Sidebar

Tips Traveling ke India Untuk Pertama Kali

Yang terpenting sebelum kamu ke India, tukarkan uang Rupiahmu menjadi Rupee biar bisa jajan dan jalan-jalan keliling India dengan leluasa.

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Pernah nggak kamu berpikir untuk traveling ke India hanya karena menonton film Bollywood yang sering menampilkan spot-spot keindahan negara tersebut? Emm.. Btw, saya pernah lho! Apalagi dengan tari-tarian India yang luar biasa kompak serta kuliner ber-kari yang kelihatan menggiurkan.

Meskipun India terkenal kumuh, namun dengan banyak hal menakjubkan serta biaya hidup yang tidak mahal, membuat banyak traveler yang memilih India sebagai destinasi wisata tujuan. Bahkan, Mark Wiens, si food travel blogger kondang itu, pada bulan September lalu datang ke sana untuk mencicipi kuliner khas India.

Nah, sebelum kamu terbang ke India, perhatikan tips berikut ini, agar kamu merasa nyaman traveling di sana.

Meskipun banyak orang India yang bisa bahasa Inggris, tapi bahasa tubuh mereka patut untuk dipelajari


Orang India memiliki kebiasaan menggelengkan kepala ketika bilang “iya”. Ketika kamu menggunakan jasa open trip, mungkin kesalahan mengartikan perkataan masyarakat India ini tidak akan berakibat buruk denganmu. Tapi, jika backpacking sendirian, hal-hal semacam ini bisa menimbulkan masalah apabila Kamu salah paham.

Perhatikan sistem transportasi


Penipuan yang menimpa turis kerap terjadi di India, termasuk saat di transportasi umumnya. Jika kamu cewek, waspadalah ketika memilih transportasi yang kamu pakai ketika di India. Usahakan untuk tidak pergi sendirian, karena lumayan berbahaya.

Sebelum naik transportasi, usahakan untuk melakukan deal harga terlebih dahulu dan usahakan pilih kendaraan ber-argo. Kamu bisa menggunakan kereta Metro untuk transit ke kota-kota lain di India. Biaya cukup murah meskipun sistem gerbongnya masih sedikit rumit.

Usahakan untuk datang lebih pagi ketika berkunjung ke destinasi wisata


Beberapa tempat di India memiliki daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan lokal mereka. Jika ingin mendapatkan gambar tanpa keramaian wisatawan, lebih baik menyiasatinya dengan datang lebih pagi.

Selain itu, perhatikan loket tiketmu, karena biasanya pengelola membedakan loket tiket masuk wisatawan lokal dan mancanegara. Jika kamu memperhatikan dengan teliti, kamu tidak akan antre panjang dengan para wisatawan lokal.

Perhatikan keamanan! Banyak hal di India yang bikin khawatir


Bukan rahasia umum, seperti yang sudah saya katakan di poin pertama, bahwa di India kerap terjadi tindak kejahatan, baik penipuan maupun pelecehan. Jadi, kamu patut untuk waspada dalam kedua hal ini.

Pertama adalah hindari keluar di malam hari, lalu usahakan untuk tidak berkendara di malam hari (sendirian), untuk para cewek hindari berpakaian terbuka dan mintalah jemputan ketika sampai di India pada malam hari. Bawalah padlock untuk menghindari kehilangan barang ketika di kereta saat Kamu ngantuk atau ketika Kamu harus pergi ke toilet.

Perhatikan hal-hal kecil ini terkait kesehatanmu selama di India


Jalan-jalan dalam keadaan tidak fit akan sangat mengganggu. Maka dari itu, kamu harus memperhatikan hal-hal kecil terkait kesehatanmu di India.

Pertama, jangan sampai lupa untuk selalu membawa hand Sanitizer dan vitamin selama perjalanan. Lalu, ketika ingin wisata kuliner, usahakan untuk lebih teliti dengan kebersihan restoran, jangan hanya tergoda dengan menu yang ditampilkan. Juga ketika membeli air mineral, usahakan untuk lebih teliti karena ada beberapa penjual air mineral yang sengaja menggunakan botol bekas, atau semacamnya, yang jelas kamu harus memilih air mineral ber logo INS (India Nasional Standard).

Keep calm dan nikmati setiap perjalananmu

A photo posted by India (@streets.of.india) on

Meskipun rintangan traveling ke India terlihat sangat banyak, tapi keindahan alamnya tak dipungkiri. Jangan larut dengan banyaknya kasus penipuan dan kejahatan di India, yang terpenting adalah tetap waspada dan mempersiapkan semuanya dengan baik.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Wisata Kuliner India, Jangan Dilakukan di Negara Asalnya! Berbahaya?

Sisi Lain Negara India yang Tak Terlihat di Film Bollywood, Seperti Apa?

Desa Kuldhara India, Desa Hantu yang Tak Kalah Seram dari Desa Penari

Lembah Galwan India, Tanah Kering Pemicu Perang India VS China

Desa Kuldhara India, Desa Berhantu yang Lenyapkan Ribuan Warganya

India VS China Memanas, Akankah Terjadi Perang Dunia Ketiga?

FALLBACK
The END