Sidebar

Suhu Dieng Capai Minus 6 Derajat, Ini Imbauan bagi Wisatawan

Fenomena suhu Dieng yang mencapai minus 6 derajat ini merupakan titik paling rendah daripada hari-hari sebelumnya, yakni hanya berkisar minus 2 derajat. 

SHARE :

Ditulis Oleh: Himas Nur

Suhu Dieng mencapai minus 6 derajat Celcius dirasakan oleh warga yang tinggal di dataran tinggi tersebut beberapa hari terakhir.

“Tiga hari ini suhu terendah memang kami rasakan,” ungkap Aprilianto, Humas Dieng Culture Festival pada Selasa(31/7/2018) dilansir Tempo.

suhu rendah di dataran tinggi Dieng (Foto/Iniberita.news)

Fenomena suhu ini, menurut Aprilianto, merupakan titik paling rendah daripada hari-hari sebelumnya yang hanya berkisar minus 2 derajat.

Namun suhu minus hingga 6 derajat ini tak melanda seluruh kawasan di dataran tinggi Dieng, yakni hanya beberapa wilayah saja yang mengalami suhu ekstrem tersebut.

Baca Juga: Dieng Tertutup Salju Kembali, Ini Dia Kumpulan Fotonya yang Mirip Musim Dingin di Eropa

Aprilianto menjelaskan bahwa suhu ekstrem ini hanya dirasakan di Dieng bagian barat, yakni Dieng Kulon dan Dieng Timur.

Diketahui bahwa kedua daerah tersebut merupakan wilayah cekungan atau basin. Selain itu, lokasi terkena dampak suhu rendah tersebut terdapat tiga objek atau tempat wisata di dalamnya. Ketiganya adalah Candi Arjuna dan Kawah Sikidang di sisi Dieng Kulon serta Telaga Warna di Dieng Wetan.

Telaga warna Dieng (Foto/Rental Mobil Jogja)

Suhu ini biasanya dirasakan mulai pukul 14.00 WIB dan mencapai titik terdingin saat dinihari. Pada situasi seperti ini, Anda bahkan dapat menyaksikan bagaimana genangan air berubah membeku menjadi es.

“Atap-atap mobil, genting, dan genangan rumah membeku. Embun menjadi bunga es dengan ketebalan 3 sentimeter rata-rata,” ungkap Aprilianto.

Baca Juga: Ada yang Sengsara di Balik Indahnya Fenomena Embun Es Dieng, Siapa?

Menengok suhu ekstrem yang sedang terjadi pada akhir-akhir ini, diimbau bagi Anda yang hendak berwisata di seputar kawasan tersebut maupun yang hendak menikmati gelaran Dieng Culture Festival minggu ini, sebaiknya berjaga-jaga.

“Jangan lupa bawa jaket tebal, sarung tangan dan penutup kepala untuk penghangat tubuh,” imbau Slamet Budiono, Kepala Desa Dieng Kulon.

SHARE :

Pilihan paket wisata di Phinemo Marketplace


POPULER MINGGU INI



REKOMENDASI

Penginapan di Dieng, Alternatif Akomodasi Selama Dieng Culture Festival

Dieng Culture Festival 2019 Diprediksi Berselimut Salju

Dieng Culture Festival 2019, Satu Dekade Perayaan Budaya Terbesar

Homestay Dieng Murah yang Bisa Anda Pesan untuk Habiskan Liburan

Ingatan akan Dingin Dieng dan Alunan Musisi DCF yang Selalu Terkenang

Syarat Jadikan Rumah Penduduk sebagai Homestay di Dieng Ternyata Ribet

FALLBACK
The END