facebook pixel

Cetak Sejarah, Cultural Night Wonderful Indonesia di Laos Sukses Besar

Cultural Night Wonderful Indonesia di Laos pancing ribuan warga lokal sesaki tempat acara, bahkan banyak pengunjung yang rela berdiri menonton acara ini!


Wajah sumringah terlihat dari wajah Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) di Laos, Irmawan Emir Wisnandar. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, KBRI  Laos menggelar festival Wonderful Indonesia didukung sepenuhnya Kemenpar Indonesia.

wonderful indonesia

Foto diambil dari sini

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Laos bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata baru saja menggelar Cultural Night Wonderful Indonesia, Minggu (29/5). Acara tersebut berlangsung sukses. Irmawan bahkan mengaku terkejut dengan antusiasme luar biasa warga Vientiane, Laos. Lao National Cultural Hall, yang berkapasitas 1.300 orang, penuh sesak. Ratusan orang lainnya rela berdiri di lorong masuk pertunjukan.

Cultural Night Wonderful Indonesia adalah ajang perkenalan kesenian Indonesia ke masyarakat Laos — negara di kawasan Indochina. Dalam acara ini ditampilkan pertunjukan yang menggunakan 1.000 angklung, dan semua kelengkapan penghibur lainnya. Panitia mendistribusikan angklung kepada penonton.

Selain itu adapula penampilan berbagai tarian tradisional Indonesia. Respon masyarakat Laos pun sangat positif. Sejumlah tarian yang disuguhkan yaitu Rampak Kendang, atraksi Merpati Putih, Gong Kalimantan, Saman, dan pertunjukan Angklung, selalu disambut tepukan meriah.

Kepala Festival Seni dan Budaya Asdep Pengembangan Pasar Asia Tenggara, Pupung Thariq Fadhillah menjelaskan bahwa penyelenggara benar-benar senang melihat suksesnya acara tersebut. Ia pribadi terharu saat semua pengunjung turut bernyanyi lagu Indonesia bersama-sama.

Pupung menambahkan, dari sisi pariwisata, Kemenpar berharap masyarakat Laos bisa ‘belok’ ke Indonesia, dan merubah bahkan meninggalkan Thailand, Singapura dan Malaysia.  Cultural Night Wonderful Indonesia, adalah langkah pertama memperkenalkan indahnya nusantara, untuk kemudian mengajak mereka ke Indonesia.

Baca juga:

banner experience