Tips Sukses Bisnis Tour Travel Online Bagi Pemula

Tips sukses bisnis tour travel untuk pemula yang bisa anda terapkan (Flickr/zaraki.kenpachi).

Saat ini pariwisata telah menjelma menjadi bagian dari gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia. Diimbangi dengan pertumbuhan media sosial, kegiatan mengekspresikan diri dengan berfoto di tempat wisata menjadi sebuah tren yang semakin terus diminati. Fenomena ini tentu menjadi peluang tersendiri untuk membangun sebuah bisnis yang bergerak di bidang tour travel. Tingginya kebutuhan pariwisata saat ini akan membuat bisnis ini sangat menguntungkan.

Bisnis tour travel online menjadi sangat murah dan mudah untuk dijalankan karena hanya membutuhkan beberapa perangkat saja seperti komputer, printer, dan jaringan internet. Meski mudah bukan berarti mudah juga meraih sukses dalam menggeluti bisnis tour travel. Lantas bagaimana untuk bisa mencapai sukses melalui bisnis tour travel online? Berikut adalah beberpa tips yang bisa anda lakukan.

1. Brand yang menarik

Brand bagi sebuah bisnis bisa diibaratkan sebagai identitas yang akan memudahkan customer mencari alamat atau website perusahaan. Selain itu Brand juga memiliki peranannya tersendiri dalam menggaet pasar. Saat anda berencana membuka bisnis tour travel online pastikan untuk memilih brand yang mudah diucapkan dan diingat oleh customer. Semakin mudah customer mengingat brand anda maka semakin besar pula kesempatan dalam menarik minat customer.

2. Memberikan penawaran terbaik

Menjamurnya bisnis-bisnis tour travel secara tidak langsung memberikan imbas pada semakin ketatnya persaingan pasar. Meningkatkan minat masyarakat pada produk anda dapat dilakukan dengan memberikan penawaran sepsial berupa diskon atau promo khusus dengan mengajukan syarat dan ketentuan tertentu.

3. Perluas jaringan dan relasi

Sebuah bisnis tidak akan bisa tumbuh besar seorang diri. Dibutuhkan banyak pihak yang menyokongnya dari bawah agar suatu bisnis dapat berdiri tegak dan tumbuh besar. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memperluas jaringan dan relasi bisnis. Ikutilah forum-forum diskusi yang terkait dengan bisnis anda kemudian jalinlah hubungan baik dengan semua pelaku bisnis yang terlibat. Saling bertukar kartu nama menjadi cara yang efektif agar orang lain lebih mudah menghubungi anda.

4. Pilih lokasi yang strategis

Meskipun online, bisnis tour travel yang anda jalankan harusnya memiliki lokasi yang jelas dan bisa didatangi oleh customer secara langsung. Pilihlah lokasi yang startegis dan memiliki akses mudah sehingga customer tidak terlalu kerepotan dalam mencari alamat anda. Membuka tempat bisnis secara offline semacam ini juga berpeluang memperbesar keununtungan karena dapat menyasar pasar yang lebih luas.

5. Kuatkan promosi

Stelah bisnis berjalan agar semakin dikenali oleh customer ada baiknya anda melakukan promosi baik secara online maupun offline. Manfaatkan kekuatan media sosial seperti Instagram, facebook, atau twitter untuk memperkenalkan produk-produk yang anda miliki kepada customer. Promosi offline dapat dilakukan dengan memasang baliho, pamflet, atau brosur.

6. Jangan buat customer kecewa

Istilah Pelanggan Adalah Raja ternyata ada benarnya juga. Jangan pernah sekali-kali anda membuat customer yang menggunakan jasa bisnis anda menjadi kecewa karena berakibat buruk pada citra bisnis anda. Perlakukan customer anda sebaik mungkin, dan jika terpaksanya terdapat customer yang tidak puas maupun kecewa jangan ragu untuk minta maaf. Berikan voucher atau potongan harga sebagai bentuk ganti rugi.

Bagi anda yang sedang menjalankan sebuah bisnis tour travel namun merasa belum memiliki wadah yang tepat untuk melakukan promosi, bergabunglah bersama Phinemo Marketplace. Bergabunglah sekarang secara gratis dan perkenalkan produk-produk anda pada seluruh masyarakat Indonesia >> Daftar Phinemo Marketplace.

Dapatkan ulasan menarik tentang bisnis dan tulisan Lain dari Tim Phinemo

Tags: , ,

Paket Produk Penawaran

Pajang Paket Perjalanan Anda Disini. Klik Untuk Daftar