Belitung, Rekomendasi Tempat Bulan Madu untuk Pasangan Muda

Ingin mengajak pasangan honeymoon ke Belitung? Berikut adalah rekomendasi penginapan, destinasi dan kuliner yang wajib dicoba.

Ditulis Oleh Rizqi Y

Pantai pribadi yang bisa dinikmati sepuasnya oleh pasangan yang sedang honeymoon. Foto oleh @stellafidelia

Bulan madu kerap dijadikan sebagai kesempatan untuk traveling berdua bersama pasangan, saling mendalami karakter masing-masing dan melakukan pendekatan lebih mendalam sebagai pasangan yang sudah sah secara agama dan hukum. 

Tempat bulan madu biasanya dipilih tempat-tempat yang tenang, romantis dan mampu merangkai cerita manis di antara keduanya.

Di Indonesia, ada beberapa destinasi yang kerap jadi tujuan bulan madu, seperti Bangka Belitung, Labuan Bajo, Lombok dan Bali. Destinasi ini memang terkenal dengan panorama alam yang romantis. 

Namun jika ingin mencari ketenangan, kami rekomendasikan Belitung. Berikut rekomendasi aktivitas dan tempat bulan madu di Belitung untuk para pasangan muda:

Baca juga : 9 Destinasi Honeymoon Backpacking yang Akan Ciptakan Romantisme Antara Pasangan

Honeymoon romantis dimulai dari memilih penginapan yang memiliki nuansa mendukung

honeymoon

Arumdalu Private Resorts yang ada tepat di tepi pantai. Foto oleh @hendiahansen

Penginapan menjadi unsur penting untuk menciptakan honeymoon yang romantis. Kenapa? Sebab di sinilah biasanya para pasangan menghabiskan waktu terbanyaknya, mulai dari istirahat malam, sarapan pagi, atau bahkan beberapa pasangan sengaja memilih penginapan yang sudah menjadi satu dengan destinasi. Misalnya penginapan yang sudah memiliki private beach. Jadi tak perlu jauh-jauh keluar resort atau penginapan jika ingin menikmati keindahan pantai. 

tempat bulan madu belitung

Pantai pribadi yang bisa dinikmati sepuasnya oleh pasangan yang sedang honeymoon. Foto oleh @stellafidelia

Belitung punya satu tempat yang konon disebut-sebut sebagai resort teromantis di pulau yang dulunya bernama Biliton ini. Arumdalu Private Resorts, tempat menginap yang langsung menghadap ke pantai pribadi. Disebut pantai pribadi karena wisatawan luar tak bisa mengakses pantai ini, kecuali mereka yang menginap di resort tersebut. 

honeymoon

Kolam renang yang mewah ini didesain menghadap ke pantai. Foto oleh @27vakantiedagen

Kamar yang didesain mewah dengan fasilitas yang lengkap, dipadukan dengan kolam renang yang menghadap pantai berpasir putih bersih membuat siapapun akan merasakan sensasi romantis di resort ini. Kursi-kursi bernuansa putih ditata sedemikian rapi menghadap ke pantai, mirip dengan suasana mewah ala beach club di Bali. 

tempat bulan madu belitung

Menikmati makan romantis bersama pasangan di atas pantai. Foto oleh @arumdaluresort

Para pasangan juga bisa menikmati makan siang atau makan malam romantis di resto terapung. Berhias kain serba putih dan terapung di tepian pantai tentu akan menjadikan momen makan bersama pasangan menjadi lebih eksklusif, privat dan romantis. Di sisi lain resort juga ada spot-spot foto yang menarik. Arumdalu Private Resort sepertinya memang ingin memberikan kenangan manis pada setiap pasangan yang datang ke tempat ini. 

Rekomendasi tempat bulan madu yang bisa dikunjungi bersama pasangan 

Jangan hanya berdiam diri di resort atau penginapan, cobalah juga untuk menjelajah beberapa destinasi wisata di sekitar. Biasanya saat menjelajah inilah pasangan bisa menemukan hal-hal unik bersama, saling mengenal karakter masing-masing dan belajar menyelesaikan segala permasalahan yang muncul selama menjelajah bersama. 

honeymoon

Batu Baginde, destinasi romantis dengan view yang epik. Foto oleh @may_melly

Salah satu destinasi yang wajib dijelajahi bersama pasangan saat bulan madu di Belitung adalah Batu Baginde. Konon Batu Baginde adalah batu granit terbesar yang ada di Belitung dan juga tertua dengan umur lebih dari 30.000 tahun. Ada yang menyebutkan bahwa untuk mengetahui karakter asli pasangan, maka ajaknya mendaki, Maka Batu Baginde ini bisa jadi destinasi yang pas. Tidak terlalu terjal tapi cukup untuk menguji mental saat berjalan menaikinya. 

