10 Negara ‘Terhijau dan Tersehat’ di Dunia

Shabara Wicaksono • January 27, 2016

negara tersehat dunia

CC flickr 2.0 Riza Nugraha

Saat melakukan penelitian tersebut, para peneliti itu menemukan sebuah statistik yang mencengangkan: Lebih dari 3,5 miliar orang -setengah dari orang di planet ini- tinggal di negara-negara dengan tingkat yang tidak aman dari polusi udara.

Indeks Kinerja Lingkungan Yale University 2016 , mengeluarkan peringkat negara-negara ‘terhijau dan tersehat’ di dunia dari 180 negara berdasar ‘kondisi ekosistem lingkungan’ dan ‘kesehatan manusia’.

Dekade belakangan ini, beberapa negara sangat fokus dalam isu lingkungan. Sebagai misal, Konferensi Perubahan Iklim tahun lalu di Paris menghasilkan komitmen dari 195 negara untuk menurunkan produksi emisi gas rumah kaca demi mengatasi pemanasan global.

Untuk itu, para peneliti di Yale dan Columbia University bersama dengan World Economic Forum menciptakan Indeks Kinerja Lingkungan (IKL) dua tahun sekali selama 15 tahun terakhir. IKL ini memberikan peringkat global kinerja lingkungan dari 180 negara dan langkah-langkah bagaimana negara-negara tersebut melakukan upaya perlindungan ekosistem dan kesehatan manusia.

Apa tujuan IKL?

Para peneliti ingin menyediakan alat praktis bagi para pembuat kebijakan di masing-masing negara untuk lebih memahami dan meningkatkan fokus pada isu-isu lingkungan.

Saat melakukan penelitian tersebut, para peneliti itu menmukan sebuah statistik yang mencengangkan: Lebih dari 3,5 miliar orang -setengah dari orang di planet ini- tinggal di negara-negara dengan tingkat yang tidak aman dari polusi udara.

Kembali ke topik peringkat negara di dunia berdasar IKL, yang mendapat peringkat pertama ‘Negara Terhijau dan Tersehat’ di dunia adalah Finlandia dengan skor 90,68.

Berikut adalah 10 besar ‘Negara Terhijau’ di dunia:

1. Finlandia (90.68)
2. Islandia(90.51)
3. Swedia (90.43)
4. Denmark (89.21)
5. Slovenia (88.98)
6. Spanyol (88.91)
7. Portugal (88.63)
8. Estonia (88.59)
9. Malta (88.48)
10. Prancis (88.20)

Indonesia sendiri berada di peringkat 107, sedikit lebih baik dari Tiongkok, namun jauh lebih buruk dari Thailand, Malaysia dan Singapura. Hasil peneitian ini harus mendapat perhatian khusus dari penentu kebijakan di negara kita untuk perbaikan ke depannya.

Kamu bisa melihat data peringkat selengkapnya di sini.


Promoted Video : Phinemo Class #1



Tinggalkan Komentar



Artikel Terkait



Penawaran Terbaru