Sidebar

Tori-no-Ichi, Festival Unik di Jepang yang Menjual Keberuntungan

Tori-no-Ichi, Festival Unik di Jepang yang Menjual Keberuntungan

Tori-no-Ichi merupakan salah satu festival unik di Jepang yang menjual keberuntungan kepada setiap pengunjungnya. Digelar di Shinjuku setiap November.

SHARE :

Ditulis Oleh: Taufiqur Rohman

Jepang merupakan salah satu negara maju di Asia Timur yang berada di ujung barat Samudera Pasifik. Jepang yang dikenal sebagai negeri sakura selalu berhasil memikat siapapun dengan keindahan panorama alam dan keunikan budayanya. Tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Jepang bertekad akan kembali lagi dan lagi suatu saat nanti.

Terdapat satu festival unik di Jepang yang menjual keberuntungan kepada setiap pengunjungnya. Tori-no-Ichi (pasar ayam) digelar di Shinjuku setiap November. Dalam gelaran Festival Tori-no-Ichi pengunjung yang datang berdoa agar senantiasa mendapatkan nasib baik dan rejeki lancar. Pengunjung akan membawa kumade-sapu keberuntungan-dari festival tahun baru untuk ditukar dengan yang baru.

Banyak kios yang menjual Kumade, sejenis sapu yang dihias sedemikian rupa yang dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan (VICE/Susie).
Terdapat berbagai kios yang menyajikan berbagai makanan khas Jepang hingga bir atau wisky (VICE/Susie).

Satu kumade dapat dibeli dengan harga berkisar 1.000 Yen atau sekitar Rp 120 ribu. Kumade didesain menyerupai telapak tangan beruang, meskipun pada akhirnya justru lebih mirip sapu. Kumade ini menjadi barang khas yang hanya bisa dijumpai pada saat gelaran Tori-no-Ichi. Uniknya semakin terpuruk perekonomian Jepang, biasanya akan semakin ramai pengunjung yang menghadiri Festival Tori-no-Ichi.

Layaknya festival pada umumnya, di Tori-no-Ichi juga banyak ditemui kios-kios makanan khas Jepang yang bisa disantap. Beberapa diantaranya adalah cumi panggang, yakitori, dan ikan ayu panggang. Tak hanya itu, bir dan wisky juga banyak dijajakan selama festival. Sehingga seringai riang pengunjung yang mabuk menjadi pemandangan lazim selama festival.

SHARE :


Rekomendasi

The Great Blue Hole, Titik Terdalam Bumi yang Masih Misterius

Umaid Bhawan Palace, Bekas Istana yang Disewakan untuk Penginapan

Rumah Pohon Suku Korowai, Potret Hidup Harmonis dengan Alam

Museum of Broken Relationship, Tempat Mengenang Kegagalan Cinta

Tradisi Berburu Paus di Lamalera, Antara Budaya atau Kelestarian Alam

Montage Palmetto Bluff, Tempat Justin Bieber dan Hailey Baldwin Menikah

FALLBACK
The END