facebook pixel

Tips Menyaksikan Bunga Sakura di Jepang 2016

Prediksi waktu mekarnya bunga sakura di jepang dan juga rekomendasi tempat terbaik untuk menyaksikannya.


Jepang, negara maju yang tak pernah meninggalkan tradisi. Itu kesan yang saya dapat tentang negara tersebut. Selalu ada elemen-elemen tradisional di kehidupan mereka.

Yang sedang saya bicarakan di sini adalah tentang bunga sakura, bunga yang sangat identik dengan Jepang. Sakura seperti terintegrasi dengan semua elemen kehidupan masyarakat Jepang; dalam sastra, film modern, bahkan makanan!

Ada sebuah tradisi menyaksikan mekarnya bunga sakura di sana yang bernama hanami. Pada saat-saat ini, masyarakat Jepang tetap memilih berkumpul dan bersantai bersama keluarga di bawah pohon sakura sambil menikmati keindahan bunga sakura. Kemajuan teknologi tidak lantas menggeser tradisi sederhana ini. Mereka lebih memilih untuk berkumpul bersama bersama keluarga dan sahabat dibandingkan kongkow-kongkow di tempat karaoke. Jika mengamati hal tersebut, nampaknya bukan bunga sakura yang menjadi poin penekanan perayaan ini, melainkan datangnya musim semi yang hangat dan bersahabat untuk melaksanakan segala aktivitas.

Tidak ada yang lebih spektakuler daripada melihat indah bunga sakura mekar penuh. Tak terhitung wisatawan berduyun-duyun ke Jepang setiap musim semi untuk ambil bagian dalam perayaan ini. Ya, hanami tak lagi milik warga Jepang.

Hal yang penting untuk dicatat bahwa periode mekarnya bunga sakura ini bervariasi di seluruh Jepang.  Mekarnya bunga dimulai dari daerah selatan yang berudara lebih hangat, yaitu di pulau Okinawa. Selanjutnya, mekarnya bunga sakura akan merambat ke bagian utara yang berakhir di Hokkaido.

Jika Anda berencana ambil bagian dalam perayaan ini bersiaplah dari sekarang. Panduan di bawah adalah prediksi yang berdasar pada tahun lalu. Mungkin tak 100% tepat, namun jika ada pergeseran, saya rasa tak akan terlalu jauh meleset.

Ini dia prediksi terbitnya bunga sakura di jepang dan juga rekomendasi tempat terbaik di lima kota besar yang populer untuk hanami; Fukuoka, Hiroshima, Kyoto, Tokyo dan Osaka.

 

1. Fukuoka

BUNGA SAKURA DI JEPANG

Foto dari MyFukuoka

Periode mekar: 20 Maret 2016 – 3 April 2016

Lokasi geografis  Fukuoka ini menarik, ia sebenarnya lebih dekat ke Seoul daripada ke Tokyo. Katsumaya Park, di mana terdapat Fukouka Castle adalah tempat yang bagus untuk menyaksikan bunga sakura mekar sepenuhnya. Atau, berjalan-jalan di sekitar Nishi Park juga bukan ide buruk.

Fukuoka juga terkenal dengan ramen tonkotsunya, Anda akan menyesal jika melewatkannya.

 

2. Hiroshima

Periode mekar: 25 Maret 2016 – 5 April 2016

Sakura-sakura merah muda menawan di Hiroshima Castle dan taman bersejarah Shukkei-en mungkin akan membuat Anda sulit untuk percaya bahwa dulu Hiroshima pernah luluh lantak dihancurkanbom atom Amerika pada tahun 1945 saat Perang Dunia II. Mereka membuat Hiroshima Peace Memorial Park untuk mengenang peristiwa tersebut. Tempat yang saya sebut terakhir mungkin tak terlalu populer sebagai tempat hanami, namun di situ Anda akan mendapat 2 hal, keindahan arsitektur monumen, dan juga keindahan mekarnya sakura di tepi sungai dekat Hiroshima Peace Memorial Park.

 

3. Kyoto

bunga skaura di jepang

Foto dari regex

Periode: 27 Maret 2016 – 15 April 2016

Kyoto, bekas ibukota Jepang, merupakan kota budaya yang masih kental adat dan budayanya.

Pertama Anda harus mengunjungi Kuil Kiyomizudera dan Maruyama Park untuk menyaksikan sakura-sakura merah muda yang cantik, semmbari membenamkan diri dalam kemegahan budaya Kyoto.

Jika Anda mengunjungi Kyoto pada minggu kedua April, mungkin lebih baik jika Anda berkunjung ke Heian Shrine dan Nijojo Puri untuk mengagumi bunga sakura Yaebeni.

 

4. Tokyo

Periode: 26 Maret 2016 – 7 April 2016

Tokyo, kota favorit para penggila belanja dunia! Namun saat musim semi, Anda akan mendapat lebih, modernitas, kuliner-kuliner yang menggoda dan juga nuansa merah muda bermekarannya bunga sakura.

Jika Anda berencana datang ke Tokyo pada bulan Maret, berkunjunglah ke Taman Nasional Shinjuku Gyoen, Shinto Shrine Yushima Tenjin dan Ueno Park dengan kamera Anda! Anda akan takjub dengan hasil-hasil jepretan Anda sendiri.

Bagi mereka yang berkunjun pada bulan April, Anda bisa memulai perjalanan selama satu jam dari kota ke dasar Gunung Takao untuk menikmati bunga sakura di tengah alam yang tenang.

 

5. Osaka

bunga sakura jepang

Foto dari Vivahighlight

Periode: 26 Maret 2016 – 7 April 2016

Dengan sekitar 5000 pohon bunga sakura, Taman Kema Sakuranomiya adalah benar-benar tempat paling direkomendasikan  untuk hanami. Dengan jumlah mengesankan, satu harus diingat bahwa ada beberapa spesies yang berbeda dan setiap berkembangbiak mekar pada waktu yang berbeda pula.

Osaka Castle dan Expo 70 Commemorative Park sama mempesonanya, tak ada masalah dengan hanya memilih salah satu dari keduanya.

 

banner experience