7 Cara Cerdas Manfaatkan Instagram Untuk Rencanakan Perjalanan

Yuk, jadi smart traveler!

Echi • October 24, 2016

Kamu main instagram nggak? Ah masak sih nggak main? Yah rugi banget. Instagram itu bukan cuma dipake buat share foto doang lho. Kamu bisa jualan, bisa kepoin mantan tanpa ketahuan, atau bikin rencana perjalanan juga lho!

Saya termasuk cukup sering memanfaatkan instagram buat rencanakan perjalanan. Bagaimana caranya? Begini,

1. Pertama, follow akun instagram warga lokal

instagram-1

Tentukan dulu destinasi tujuan. Misalnya nih, kamu berencana jalan-jalan ke Banyuwangi, nah sebaiknya kamu follow akun travelgram lokal Banyuwangi. Dari akun instagram tersebut, kamu bisa kepo destinasi-destinasi favorit. Setelah itu, susunlah nama-nama destinasi yang akan kamu tuju.

2. Lalu, berinteraksilah dengan akun lokal yang kamu follow

instagram

Foto berasal dari sini

Dengan memfollow akun instagram lokal dan menyukai foto destinasi tujuanmu, kamu akan terhubungkan lebih banyak akun dan foto sesuai dengan foto yang kamu suka. Dengan demikian, kamu akan peroleh banyak ide destinasi wisata atau hal yang akan kamu lakukan di sana.

Atau, kamu bisa manfaatkan kolom komentar untuk bertanya-tanya tentang destinasi tujuan. Misalnya, detail lokasi atau transportasi menuju ke sana.

3. Temukan event wisata yang akan berlangsung di daerah tujuanmu

instagram-3

Foto berasal dari thesmartertravel.com

Kamu juga bisa memfollow akun tourism board seperti Visit Banyuwangi. Akun instagram yang digunakan untuk promosikan wisata Banyuwangi ini biasanya event wisata yang akan atau sedang berlangsung. Jika tertarik, catat tanggalnya, lalu masukan ke dalam list things to do.

4. Klik Geotag pada foto destinasi wisata yang menarik

instagram-4

Foto berasal dari thesmartertravel.com

Manfaatkan fitur Geotag untuk mengetahui dimana lokasi pengambilan foto. Kamu bahkan bisa melihat lokasi pada map di hapemu. Lalu, jangan lupa menyimpan lokasi, agar kamu bisa mengeksplorenya nanti.

5. Ingin tahu destinasi alternatif yang lebih menarik? Explore hashtag saja!

instagram-5

Foto berasal dari thesmartertravel.com

Kamu bisa mengeksplore makanan lokal, cafe, pantai atau tempat menarik yang lagi hits dengan mengeksplore #hashtag. Saya coba explore hashtag #Banyuwangihits, lalu apa yang saya dapatkan? Kumpulan foto-foto destinasi hits di Banyuwangi. Seru kan? Kamu juga bisa ngehits seperti mereka.

6. Kamu akan memperoleh banyak ide destinasi wisata dengan memfollow travelgram

instagram-6

Foto berasal dari akun instagram explore banyuwangi

Paling gampang sih memfollow masternya traveling. Dia pasti punya banyak foto-foto cantik lengkap dengan lokasinya. Foto-foto kecenya bisa menjadi inspirasi kamu. Contoh travelgram keren Wira Nurmansyah.

7. Baca caption instagram yang tertulis pada foto

instagram7

Jangan malas membaca, banyak travelgram yang memberikan tips atau informasi seputar destinasi pada foto instagramnya. Coba check akun instagram @catatanbackpacker, Yudmin (admin akun instagram) sering membagikan tips traveling lho.

***