Sidebar

Ini Alasan Mengapa Kepulauan Galapagos Disebut-sebut Sebagai Kembaran Pulau Komodo

Ini Alasan Mengapa Kepulauan Galapagos Disebut-sebut Sebagai Kembaran Pulau Komodo

mirip banget!

SHARE :

Ditulis Oleh: Wike Sulistiarmi

Siapa sih yang nggak kenal Taman Nasional Pulau Komodo? Para bule saja kenal pulau unik ini. Bahkan, para bule mengabadikan bermacam keunikan kepulauan ini dalam beragam bentuk loh, mulai dari video, foto, hingga lagu.

Baru-baru ini, tim Phinemo menemukan ragam keindahan dan keunikan gugusan kepulauan Taman Nasional Komodo memiliki kemiripan dengan sebuah kepulauan di barat pesisir Amerika Selatan bernama Kepulauan Galapagos.

Sekilas info, Kepulauan Galapagos terletak di Pasifik Ekuator, sekitar 950 kilometer sebelah barat Ekuador. Ratusan jenis binatang hidup di situ, di antaranya kura-kura raksasa, burung pecuk yang tidak bisa terbang, dan iguana laut penyelam.

Pulau ini merupakan pulau yang terisolir dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa datang.

Nah, sebenarnya apa saja sih kemiripan Galapagos dengan Kepulauan Komodo? Yuk, intip!

Pemandangan di Pulau Padar mirip banget sama Kepulauan Galapagos

Cantiknya Pulau Padar. Sumber foto

Pulau Padar merupakan pulau yang berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo. Di sini ada sebuah spot foto yang unik dan menarik untuk para turis.

Tahukah Kamu, spot foto serupa Pulau Padar ini ternyata juga ada di Kepulauan Galapagos. Meskipun konturnya sedikit berbeda, namun jika dilihat sekilas, Kamu bakalan sulit membedakan mana spot di Pulau Padar dan mana spot di Kepulauan Galapagos.

Wajah Kepulauan Galapagos mirip banget sama Pulau Padar. Sumber foto

Mirip banget kan? 

Ragam hewan yang mirip

Dua endemik mirip. Sumber foto

Di Taman Nasional Komodo, Kamu bisa melihat komodo, si kadal purba raksasa hidup bebas di sana. Sedangkan di Kepulauan Galapagos, ada jenis Iguana Tanah Galapagos. Iguana Tanah Galapagos tumbuh panjang 3-5 meter dengan berat badan hingga 25 Pon, tergantung pada pulau yang mereka berasal.

Karena berdarah dingin, mereka menyerap panas dari matahari dengan berjemur di batu vulkanik, dan tidur pada malam hari di liang untuk menjaga panas tubuh mereka.

Sama-sama Pulau Vulkanis

Kawasan Taman Nasional Komodo merupakan tempat bertemunya lempeng Sahul dan lempeng Sunda. Hal ini menyebabkan kawasan ini meliputi beberapa gunung berapi. Gempa vulkanik dari Gunung Gili Banta kerap dirasakan, meskipun gunung tersebut terakhir kali meletus pada 1957. 

Pegunungan di Galapagos. Sumber foto

Sedangkan Kepulauan Galapagos adalah sebuah kawasan pulau yang memiliki daerah gunung berapi yang paling aktif di dunia.

 

Untuk bisa menikmati Kepulauan Galapagos dan Taman Nasional Komodo, para wisatawan biasanya harus trekking dulu  

Sama-sama jalan kaki! Sumber foto

Karena nggak semua tempat di Kepulauan Galapagos dan Taman Nasional Komodo punya jalur mobil untuk dijelajahi. Jadi, turis harus jalan kaki untuk bisa menjelajahi keindahan di sana.

Naik kapal untuk bisa sampai di berbagai pulaunya

Taman Nasional Komodo. Sumber foto

Taman Nasional Komodo terdiri dari tiga pulau, yaitu  Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar. Untuk ke semua pulau itu para turis harus ikut kapal. Begitu pula saat menjelajahi Kepulauan Galapagos yang terdiri dari 13 pulau.

Kepulauan Galapagos. Sumber foto

Jadi, kalau pengen menjelajah ke semua pulau Kamu harus merogoh kocek mahal.

Kepulauan Galapagos dan Taman Nasional Komodo adalah dua tempat Situs Warisan Dunia

Nih gaes! Sama! Sumber foto

Pada tahun 1991 Taman Nasional Komodo diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Sedangkan, Galapagos ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1978.

Hal ini dilakukan karena keragaman hayati dan keunikan dua tempat ini.

***

Wah, ternyata Galapagos mirip banget sama Taman Nasional Komodo kan? Menurutmu gimana? Yuk isi polling di bawah ini!

Menurutmu, Kepulauan Galápagos mirip sama Taman Nasional Komodo Nggak?

  • Mirip Banget! (0%, 0 Votes)
  • Enggak (0%, 0 Votes)
  • Lumayan Mirip! (0%, 0 Votes)

Total Voters: 0

 Loading …

SHARE :


Rekomendasi

FALLBACK
The END