Ragam Jenis Celana Outdoor dan Fungsinya yang Perlu Kamu Tahu

Sedang memilih celana outdoor untuk liburanmu akhir pekan nanti? Artikel ini akan sangat membantumu

Ditulis Oleh Johan Vembrianto

Pada dasarnya, memilih celana outdoor itu tak sulit. Kamu hanya harus pandai menyesuaikan celana sesuai dengan jenis medan yang akan kamu tempuh saat traveling:

1. Saat mendaki gunung-gunung di Indonesia, memilih celana panjang pun sudah cukup

celana outdoor

Foto berasal dari sini

Kalau kamu memilih celana, pilih bahan celana yang tipis, mudah kering, dan breathable. Bahan celana yang tipis mempermudah langkahmu. Celana panjang dapat melindungi kakimu dari daun-daun berduri, semak belukar yang runcing, gigitan lintah, dan udara dingin saat melakukan aktivitas di luar ruangan.

2. Celana pendek mungkin lebih fashionable, tapi perhatikan juga dampak negatifnya

celana outdoor pendek

Sumber foto dari sini

Pada dasarnya, konsep pemilihan bahan celana pendek dan panjang sama saja. Hanya saja, ketika mengenakan celana pendek, kamu bisa lebih leluasa melangkah. Sisi positif lainnya, celana pendek membuat penampilanmu semakin menarik.

Namun, jika Kamu memutuskan untuk mengenakan celana pendek untuk mendaki, Kamu harus siap menerima resikonya seperti kaki tergores, digigit lintah, atau terkena duri semak belukar. Celana ini paling cocok kalau dikenakan untuk jalan-jalan pantai, atau hiking dengan jalur yang tidak begitu ekstrem.

3. Jika ingin yang praktis dan simpel, celana kargo potongan (bisa panjang dan pendek) bisa menjadi pilihan

celana outdoor

foto berasal dari sini

Nah, bagaimanakah solusi bisa tampil kece namun tetap aman? Kamu bisa memakai celana kargo panjang potongan. Celana ini bisa kamu gunakan sebagai celana panjang, sebaliknya saat ingin lebih santai dan leluasa bergerak, kamu bisa mengenakannya sebagai celana pendek.

 4. Tight pants atau celana ketat berfungsi sebagai underwear 

celana outdoor

Foto berasal dari sini

Celana tipe tight pants ini digunakan sebagai base layer. Biasanya celana ini digunakan untuk bersepeda atau lari. Kalau kamu suka naik gunung, kenakan celana base layer untuk mengatur kelembaban. Jangan lupa kenakan celana outer-nya juga.

5. Celana “boxer” panjang dan pendek untuk melindungi area sensitif 

celana outdoor

foto berasal dari sini

Jika kamu hanya mengenal celana boxer pendek, ternyata ada juga celana panjang yang berfungsi sebagai underwear. Fungsinya untuk melindungi area sensitif kamu dari gesekan-gesekan yang tidak diinginkan.

6. Insulation Pants, digunakan untuk menghangatkan diri

celana outdoor

Foto berasal dari sini

Sesuai dengan sistemnya, celana outdoor gunung memiliki tiga lapisan. Lapisan pertama yaitu base layer, lapisan kedua adalah insulation pants. Celana ini dikenakan setelah base layer yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Jadi, kamu bisa kenakan insulation pants saat mendaki di gunung yang mempunyai tingkat kedinginan di atas rata-rata.

7. Untuk pelindung, gunakan Outer Shell Pants sebagai pelindung utama

celana outdoor

Foto berasal dari sini

Celana yang satu ini berfungsi sebagai lapisan ketiga. Biasanya, outer shell pants terbuat dari bahan yang tahan air dan breathable. Ketika berada dalam pendakian bersuhu ekstrem, Kamu harus mengenakan ketiga lapisan celana ini mulai dari base layer, insulation pants, hingga outer shell pants.

8. Mountaineering expedition pants hanya dibutuhkan saat mendaki gunung ekstrem

celana outdoor

foto berasal dari sini

Jangan kenakan celana ini untuk naik Gunung Merapi misalnya. Celana ini hanya cocok dikenakan saat mendaki gunung-gunung bercuaca ekstrem seperti Cartenz, Aconcagua maupun Everest. Celana ini juga bisa berfungsi sebagai sleeping bag.

Dapatkan ulasan menarik lainnya tentang CELANA, tulisan lain Johan Vembrianto

Gabung dengan Phinemo Community, kumpulkan poin dengan membagikan pengalaman jalan-jalan kamu dan tukarkan dengan reward dari Phinemo Partner. Gabung Sekarang ->
Next Post