Sidebar

Tips Menyeimbangkan Hobi Traveling dan Aktivitas Harian

Jangan sampai kamu terlena dengan asiknya dunia traveling, karena kamu juga memiliki aktivitas harian yang juga harus kamu isi

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Hobi traveling memang banyak menyita waktu dan uang saku. Jika sudah kecanduan traveling, bukan hanya menyita waktu dan uang saja, tapi sulit untuk menyeimbangkannya dengan aktivitas harian.

Jika sudah begini, menyeimbangan hobi traveling dan aktivitas harian adalah kunci yang utama. Karena pasti di matamu aktivitas harian juga sama pentingnya dengan hobi traveling. Tidak ada yang boleh dikurangi atau ditambahi, keduanya harus seimbang.

Berikut ini trik menyeimbangkan hobi traveling dan aktivitas harianmu.

Kamu harus bisa membedakan prioritas hidup dan tujuan hidup

Foto dari sini

Sebelum menyeimbangkan hobi traveling dengan aktivitas harian, penting untukmu menegaskan pada diri sendiri tentang mana prioritas hidup dan tujuan hidup. Dengan begitu, kamu bisa menyelami hobi traveling dan juga mencapai cita-cita karena tujuan dan prioritas yang jelas.

Jangan sampai kamu terlena dengan hobi traveling dan mengabaikan cita-citamu selama ini, entah menjadi presenter TV, dokter, guru, atau pekerjaan lain yang kamu impikan. Karena semua hal butuh proses, maka dari itu kamu harus tetap tahu mana prioritas hidup dan tujuan hidupmu.

Tegas dengan diri sendiri. Membuat jadwal di kalender agar tetap ‘on the way’

Perencanaan itu adalah hal yang terpenting. Foto berasal dari sini

Kalau sudah tergila-gila dengan traveling, orang biasanya melupakan banyak jadwal karena sudah terlena dengan kenikmatan traveling. Nah, untuk menghindari kejadian semacam ini alangkah baiknya kamu membuat jadwal di kalender yang disertai dengan alarm. Selain membuat jadwal di kalender, kamu juga harus tegas dengan dirimu. Saya dulu sering membuat jadwal ber-alarm, namun karena kurang tegas, saya melanggar semua peraturan yang saya buat.

Nah, maka dari itu, kamu harus tegas dengan dirimu sendiri. Jangan mudah terlena dengan keindahan traveling, ingat! Kamu memiliki kehidupan lain selain traveling.

Push your limits!

Foto dari sini

Ketika kamu sudah bisa membedakan mana tujuan hidup dan membuat jadwal kapan asik dengan jalan-jalan dan kapan asik dengan harian, kamu juga harus memaksimalkan dirimu dalam kedua hal tersebut (traveling dan aktvitas harian).

Memilih pekerjaan yang berhubungan erat dengan traveling

Menyenangkan menjadi travelwriter. Foto dari sini

Untuk menyiasati kebutuhan traveling yang tidak terkontrol, lebih baik kamu mulai untuk mencari pekerjaan yang berhubungan dengan traveling, misal menjadi travel writer, travel photographer, pramugara/pramugari, membuat jasa open trip atau travel presenter.

Cobalah untuk mencari informasi segala pekerjaan yang cocok denganmu namun juga berhubungan dengan traveling.

Jangan lupa atur keuangan agar biaya hidup nggak kocar-kacir

Foto dari sini

Di awal bulan, perhatikan keuanganmu. Atur sedemikian rupa sehingga kamu bisa tetap traveling, nggak kere di aktivitas harian, dan bisa membiayai kebutuhan mendadak yang tidak bisa ditebak.

Ini penting untuk keseimbangan aktivitas harian dan hobi traveling.

Tetap menjadi diri sendiri

Foto dari sini

Untuk membuat hobi dan aktivitas harian menjadi seimbang, menjadi diri sendiri adalah hal yang sama pentingnya dengan poin-poin lain. Karena yang berubah adalah bukan karakter dirimu, tapi skillmu.

***

Jangan sampai kamu terlena dengan asiknya dunia traveling, karena kamu juga memiliki aktivitas harian yang juga harus kamu perhatikan.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

7 Benda Sepele Tapi Bermanfaat yang Bisa di Bawa Saat Traveling

Cara Menulis Travel Journal, Mengabadikan Momen Traveling Selamanya

7 Barang Aneh dan Unik untuk Traveling yang Ternyata Sangat Bermanfaat

Benda Wajib yang Harus Dibawa Saat Traveling ke Luar Negeri

Tips Traveling untuk Ibu Hamil, Wanita Wajib Paham

7 Jenis Penyakit Saat Traveling dan Cara Mengobatinya

FALLBACK
The END