Watu Payung Gunung Kidul, Spot Wisata Terbaru Jogja dengan Panorama Bukit Sewu

Tak hanya punya pantai, Gunung Kidul juga punya deretan wisata perbukitan dengan panorama alam yang menggiurkan. Yang paling baru adalah Watu Payung Gunungkidul dengan panorama Bukit Sewu dan Sungai Oya. Sunset dan sunrisenya romantis!

SHARE :

Ditulis Oleh: Rizqi Y

Watu Payung Gunung kidul yang begitu romantis dengan kabutnya. Foto dari @mamatkodrat

Gunung Kidul Jogjakarta memang tersohor dengan wisata alamnya. Mulai dari pesona alam perbukitan hingga pantai, semua ada di Gunung Kidul. Ingin mencari spot foto yang unik dengan latar panorama alam yang indah juga bukan persoalan sulit jika sedang berada di kawasan paling selatan Jogja ini. Terbaru yang paling hits dan dicari wisatawan adalah Watu Payung Gunung kidul.

Baca juga: Bakso Gunung Merapi, Bakso Kekinian di Yogyakarta Berbentuk Unik dan Instagenik

Sunset di Watu Payung Gunung kidul. Foto dari @anggitnopiyan

Destinasi wisata Watu Payung Panggang Gunung Kidul ini hampir mirip dengan Kebun Buah Mangunan dan Bukit Panguk. Di mana di kawasan ini wisatawan akan disajikan panorama alam berupa perbukitan hijau yang terhampar luas. Perbukitan Sewu dengan Sungai Oya yang melintang membatasi antara Kabupaten Gunung Kidul dan Bantul adalah pemandangan yang bisa dinikmati dari ketinggian Watu Payung Panggang. Saat paling indah untuk menikmati keindahan di Watu Payung Gunung Kidul adalah saat sunset atau sunrise.

Kabut tebak menyambangi Watu Payung Gunung kidul. Foto dari @gunawanwicaksana28

Sebetulnya di Gunung kidul sendiri ada beberapa tempat wisata yang memiliki nama Watu Payung. Namun destinasi yang dimaksud di sini adalah Watu Payung Panggang, bukan Watu Payung Semin.

Baca juga: Merapi Park Jogja, Wisata Landmark Dunia yang Fotogenik di Kaki Gunung Merapi

Beberapa fasilitas yang tersedia di Watu Payung Gunung kidul di antaranya warung makan, gardu pandang, toilet, pusat informasi, tempat parkir dan mushola. Cukup lengkap bukan?

Spot foto baru di Watu Payung Gunung kidul. Foto dari @ericvirgiawan

Nama Watu Payung sendiri merupakan penamaan yang lebih familiar di kalangan masyarakat dan pengunjung. Nama sebenarnya tempat ini adalah Geoforest Turunan. Hal ini karena Watu Payung merupakan kawasan geoforest yang berada di Padukuhan Turunan, Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul.

Lokasi dan cara menuju ke Watu Payung Panggang Gunung kidul. Foto dari @_meizda

Untuk menuju Watu Payung Panggang wisatawan bisa melalui rute Playen, yaitu dari pusat Kota Jogja – Playen – arah Air Terjun Sri Gethuk – pertigaan air terjun Sri Gethuk lurus menuju Desa Banyusoca. Dari Balai Desa Banyusoca ambil kiri menuju Padukuhan Gaded – Turunan.

Rute alternatif lainnya dari Siluk, wisatawan cukup menuju kearah Kecamatan Panggang (melalui Jalan Imogiri), setelah melewati SPN (Sekolah Polisi),. Di sini pengunjung akan menemui pertigaan dengan nama “Bibal”, dari situ ambil kiri menuju arah Turunan. Sekitar 2 km dari pertigaan ini, tepatnya setelah Padukuhan Turunan, kamu akan melihat gerbang wisata Watu Payung di kiri jalan.