Baca juga : 12 Pantai di Belitung yang Cantiknya Luar Biasa

Jika sudah sampai di atas bukit ini pengunjung bisa menikmati birunya lautan dari kejauhan dan hijaunya pepohonan yang masih terlihat sangat asri. Desa-desa di sekitar bukit juga bisa terlihat dengan jelas. Panorama ini juga bisa jadi scene yang romantis, apalagi untuk pasangan yang suka kegiatan di alam bebas. 

honeymoon

Menikmati keindahan Pantai Serdang bersama pasangan. Foto oleh @sironi__

Jika enggan menjelajah ke destinasi yang cukup sulit dijangkau, maka bisa juga mencoba berkunjung ke Pantai Serdang. Pantai ini masih sepi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini menawarkan panorama alam antai yang hampir mirip dengan pantai lainnya di Belitung, Yang membedakan memang suasananya yang masih sepi dan asyik untuk bersantai bersama pasangan. Saat matahari mulai turun, tempat ini juga jadi spot yang asyik untuk menikmati senja. 

Jangan hanya terpaku pada kuliner resort, cobalah cicipi kuliner khas Belitung juga bersama pasangan

Kuliner menjadi satu penanda khusus ketika berada di suatu daerah. Kuliner juga menjadi ciri khas dari suatu destinasi wisata. Itu sebabnya saat berbulabn madu bersama pasangan sebaiknya juga mencicipi kuliner khasnya. Siapa tahu suatu saat bisa kembali lagi ke destinasi tersebut hanya karena saking rindunya pada makanan khasnya. 

honeymoon

Gangan, makanan khas Belitung yang eajib dicicipi pasangan yang sedang honeymoon. Foto oleh @auliasuaibah_zen

Dan jika bulan madu bersama pasangan di Belitung maka gangan adalah salah satu masakan khas yang wajib dicoba. Gangan ini merupakan sup ikan istimewa khas Belitung, dengan paduan bumbu kunyit, asam nanas, dan cabai. Rasanya? Sangat segar dan gurih. Bahan rempah yang jadi rahasia masakan ini adalah kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, lengkuas, sereh, kemiri, dan asam. Jenis ikan paling populer untuk masakan gangan ini adalah ikan ketarap, ilak, dan baronang. Dagingnya yang gurih dipadukan dengan kuah segar dan nasi panas akan menciptakan hidangan yang tiada duanya.

Warung gangan paling legendaris ada di Jalan Raya Sijuk No. 31 Simpang Kerjan Tanjung Pandan – Belitung.

honeymoon

Kopi Belitung, kuliner wajib jika berlibur di Belitung. Foto oleh @sabrinanisvi

Kudapan lain yang juga wajib dicicipi oleh pasangan yang sedang bulan madu di Belitung adalah kopi. Kenapa kopi? Karena Belitung sendiri dikenal sebagai “kota 1001 warung kopi”. Kopi yang disajikan di Belitung ini diolah dengan metode tradisional, yang artinya pembuatannya tidak menggunakan mesin kopi. Air untuk seduhan kopi direbus di atas tungku arang. Kopi yang disajikan juga hanya kopi hitam dan kopi susu, namun dari segi rasa tetap nikmat. 

honeymoon

Warung Ake dengan peralatan tradisionalnya. Sumber

Salah satu warung kopi legendaris di Belitung adalah Warung Ake yang berada di kawasan Kafe Senang. Warung Ake ini merupakan salah satu warung kopi tertua di Tanjung Pandan, Belitung yang dibangun oleh Abok pada tahun 1922. Uniknya, peralatan seduh kopi di warung ini masih asli dan digunakan turun-temurun dari generasi sebelumnya. 

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang BELITUNG, tulisan lain RIZQI Y

Tag : , , , , ,



next post