sama seperti saat kamu mendaki gunung!