Booking Last Minutes? Begini Triknya Supaya Tetap Dapat Akomodasi dan Harga Oke

Meski sudah berusaha untuk booking akomodasi dari jauh hari, kadang ada saja maslaah yang membuat kita harus booking last minutes sebelum keberangkatan. Berikut tips booking di saat-saat terakhir dari travel influenzer dan travel agen agar traveler tetap bisa dapatkan akomodasi dan harga yang oke.

Ditulis Oleh Rizqi Y

Tips untuk booking last minutes. Sumber

booking last minutes

Tips untuk booking last minutes. Sumber

Dulu saat orang ingin pergi liburan, segala persiapan akomodasi dilakukan dengan cara manual. Terutama dalam hal pemesanan kamar hotel hingga pembelian tiket pesawat atau kereta. Sejak era teknologi mulai merambah ke bisnis travel, mulai muncul banyak startup yang menyediakan layanan booking online, baik itu untuk keperluan kamar hotel maupun tiket. Seperti mendapat angin segar, traveler pun mulai nyaman menggunakan layanan booking online ini untuk segala persiapan liburannya.

Baca juga: Tips Booking Hotel: Dapatkan Harga Lebih Murah dari OTA

Meski sistem booking online memungkinkan untuk melakukan pemesanan akomodasi sejak jauh-jauh hari, namun dalam beberapa kasus traveler harus melakukan booking last minutes. Alasannya bisa jadi karena rencana yang dadakan, atau rencana yang semula disusun jauh hari harus diubah saat itu juga.

Sebetulnya booking last minutes kurang disarankan, karena bisa jadi kita hanya mendapat tiket tempat duduk atau kamar hotel sisa. Kita pun tak punya banyak pilihan, termasuk dalam hal harga. Menurut Wira Nurmansyah, memang lebih baik jika melakukan booking dari jauh hari.

“Sebetulnya lebih baik bookingnya jauh-jauh hari ya dari pada booking last minutes gitu,” jelasnya. 

Wira Nurmansyah yang notabene seorang travel influenzer pun lebih sering melakukan pemesanan jauh hari, sehingga dirinya lebih leluasa memilih jenis kamar atau jadwal penerbangan yang sesuai kebutuhannya. Namun jika terpaksa melakukan booking last minutes, Wira pun punya trik supaya traveler tetap bisa mendapat akomodasi yang oke dengan harga yang bersahabat.

Kalau terpaksa booking last minutes, coba bandingkan antara harga di OTA dan telepon langsung ke hotel yang diinginkan. Atau bisa juga pakai aplikasi khusus buat last minutes gitu. Biasanya di aplikasi kayak gitu kita tetap bisa dapat harga yang lumayan bagus, meskipun kita nggak bisa pilih kamar,” jelas Wira.

Untuk aplikasi khusus untuk booking last minutes ini traveler bisa menggunakan aplikasi seperti Quickly Hotel, Room Today, dan lainnya. Tips lain dari Wira Nurmansyah adalah dengan menanyakan harga lewat travel agen langganan. Menurutnya, travel agen memiliki akses khusus untuk bisa memesan akomodasi dengan harga dan kualitas akomodasi yang bagus meski di saat-saat terakhir. Intinya memastikan dengan membandingkan harga online dan offline. Sebab biasanya harga offline justru lebih murah saat last minute. 

Baca juga: Liburan Bersama Anak-Anak? Perhatikan Hal Ini Sebelum Booking Hotel

Selain tips di atas, traveler juga bisa memesan tiket atau kamar hotel saat tengah malam. Banyak pihak penerbangan yang memberikan harga promo atau harga lebih murah saat malam hari. Jangan lupa juga untuk mengikuti beberapa akun maskapai atau hotel, biasanya mereka akan memberikan diskon atau promo di waktu-waktu yang tak terduga. Jadi akan sangat membantu jika sewaktu-waktu harus melakukan booking last minutes. 

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang BOOKING ONLINE, tulisan lain RIZQI Y

Tag : ,