Sidebar

Tips Packing Kurang dari 20 Menit

Sering mengalami masalah dengan packing sebelum perjalanan? Tips ini akan sangat membantumu

SHARE :

Ditulis Oleh: Umu Umaedah

Foto dari elevenia

Bisakah hanya dalam waktu kurang dari 20 menit barang-barangmu tertata rapi dalam koper?

Bisa. Kenapa tidak? Karena sebenarnya, kamu tak membutuhkan waktu lama untuk itu. Terkadang, kita terlalu lama membuang-buang waktu dengan berpikir apakah ini perlu dibawa, itu ditinggal, hal-hal sepele sebenarnya karena seharusnya saat packing kamu tak lagi memikirkan barang mana yang perlu dan tidak. Siapkan itu jauh-jauh hari. Packing adalah tentang bagaimana cara mengemas.

Jika kamu memiliki waktu luang, mengepak barang-barang dengan menguras waktu banyak mungkin tidak masalah. Tapi jika ketika kamu memiliki batas waktu yang sedikit, tentu saja packing singkat sangat dibutuhkan. Ada baiknya saat kamu memiliki banyak waktu ataupun sedikit, caramu mengepak baju harus tetap dilakukan dengan cepat. Itu akan membuatmu terbiasa jika suatu saat kamu mungkin hanya punya waktu 20 menit untuk packing.

Lalu bagaimana cara packing dengan efisien dan praktis?

Kuncinya adalah pada 3 langkah berikut :

1. Sebelum packing, fokus kumpulkan hanya barang-barang yang memang kamu butuhkan di perjalanan

2. Tempatkan barang dalam pouch masing-masing sesuai jenisnya, contoh perlengkapan mandi, make-up, barang elektronik, pouch baju, dan pouch P3K.

3. Tempatkan pouch-pouch yang sudah tersusun ke dalam koper.

Foto dari aliexpress

Yang perlu kamu lakukan adalah memisahkan setiap barang ke dalam tempatnya masing-masing. Pengkotak-kotakan barang ini bertujuan memudahkanmu saat mencari barang ketika di perjalanan, menata lagi setelah dibongkar dan siap untuk dibawa lagi. Sehingga kamu tak perlu mengobrak-abrik seluruh isi kopermu untuk mengambil suatu benda.

Perlu dicatat. Langkah ini berlaku ketika kamu sudah membuat daftar barang-barang yang akan dibutuhkan dan kamu hanya tinggal mengemasnya dalam pouch yang sudah disediakan.

1. Pouch barang elektronik

Gunakan pouch yang lebih tebal sebagai pelindung barang-barang berhargamu. Tidak mau bukan barang elektronik mahalmu terkena gores sewaktu-waktu karena benturan?

Isi: charger, hard disk, kamera, kamera bawah air, kartu memori, kabel listrik, dan lain-lain.

2. Pouch perlengkapan mandi

Untuk pouch alat-alat mandi sebaiknya gunakan pouch yang terbuat dari plastik. Karena peralatan mandi yang sering kali masih basah ketika digunakan akan membuat pouch basah yang akan merembes ke bagian lainnya di dalam koper. Pouch dari plastik adalah pilihan yang tepat.

Isi : sabun mandi, shampoo, sikat gigi, pasta gigi, conditioner, sabun muka, lulur, lotion, pisau cukur, pelembab wajah, pembersih telinga, sisir rambut.

3. Pouch make up

Tak perlu menggunakan pouch besar. Pouch standar untuk make-up adalah kecil.

Isi: eye shadow, pensil alis, eye liner, mascara, foundation, kuas blush on, lip gloss, jepit rambut, ikat rambut, gunting kuku, lipstik, cat kuku.

4. Pouch P3K

Kamu tak akan pernah tahu apa yang akan terjadi nanti ketika di perjalanan. Alangkah baiknya berjaga-jaga lebih dahulu sebelum terjadi apa yang tidak diharapkan.

Isi: kacamata, tisu, obat tetes mata, psermen pelega nafas, obat anti mabuk, obat masuk angin, obat pusing dan demam, pembalut wanita, minyak angin, obat luka, perban, plester.

5. Pouch baju

Kamu tak perlu membawa memindahkan baju satu lemari dalam kopermu. Bawalah baju sesuai kebutuhan jenis travelingmu.

Isi: Gaun, atasan dan bawahan, underwear, kaos kaki, baju renang.

6. Koper

Koper dengan kapasitas 46L cocok untuk kamu bawa traveling. Setiap sudut koper perlu kamu manfaatkan dengan baik. Seperti pada saku besar jala bisa digunakan untuk menyimpan sweater atau jaket, handuk, pakaian tidur, head lamp, sarung tangan.

Kamu bisa letakkan notebook pada bagian karet yang terhubung dengan koper. Ini akan mengamankan notebookmu dari goncangan yang mungkin terjadi.

***
Ah, sekadar tips, untuk makeup atau perlengkapan mandi lainnya, kamu tak perlu membawa dalam jumlah banyak. Buat duplikatnya pada kemasan yang lebih kecil dan praktis. Dan tentunya sebanyak apa yang kamu butuhkan, perlu disesuaikan dengan lama travelingmu. Hal ini akan meminimalisir beban yang akan kamu bawa.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Begini Memaksimalkan Cara Packing yang Harus Kamu Ketahui

11 Barang yang Tak Perlu Dibawa Saat Traveling

Manfaatkan 7 Barang Bekas Ini Untuk Peralatan Travelingmu

Tips Packing Paling Efisien Sebelum Anda Liburan

Tips Packing Ransel Paling Efektif

5 Benda yang Tak Akan Saya Bawa di Perjalanan Berikutnya

FALLBACK
The END