Lagi Liburan ke NTT? Jangan Lewatkan Kelebba Madja!

Jalanan yang berliku akan terbayar oleh pemandangan yang ditawarkan.

Ditulis Oleh Faiz Abi

Tidak ada keindahan apapun yang bisa menandingi keindahan alam.

kelabamadja

mantap nggak ?? Sumber foto.

Suka berlibur dan ingin mencoba tempat wisata yang baru? Kamu harus nyobain nih ke Nusa Tenggara Timur. Nusa Tenggara Timur emang punya banyak tempat wisata yang keren-keren. Tapi, dari sekian banyak tempat keren itu, ada satu tempat yang sangat keren dilihat dari keindahan bentuk dan suasananya.

Tempat yang satu ini tergolong keren karena bebatuan yang tersusun di sana terjadi secara alamiah lho! Penasaran nggak ? Penasaran kan pasti ? Oke namanya adalah Kalebba Maja atau Kelebba Madja.

Sesuatu yang alamiah emang nggak pernah ngecewain

kelabamadja

Batu Tumpuk. Sumber foto.

Kelebba Madja terletak di Pulau Sabu, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur. Tenang aja bagi kamu yang bukan orang asli NTT, kamu nggak perlu takut nyesel kalau kamu main kesini. Karena Kelaba Madja menawarkan pemandangan indah dengan susunan bebatuan yang nggak ada campur tangan dari manusia, alias terbentuk secara alami! 

Di Kelaba Madja ada keluarga batu juga lho!

sabu raijua

Batu bapak-anak-ibu. Sumber foto.

Batu-batu yang ada di Kelaba Madja ini ada filosofinya juga lho ternyata. Kelaba Madja tersusun dari tiga batu dengan ukuran besar, batu tersebut melambangkan bapak-anak-ibu. Selain itu di tengahnya juga terdapat batu yang konon ceritanya sebagai batu persembahan bagi Dewa Maja.

Disini juga ada spot cakep untuk mempercantik feed Instagram kamu

 

mantap ya berasa di Arizona gak sih ? Foto oleh Edwin Boimau.

Udah jadi hal yang lumrah kalau kita berlibur, pasti upload foto liburan kita ke akun-akun sosial media untuk menjadi kenang-kenangan. Nah bagi kamu yang sangat berkecimpung di dunia Instagram dan ingin mempercantik tampilan feed profil kamu, tempat ini sangat recommended lho!

Selfie dengan background hamparan bebatuan akan mempercantik hasil jepretan kamu.


Ayo tuliskan serunya pengalaman jalan-jalan Kamu di fitur baru kami! Klik di sini

Inget, jangan aneh-aneh ya kalau kesini !

Masyarakat Sabu masih menjunjung tinggi budaya mereka. Sumber foto.

Kelabba Madja masih dianggap keramat oleh penduduk sekitar Desa Sabu nih guys. Tempat ini masih dijadikan tempat untuk upacara adat yang diadakan setiap tahunnya untuk memuja Dewa Maja. Makanya kalau kamu ke sini kamu pasti ditemani oleh warga asli Desa Sabu agar kamu nggak melakukan hal yang aneh-aneh. Termasuk meninggalkan sampah makanan/minuman, maupun mencoret-coret batu yang ada ya guys!

Gimana kesananya, kak ?

Nah untuk kamu yang mau mencoba berkunjung ke NTT, khususnya ke Kelabba Madja, kamu harus naik pesawat dari kota asalmu menuju Kupang. Setelah sampai Kupang, kamu mempunyai 3 pilihan untuk menjangkau Kota Sawu yang selanjutnya ke Desa Sabu.

  1. Dengan naik Susi Air milik Ibu Susi Pudjiastuti. Pesawat Ibu Susi ini terbang setiap hari dengan maksimal penumpang hanya 12 orang saja. Menggunakan pesawat Ibu Susi ini merupakan cara tercepat dan termahal menuju Kota Sawu.
  2. Selain itu kamu juga bisa menggunakan kapal cepat dari Pelabuhan Tenau, Kupang dengan menempuh 4 jam perjalanan. Tapi kapal ini hanya tersedia pada hari Senin dan Jumat.
  3. Yang terakhir dengan menggunakan kapal ferry biasa dan menempuh selama 14 jam perjalanan. Sayangnya kapal ferry ini sama seperti kapal cepat, hanya beroperasi pada hari Senin dan Jumat.

Banyak pemandangan yang nggak kalah keren

Meski sudah sampai di Kota Sawu, kamu masih harus melanjutkan perjalanan ke Desa Sabu. Jalanan yang dilalui memang tidak sebagus jalanan seperti di Pulau Jawa maupun pulau lainnya. Banyak berkelok-kelok dan aspal yang berlubang juga akan kamu temui di sana.

Namun hal itu terbayar dengan pemandangan yang disuguhkan selama perjalanan. Hamparan rumput hijau yang akan menyejukkan mata bakalan membuat jalan yang berkelok-kelok tidak terlalu berasa.

kelabamadja

meski badan capek, tapi mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan sekitar. Sumber foto.

***

Indonesia memang lengkap untuk objek pariwisatanya, dari Sabang sampai Merauke. Dari tempat yang belum ter-ekspose dan yang sudah sangat mainstream. Udah saatnya bagi kamu meng-eksplor tempat-tempat baru yang belum banyak orang tahu, salah satunya ke Kelaba Madja ini. 

Jadi, kapan kamu kesini ? Tapi ingat, sebelum kesini kamu harus cek kondisi fisik juga ya!

Rekomendasi

Next Post