4 Istilah Ini Perlu Kamu Ketahui Sebelum Menginap di Hotel

Wahyu Yogo Pratomo • November 25, 2016

Kamu berencana atau pengin nyobain gimana rasanya menginap di hotel? Bagi sebagian orang yang sudah terbiasa, istilah-istilah ini memang sudah tidak asing lagi. Namun, bagi sebagian lagi yang belum pernah menginap di hotel, istilah-istilah ini bisa membuat bingung dan bertanya-tanya.

hotel dekat bandara

Foto diambil dari sini

Nah, sebelum kamu berencana menginap di hotel, pahami hal-hal ini:

Hotel dan Hostel Itu Berbeda, bro!

“Nanti kita mau nginep di mana, Bro? Hotel atau Hostel?” tanya saya saat kami berkunjung ke Makassar beberapa bulan lalu.

“Hotel sama Hostel emangnya beda, Bro?” jawab salah satu teman dengan raut wajah yang mulai kelelahan saat itu.

Perlu diketahui, hotel dan hostel itu berbeda. Bagi kamu yang ingin menginap di hotel biasanya harus menyiapkan budged yang sedikit lebih banyak ketimbang jika kamu mau memutuskan untuk menginap di hostel. Nah, apakah kamu sudah tahu perbedaan hotel dan hostel?

Hotel memiliki fasilitas lebih lengkap. Mereka mempunyai jasa penginapan, pelayanan barang bawaan, pelayanan makanan dan minuman, dan lain sejenisnya. Setip hotel memiliki fasilitas yang berbeda-beda tergantung dari kelasnya mulai dari hotel bintang 2 sampai bintang 5. Fasilitas yang tersedia di hotel bintang 2 tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan hotel bintang 5.

Selanjutnya adalah hostel, hostel ini hampir mirip dengan hotel, namun memiliki pelayanan yang berbeda. Saat menginap di hostel, kita akan menjumpai tempat tidur bertingkat mirip seperti di asrama. Fasilitas seperti kamar mandi, dapur, dan ruang tamu bisa digunakan secara bersama-sama dengan pengunjung lainnya. Kelebihan jika kita menginap di hostel adalah harganya tidak semahal jika kita harus menginap di hotel, cocok bagi para backpacker dengan budged minim. Selain itu, pada umumnya para pengunjung hostel lebih ramah dan kita lebih bebas bersosialisasi antara para pengunjung.

Nah, apakah kamu sudah bisa memutuskan akan menginap di hotel atau di hostel saat travelling nanti?

Perbedaan Antara Twin Bed dan Double Bed

Si A merasa bingung ketika dia masuk ke dalam kamar hotel yang telah ia pesan dan mendapati satu tempat tidur. Padahal si A ini menginap dengan temannya dan memesan kamar dengan ranjang yang terpisah.

Ternyata sebelumnya si A ini memesan kamar dengan tempat tidur double bed, harusnya dia memesan kamar dengan ranjang twin bed. Mungkin si A ini mengira kalau double bed itu tempat tidurnya ada dua.

Jangan sampai kamu salah pilih, Bro! Bagi kamu yang sudah terbiasa menginap di hotel pasti sudah tahu istilah ini. Namun tidak jarang pula orang yang belum mengetahui istilah ini dan pada akhirnya harus sedikit kecewa dan malu karena salah pilih kamar hotel. Langkah yang wajib dilakukan adalah bertanya dulu kepada petugas hotel perbedaan antara twin bed dan double bed agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Lalu apa sih perbedaan antara twin bed dan double bed? Sebenarnya, double bed ini merujuk ke ukuran tempat tidur yaitu king size yang cukup untuk tidur dua orang, namun satu tempat tidur. Sedangkan twin bed sendiri artinya dua tempat tidur ukuran single, yang mana dua tempat tidur ini letaknya terpisah. Jadi jika kamu mau menginap bersama teman dan menginginkan tempat tidur terpisah, pilihlah kamar dengan dempat tidur twin bed. Namun, jika kamu memutuskan untuk menginap dengan keluarga, pilihlah kamar dengan tempat tidur double bed, jangan sampai tertukar ya?

Apakah Kamu Sudah Tahu Tentang Refundable Room dan Non-Refundable Room?

Bagi kamu yang pernah booking hotel menggunakan aplikasi online mungkin pernah menjumpai kata refundable room. Refundable room adalah sebuah keterangan yang berarti kamar yang sudah kita pesan atau booking sebelumnya bisa dibatalkan dan uang yang sudah kamu bayar atau transfer sebelumnya bisa dikembalikan. Berbeda dengan Non-Refundable Room. Non-Refundable room ini adalah kebalikan dari Refundable room, jadi jika kamu memesan kamar dengan keterangan Non-Refundable room berarti pemesanan tidak bisa dibatalkan dan uang yang kamu bayarkan tidak bisa dikembalikan.

Mini Bar, Apakah Itu?

Minibar merupakan salah satu fasilitas yang disediakan hotel. Minibar ini berupa kulkas kecil yang terdapat di dalam kamar hotel dan berisi minuman dan makanan bagi pengunjung hotel. Biasanya di dalam kulkas mini tersebut terdapat beberapa botol air mineral, soft drink, dan makanan ringan. Tapi jangan salah, minuman dan makanan yang terdapat di mini bar ini tidak gratis alias berbayar. Biasanya harga minuman dan makanan ringan di mini bar ini lebih mahal, jadi ambillah makanan dan minuman di minibar ini seperlunya saja, jangan sampai tagihan kamar hotel kamu membengkak nantinya.


Sering bingung mencari ide menulis? Simak bagaimana cara Windy Ariestanty mencari ide kreatif



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait