facebook pixel

Hobi Wisata Kuliner Ekstrem? Mulai Sekarang Kamu Harus Lebih Waspada

Kata orang, traveling tanpa wisata kuliner itu kurang lengkap. Tapi, kita tetap harus waspada pada apa yang kita makan, apalagi kalau ada kasus seperti ini


Jangkrik, ulat, tarantula, dan burung goreng.

Jangkrik, ulat, tarantula, dan burung goreng.

Thailand menjadi negara di Asia Tenggara yang populer dengan makanan “mengerikannya”, semisal jangkrik, ular, tarantula, kalajengking, atau ulat goreng. Di Indonesia pun, kita juga bisa mendapatkannya, lho. Contohnya belalang goreng di daerah Gunung Kidul, DIY.

unik-kamboja2

Foto dok. pribadi penulis

Saya sendiri pernah mencicipi jangkrik dan tarantula goreng. Meski penampilannya agak mengerikan, ternyata rasanya enak. Cemilan ini memiliki tekstur yang garing dan crunchy. Bumbunya yang gurih dan meresap ke dalam jangkrik dan tarantula menjadikan makanan jadi salah satu makanan paling lezat yang pernah saya coba.

Ketika akan mencicipinya, saya tidak berpikiran apakah setelah memakannya akan terkena racun atau sakit perut. Saya hanya penasaran dengan rasanya, lalu mencoba. Sampai sekarang saya sehat dan tidak merasakan apapun.

makanan aneh

Foto berasal dari tangkapan layar Facebook Chart Jinda

Namun, belum lama ini seorang wanita Thailand memperingatkan publik untuk lebih berhati-hati memakan kuliner mengerikan ini.

Dia membagikan video perut belalang yang berisi ‘Horsehair Worm’ yang masih hidup. Horsehair worm atau disebut juga ‘Gordian Worm’, merupakan parasit yang biasa ditemukan pada tubuh belalang, jangkrik, dan kecoa. Menurut sebuah penelitian, parasit ini bisa tumbuh hingga 60 cm.

makanan-aneh1

Caption Chart Jinda pada video yang dibagikannya di sosial media.

Video yang dibagikan Chart Jinda pada halaman FBnya menjadi viral. Ragam spekulasi bermunculan. Mengapa? Karena di dalam tayangan video tersebut, parasit ditemukan pada belalang yang masih ‘hidup’.

Menanggapi video tersebut, ragam reaksi bermunculan.

foto berasal dari tangkapan layar FB chart Jinda

Foto berasal dari tangkapan layar FB Chart Jinda

Sebagian dari netizen yang telah menonton video memilih tidak memakan makanan ini. Daripada mengambil resiko yang mengancam kesehatan tubuh, lebih baik tidak mengonsumsinya.

Namun, sebagian lainnya tetap merasa makanan tersebut layak untuk dimakan. Mereka berpendapat, serangga yang sudah dimasak dengan baik, aman untuk dikonsumsi dan parasit yang ada di dalamnya akan mati. Apalagi jangkrik memiliki banyak manfaat untuk tubuh seperti menjaga vitalitas, menjaga elastisitas sel kulit, dan tinggi protein. Makanan yang kurang lazim ini juga memiliki rasa yang enak.

Nah, kalau Kamu takut mencicipi karena cemas ada parasit ‘Horsehair Worm’, saran saya, sih, sebelum memakannya, belah dulu tubuh jangkrik. Teliti dulu, apakah ada parasitnya atau nggak. Jangan dimakan mentah-mentah, ya!

banner experience