Video Oleh COOPH

Trik & Tips Fotografi Perjalanan yang Tak Pernah Anda Tahu Sebelumnya

Ghozali Qodratullah • May 27, 2016

1. Buatlah kamera anda terlihat ‘seolah’ tidak berharga

Tips Fotografi perjalanan

Tujuannya adalah untuk membuat pencuri tidak tertarik untuk mengambil kamera anda. Anda bisa menggunakan berbagai macam cara, mulai dari mencoretkan spidol, menggunakan plester, lakban, atau bisa benda lain yang membuat kamera anda terlihat tidak berharga.

 

2. Foto kartu identitas anda

Tips Fotografi perjalanan

Tujuannya adalah agar orang yang menemukan kamera kita akan dengan mudah untuk menghubungi atau mengembalikannya kepada anda. Fotolah KTP atau SIM serta secarik kertas yang berisi nomor telepon, alamat surel atau alamat sosial media anda.

Tips Fotografi perjalanan

Bagi anda yang hanya membawa kamera ponsel, cara ini bisa juga anda gunakan pada smartphone anda. Bagaimanapun juga bersiap untuk kemungkinan terburuk adalah hal yang baik.

 

3. Packing se-ringan mungkin

Tips Fotografi perjalanan

Barang bawaan yang ringan dan simpel akan membuat anda lebih nyaman dalam beraktivitas selama traveling. Pastikan anda hanya membawa lensa yang cocok untuk traveling anda. Barang bawaan yang ideal juga memudahkan anda dalam fokus terhadap barang-barang yang anda bawa, serta anda masih bisa menyisakan ruang dalam ransel anda untuk memasukkan oleh-oleh untuk orang kesayangan.

 

4. Gunakan strap kecil

Tips Fotografi perjalanan

Gunakan strap yang kecil, ringan dan kuat. Supaya kita tidak terasa sulit untuk bergerak ketika memakainya. Strap juga sangat berguna untuk menghindari kamera terjatuh, terutama terjatuh ke dalam air. Anda juga harus sudah mengetahui cara mengatasi kamera yang masuk ke dalam air ketika traveling untuk berjaga-jaga. Strap juga bisa membantu anda dalam berkreasi ketika menggunakan tripod.

 

5. ‘Buang’ para turis dari foto anda

Tips Fotografi perjalanan

Anda biasa berkunjung pada lokasi wisata di hari libur? Pasti akan ada banyak turis yang masuk ke dalam foto anda. Anda bisa mensiasatinya dengan cara berikut ini :

—gunakan tripod

—ambil foto 10-20 tergantung kondisi

—masukan foto tersebut ke dalam Adobe Photoshop

— lalu ikuti langkah File -> scripts -> statistics

Lalu pilih “median”, pilih fotonya melalui “browse”, lalu “OK”

 

6. Temukan sudut pandang yang unik

Tips Fotografi perjalanan

Sudut pandang yang unik akan menghasilkan foto yang unik juga, bisa dari bawah atau dari atas. Dalam video tersebut, sepertinya action cam lebih mudah digunakan dalam pengambilan sudut-sudut ekstrim

 

7. Gunakan kamera polaroid

Tips Fotografi perjalanan

Kamera polaroid merupakan kamera yang ‘ramah’, terutama ketika kita sedang traveling.

Ambillah foto orang yang menurut anda pantas, lalu serahkan hasil foto dari kamera polaroid anda untuk kenang-kenangan untuk orang tersebut. Pasti akan menjadi cerita seru yang bisa berlanjut di kemudian hari.

 

8. Backup foto

Tips Fotografi perjalanan

Siapkan 2 hardisk eksternal yang tahan banting, lakukan metode 3-2-1

-3 salinan foto anda, yaitu 2 hardisk eksternal dan 1 hardisk internal (laptop).

-2 tempat penyimpanan yang berbeda, yaitu satu di dalam ransel satu di dalam tas kecil

-1 hardisk eksternal anda kirim ke rumah agar lebih aman.

 

9. Bangun lebih pagi

Tips Fotografi perjalanan

Cahaya pagi itu sangat mendukung untuk menciptakan foto yang baik. Cahaya yang lembut dan warna yang hangat, serta arah datang yang sejajar dengan mata akan membuat bayangan yang membuat foto anda akan terlihat lebih berdimensi.

Udara pagi juga bagus untuk tubuh anda, terlebih disertai aktivitas fisik.

 

10. Tunggu waktu yang tepat

Tips Fotografi perjalanan

Jika anda menemui sebuah lorong yang menarik untuk dijadikan bingkai alami seperti pada tips Fotografi perjalanan, maka anda bisa menanti waktu yang tepat untuk mengisi bingkai tersebut dengan objek yang menarik.

 

11. Nikmati traveling anda!

Tips Fotografi perjalanan

Dari tips yang sudah dijabarkan di atas, anda tentu saja jangan lupa untuk menikmati traveling anda. Bagaimanapun tujuan traveling adalah untuk menikmati apa yang tidak ada di dalam rumah.

Baca juga:

 





YANG MENARIK LAINNYA


TINGGALKAN KOMENTAR